Interviews

Strategi Bisnis dan Pengamatan Pasar yang Tepat Membuat Bisnis Online Efi Widiana Sukses Hingga Ke Seluruh Wilayah Indonesia

 

   

Efi Widiana(31) pemilik bisnis online yang menyediakan kebutuhan rumah tangga, seperti sprei, bedcover dan selimut. Effino.com merupakan nama yang dipilih Ibu rumah tangga ini sebagai toko online yang digunakan untuk berbisnis dan mencapai suksesnya. Wanita lulusan Bachelor of International Business Management di Taiwan, ROC ini mampu memanfaatkan waktu luangnya untuk berbisnis online. Dukungan yang didapatkannya dari keluarga, teman dan orang – orang disekitarnya semakin membuat ia terus berinovasi dan berusaha untuk membesarkan Effino.com. Dan bagaimana kisah inspiratifnya mendirikan bisnis Effino ini? Berikut ini uraiannya.

Apa sih sebenarnya Effino.com ini Bu?
Bisnis kami adalah online store yang mendistribusikan produk sprei, bedcover, selimut ke seluruh Indonesia dengan menjual produk brand “Kendra” yang sedang naik daun. Produk yang sampai saat ini paling banyak dicari adalah Varian sprei dan bed cover Kendra Signature merupakan best seller kami, terbukti dengan besarnya antusias pembeli kami setiap ada motif baru.

Latar belakang saya mendirikan bisnis ini sendiri yaitu berawal dari relasi suami yang merupakan pemilik dari Brand Kendra, kami dipercaya untuk menjadi distributor untuk wilayah Sumatra Selatan. Dalam perjalanannya, kami menerima respon dari konsumen dari wilayah luar pulau Jawa tentang sulitnya memperoleh produk Kendra, sehingga timbul inisiatif untuk mempertemukan demand dan supply ini secara lebih mudah yaitu dengan online store. Kami berharap produk Kendra dapat diperoleh dengan lebih mudah dan dengan harga yang sangat kompetitif.

Lalu apa sebenarnya latar belakang Ibu masuk ke dunia enterpreneur ini?

Berawal dari waktu luang yang saya miliki dan dengan dorongan dari suami untuk memaksimalkan waktu luang tersebut. Saya memilih untuk memulai usaha dengan skala kecil namun lebih mandiri.

Dan tentu saja ada yang saya korbankan daripilihan saya masuk ke dunia enterpreneur ini, yaitu waktu. Ada salah satu pepatah China ????? (Wan Shi Qi Tou Nan), awal dari segala sesuatu adalah kesulitan. Kesulitan memaksa kita untuk berkembang, belajar sesuatu yang baru ataupun mengoptimalkan segala yang kita punya dengan lebih arif dan tekun serta sabar. Tidak ada segala sesuatu yang kita inginkan bisa di peroleh secara instant tapi harus melalui proses yang panjang.

Bagaimana strategi Anda dalam memasarkan produk yang Anda jual ini?

Kami mengawali dengan strategi marketing yang paling sederhana, dari MKM (Mulut Ke Mulut), saudara, teman hingga menggunakan sosial media seperti Google +, Facebook, Instagram dan via BBM. Dan sekarang kami telah dan lebih banyak melayani dan mengirim produk untuk pasar diluar pulau Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan dan Bali.

Dan bagaimana Ibu menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang Ibu tawarkan?

Kami memiliki telah melakukan analisa terhadap produk dengan level harga sekelas dari berbagai merk yang ada di market Indonesia dan hingga saat ini kami masih mempunyai kesimpulan bahwa produk Kendra mempunyai kualitas yang paling stabil, di samping corak/motif yang dimiliki merupakan suatu terobosan baru dalam dunia bedding Indonesia.

Di sisi harga, kami melakukan setting harga yang bersaing, setara dengan kualitas produk, sesuai dengan target market sehingga tetap terjangkau dan menjaga persaingan antar distributor yang ada baik online maupun offline tetap sehat dan profitable. Menurut pandangan saya, perang harga merupakan last resort yang harus ditempuh.

Lalu apa sih sentuhan yang membedakan bisnis Ibu dengan bisnis yang konsepnya sama dengan milik Ibu ini?

A. Kami berusaha memberikan konsep self service dengan tampilan produk yang jelas, menarik, elegan, atraktif dan memberikan pilihan harga terjangkau untuk semua kalangan.

B. Pelayanan CR pun kami lakukan secara personal karena kami ingin membangun fondasi yang kuat dalam bentuk kredibilitas dan kejujuran dari produk yang ditawarkan. Dengan ini tentu saja akan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dengan produk-produk yang ditawarkan.

C. Focus: kami mempunyai komitmen penuh untuk memasarkan produk Kendra dan hanya produk Kendra, secara lengkap dan jelas. Sehingga pada akhirnya semua konsumen kami akan tahu bahwa kami adalah tempat yang paling tepat untuk membeli produk bedding berkualitas dan terjangkau.

Apanih Bu prestasi terbaik yang pernah Ibu dapatkan saat menjalani bisnis ini?

Bisnis secara online baru dimulai dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, setiap target penjualan yang kami setting setiap bulan dapat tercapai. Ini dibuktikan dengan pertambahan jumlah pelanggan dari seluruh Indonesia dalam sejak mulai terbentuknya Effino.com.

Lalu pengalaman apa yang menurut Ibu paling berkesan selama menjalani bisnis ini?

Pada saat pelanggan sudah mendapat produk yang kita kirim, mereka akan menceritakan kepuasaan akan produk itu dan mereka sangat puas akan pelayanan yang kami berikan. Dengan menjalankan bisnis online ini tidak hanya untuk menjual produk saja tapi saya juga mendapatkan banyak teman dari seluruh penjuru Indonesia.

Bagaimana Ibu menilai ruang lingkup market pasar untuk bisnis Ibu saat ini?

Market yang ada saat ini masih sangat besar, potensi yang sangat besar untuk digarap lebih lanjut. Bayangkan penduduk Indonesia yang 200 juta, 60% ada di pulau Jawa, bayangkan berapa jumlah ranjang yang perlu sprei dan aksesoris lainnya? Bagilah menurut segment, berapa jumlah orang yang membeli produk dalam level harga 50 ribuan, berapa yang mampu membeli di level 100 ribuan, berapa kalangan atas yang mampu membeli produk level kelas atas? Berapa jumlah rata2 bedding product yang mereka miliki? Kalkulasikan dan anda akan temukan jumlah yang fantastis. Bayangkan di mana biasanya mereka berbelanja? Apakah mereka membeli dengan memesan? Seperti 10 atau 20 tahun yang lalu? Ataukah mereka membeli produk jadi?

Saat ini masyarakat urban ingin segala sesuatu yang serba simple, praktis dan RTU ( Ready to Use), bahkan untuk keluar rumah akan juga semakin ogah. Apabila kita dapat menyediakan produk yang lebih instant dengan harga yang setara bahkan lebih murah, manakah yang akan anda pilih?

Inilah yang menjadi motivasi kami, focus pada satu brand, namun kami memastikan menjadi yang terlengkap, dan dengan harga yang paling bersaing.Kami ingin memastikan pelanggan kami memperoleh segala kemudahan membeli secara instant namun dengan harga semurah mereka membeli secara langsung.

Wah benar sekali Bu tetap fokus dalam mengembangkan brand dalam perkembangan pasar saat ini. Lalu apa tantangan atau kendala apa yang pernah Ibu hadapi dalam menjalani bisnis ini?

Kendala utama adalah masalah waktu, karena saat ini menjalankan online store bukanlah pekerjaan utama saya, saya harus dapat membagi waktu secara lebih fair antara kerja utama saya, kerja sampingan dari bisnis online dan keluarga.

Awalnya memang sangat melelahkan, namun untungnya dengan support dari keluarga, saya dapat menyesuaikan segala sesuatunya dan menemukan titik keseimbangan.

Kendala berikutnya adalah finansial dan teknis, dengan mempunyai online store, sedikit banyak kami harus mempunyai stok tambahan yang tentunya perlu tambahan modal. Secara teknis kami juga menemui banyak kesulitan, sebab konsep yang saya mau acuannya adalah web web yang sudah establish dengan tampilan yang sangat menawan. Untung pada saat terakhir kami menemukan beberapa options yang cukup bagus dan kami memilih jagoan store grup untuk membantu kami set up.

Apanih rencana Ibu kedepannya untuk mengembangkan bisnis Ibu ini?

Kami ingin terus berkembang, dari saat ini yang hanya dikelola perorangan, kami ingin berkembang menjadi badan usaha yang lebih maju, lebih professional dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Nah, jika boleh tahu nih Bu. Siapa yang paling memotivasi Ibu dalam menjalankan bisnis ini?

Saya sangat terkesan dengan Bpk. T.P Rachmad, buku pembelajaran yang beliau tulis memberikan insight tersendiri bagi saya. Apa yang beliau tulis juga terus menjadi motivasi saya untuk terus berbuat yang terbaik, kurang lebih isi perkataannya adalah “Adalah bukan salah kita apabila kita lahir dalam lingkungan yang tidak baik, tapi apabila kita mati dalam keadaan yang tidak lebih baik dari ketika kita dilahirkan, itu adalah tanggung jawab kita sendiri”.

Untuk yang terakhir nih Bu, saran apa yang ingin Ibu sampaikan pada enterpreneur lain di luar sana?

Jangan mudah menyerah terhadap keadaan. Berikan diri Anda tantangan, cobalah dan bangkit lagi setiap kali Anda jatuh, karena hidup ini adalah seperti berenang melawan arus, setiap kali kita merasa puas diri dan berhenti mengayuh maka kita akan terseret kembali ke posisi awal.

Wah memang benar Bu. Berbisnis tanpa tantangan itu tidak bisa disebut berbisnis. Jadi memang harus memaksa diri untuk mencari tantangan dalam menjalankan bisnis. Wah, terimakasih Bu untuk cerita inspiratifnya. Semoga Effino.com selalu dan semakin sukses :)

                              

Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *