Content Marketing Partner Tips Bisnis

6 Strategi Content Marketing 2021

 

Strategi Content Marketing 2021 – Content marketing sudah mulai dianggap sebagai bagian penting dari pemasaran brand. Lewat konten yang menarik, bisnis dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan awareness terhadap brand mereka.

Beberapa format konten pun bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness Anda. Mulai dari blog, podcast, video, infografis, email newsletter, dan banyak lagi. Tren content marketing apa yang bisa Anda manfaatkan di tahun 2021?

Mebiso dan Sirclo bekerja sama untuk menyajikan strategi content marketing 2021 untuk brand Anda

Strategi content marketing video dan visual

Sejak platform berbasis visual dan video seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok muncul, format konten pun akan menyesuaikan dengan tren ini. Konsumen yang semakin bergeser ke arah ini, sehingga bisnis Anda juga harus menghasilkan konten visual atau video yang berkualitas dan bisa menarik audiens.

Anda bisa memperkaya konten-konten lainnya dengan menambahkan visual atau video, seperti infografis pada blog untuk memudahkan pembaca.

Memanfaatkan Live dan Webinar

Seorang pria bersiap untuk webinar
Austin Distel di Unsplashs

Tidak bisa disangkal, pandemi menyebabkan banyak event ditunda bahkan dibatalkan. Tetapi bukan berarti menjadi jalan buntu. Kebanyakan bisnis, seminar, atau event-event lainnya memindahkan acara mereka secara online melalui live video dan webinar. Video merupakan medium yang efektif untuk menyampaikan informasi atau mengedukasi konsumen. 

Pendekatan terhadap webinar pun semakin inovatif. Sesi webinar pendek, masterclass, sesi tanya-jawab, dan banyak interaksi lebih diminati daripada presentasi panjang. Sifatnya yang interaktif inilah yang membuat webinar dan live video semakin digemari oleh banyak orang.

Konten yang interaktif

Apa yang disebut dengan konten interaktif? Polling, quiz, tes, survei, dan segala bentuk konten yang mengajak pelanggan untuk berinteraksi di strategi konten Anda!

Pelanggan sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Keterlibatan pelanggan wajib diperhatikan dalam menyusun strategi content marketing. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

User-generated Content

User-generated content juga menjadi salah satu bentuk konten yang dimanfaatkan brand. Andatidak perlu membuat konten, cukup membagikan konten dari konsumenmu. 85% orang mempercayai konten yang dibuat oleh pengguna lainnya. 

Membagikan hasil konten konsumen akan membuat mereka merasa didengarkan. Anda bahkan bisa membangun komunitas dari user-generated content. Ini akan membantu menarik perhatian calon pembeli, meningkatkan engagement sekaligus kepercayaan.

Tentunya Anda senang jika didengarkan bukan? Inilah dasar mengapa UGC sangat diminati.

Alih fungsi konten untuk channel-channel lain

Konten Tiktok bisa dimanfaatkan sebagai strategi content marketing 2021
Aaron Weiss di Unsplash

Strategi content marketing 2021 ini menjadi sangat populer, khususnya dengan sumber daya terbatas. Alih fungsi konten ini berarti mengolah satu konten dalam bentuk lain untuk channel berbeda.

Saat Anda menghasilkan konten yang berkualitas, tentu Anda ingin membagikan ke sebanyak-banyaknya orang. Kamu bisa melakukan ini cukup dengan mengalihfungsikan konten. Misalnya jika artikelmu mendapatkan pageview yang cukup tinggi, kamu bisa mengalihfungsikannya ke bentuk grafik atau video untuk kemudian dibagikan di Instagram, TikTok, atau bahkan Webinar.

Konten yang terpersonalisasi

Konsumen saat ini semakin mengharapkan gaya komunikasi yang relevan secara personal, termasuk juga dalam hal konten. Untuk membuat konten yang terpersonalisasi ini, dibutuhkan data yang ekstensif dan tepat.

Semakin banyak mereka berinteraksi dengan bisnis Anda, semakin banyak data yang Anda dapatkan. Data ini akhirnya bisa membantu Anda untuk menciptakan konten-konten yang mereka inginkan dan butuhkan!

Itulah 6 strategi content marketing 2021 untuk brand Anda. Anda bisa mencoba-coba untuk menentukan manakah pola terbaik untuk bisnis Anda!


Konten ini sudah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya.

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *