Running A Business

Ketahui Strategi Bisnis Ramadan yang Jitu dan Efisien

 

Strategi Bisnis Ramadan – Ramadan selalu menjadi hari yang tak hanya diisi dengan kegiatan silaturahmi dan berbagai tradisi, melainkan juga mendatangkan peluang bagi seluruh pelaku bisnis. Berbagai strategi bisnis Ramadan pun diterapkan mulai dari mengadakan campaign, promo, iklan, dan lain-lain. Momentum ini tidak hanya di manfaatkan brand kecil, namun brand besar juga berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen.

Dalam mempersiapkan strategi digital untuk campaign Ramadan, Anda juga perlu membuat perencanaan untuk fase sebelum dan sesudah Ramadan agar momentum tidak hilang begitu saja. Apalagi, saat pandemi masyarakat mempersiapkan Idul Fitri lebih awal.

Mebiso telah berkolaborasi dengan Sirclo dalam merangkum beberapa strategi yang dapat Anda lakukan berikut ini!

Awali strategi bisnis Ramadan dengan Riset Google Trend

Riset diperlukan untuk mengetahui apa yang sedang banyak dicari oleh target customer sehingga campaign yang akan dijalankan juga tepat. Cari tahu produk, tren, atau aktivitas apa yang banyak dicari dan dilakukan oleh target audiens Anda. 

Misalnya saja, karena orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, hobi-hobi baru pun muncul seperti masak, berkebun, dan lain-lainnya. Anda bisa memanfaatkan tren-tren yang sedang berkembang dan mengaitkannya dengan produk atau nilai yang ingin disampaikan.

Untuk melakukan riset, Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti Google Trend dimana Anda bisa mencari dan membandingkan kata kunci. Selain Google Trend, Anda juga bisa memanfaatkan platform lain seperti tools SEO, media sosial, dan lain-lain. Dari sini, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang bisa digunakan dalam campaign.

Analisa kompetitor di Facebook Ad Library

Analisis kompetitor juga penting untuk dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut strategi mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dari sini, Anda bisa mendapatkan insight yang dapat membantu mempersiapkan strategi dengan lebih tepat. 

Misalnya saja, apabila campaign Ramadan kompetitor tahun lalu mendapatkan banyak engagement, Anda bisa menganalisis apa saja yang mereka lakukan mulai dari segi konsep, konten, strategi promosi dan penjualan, dan lain-lainnya.

Untuk membantu Anda melakukan analisis kompetitor, Anda bisa memanfaatkan platform Facebook Ad Library. Di sini, Anda bisa melihat iklan apa saja yang tengah dijalankan oleh kompetitor. Tools ini bisa membantu mendapatkan referensi mengenai campaign-campaign yang tengah dilakukan kompetitor.

Tingkatkan Awareness & promosi adalah startegi bisnis Ramadan yang jitu

Untuk memperluas jangkauan bisnis, Anda bisa beriklan di platform-platform digital. Banyak platform yang menyediakan jenis iklan yang beragam yang dapat membantu membuat iklan Anda lebih personal dan menyasar target yang tepat. 

Pada iklan, gunakan kata kunci dari hasil riset yang sudah dilakukan. Platform seperti Google, Facebook, dan Instagram menawarkan berbagai fitur dimana Anda bisa menentukan target iklan berdasarkan demografi, lokasi, ketertarikan, maupun tujuan iklan.

Misalnya, untuk meningkatkan konsiderasi konsumen, Anda bisa menampilkan iklan video mengenai brand berdasarkan kata kunci yang sering dicari oleh target audiens. Sementara untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa memasang iklan berupa tampilan produk yang dapat langsung mengarahkan audiens ke platform penjualan.

Bagikan konten yang relevan di media sosial

Konten kini juga menjadi bagian penting dalam strategi bisnis. Bagikan konten-konten yang relevan dengan tema ramadan misalnya mengenai kebersamaan, silaturahmi, atau kekeluargaan. Sesuaikan konten dengan sifat masing-masing platform media sosial. Analisis konten-konten Anda sebelumnya maupun konten dari kompetitor.

Dengan begitu banyaknya informasi yang ada di internet, tiap bisnis berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen. Artinya, rentang perhatian audiens pun semakin singkat. Maka itu, Anda harus bisa membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen sejak awal. 

Siapkan platform penjualan sebagai strategi bisnis Ramadan

Yang paling penting, Anda harus mempersiapkan platform penjualan agar memudahkan konsumen saat mereka sudah siap untuk melakukan transaksi. Pada akhirnya, tujuan mempersiapkan berbagai strategi untuk menjangkau dan menarik konsumen adalah agar mereka membeli produk Anda.

Apabila platform penjualan sulit diakses, konsumen yang tadinya sudah tertarik malah akhirnya bisa batal untuk membeli. Pastikan informasi terkait bisnis dan produk Anda bisa diakses di platform yang digunakan konsumen mulai dari mesin pencari, website, marketplace, hingga media sosial.

Persiapkan website dengan tampilan yang menarik. Anda bisa mengupdate tampilan website dengan desain menarik, sampai menawarkan promo khusus Ramadan agar pengunjung langsung tertarik dengan campaign Anda.

Konten ini telah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!
(dok. Pexels)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *