Content Marketing Sosial Media Technology Web & Teknologi

Strategi Marketing TikTok yang Efisien untuk Bisnis

 

Loading...

Strategi marketing TikTok – Selama beberapa tahun terakhir, TikTok menjadi sebuah platform sharing video yang ramai digunakan oleh lebih dari 800 juta pengguna aktif. Tingginya minat dan cepatnya persebaran konten dari TikTok ke seluruh platform media sosial ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pebisnis untuk memanfaatkannya sebagai media strategi marketing.

Bagaimana tidak? TikTok dikenal sebagai platform media sosial yang dapat digunakan untuk upload konten kreatif seperti mengikuti challenge yang sedang viral, menari, bernyanyi, lipsync lagu, akting, tutorial makeup, dan banyak kreasi lainnya. Keunikan dan variasi yang menarik atensi banyak orang ini di sisi lain dapat menjadi peluang dalam meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok.

Meski begitu, Anda tetap menbutuhkan sejumlah strategi khusus dalam memanfaatkan TikTok sebagai media marketing bisnis Anda. Untuk itu, yuk, simak strateginya berikut ini!

Mulai strategi marketing dengan memelajari lebih dalam platform TikTok

Sangat penting bagi Anda untuk beradaptasi dengan aplikasi TikTok terlebih dulu. Sebab, dengan mempelajari jenis konten pada TikTok, Anda akan memahami bagaimana cara kerja platform tersebut. Sehingga Anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Buatlah konten yang variatif secara rutin. Manfaatkan berbagai fitur yang disediakan TikTok untuk mengemas video Anda semenarik mungkin. Anda bisa klik tab Effects dan cek macam-macam kategorinya seperti trending, new, interactive, editing, beauty, funny, world, animal, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan efek green screen TikTok yang cukup populer digunakan di berbagai postingan viral.

Aplikasikan pada variasi konten Anda berupa pengenalan produk, edukasi yang berkaitan dengan fungsi produk, dan promo menarik. Selain itu, pastikan untuk memilih hashtag yang sesuai dengan judul. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Sesuaikan target audiens Anda

Seperti yang telah diketahui, TikTok berisi konten yang unik dan menarik secara visual. Tak heran jika pengguna media sosial ini didominasi oleh orang-orang antara usia 16 dan 24. Oleh karena itu, pastikan target market Anda pun merupakan orang dengan rentang usia tersebut.

Anda harus mengenali macam konten apa saja yang mereka suka di TikTok. Setelah memahaminya, pilihlah jenis konten yang memiliki engagement tinggi dan relevan dengan brand produk Anda. Kembangkan dan aplikasikan secara konsisten dan berkala.

Kolaborasi dengan inflencer TikTok juga bagus untuk strategi marketing

Influencer tiktok
Sumber: Artem Podrez di Pexels

Untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok, Anda dapat membangun hubungan baik dengan influencer yang punya audiens sesuai target market Anda. Ajak influencer untuk share dan buat review produk atau jasa usaha Anda.

Namun, pastikan Anda telah menganalisis kredibiltas dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah image influencer tersebut dapat memberi pegaruh baik bagi target pemasaran produk Anda.

Berikan kebebasan influencer dalam mengemas kreasi konten produk Anda supaya sesuai selera followers mereka. Pasalnya, pengguna lebih tertarik dengan originalitas, sehingga mereka akan menganggap review produk Anda memang terpercaya.

Tunjang dengan pemasangan iklan

Nyatanya, TikTok juga mempunyai sistem periklanan formal yang memudahkan Anda untuk memasang iklan. Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu.

Dengan memanfaatkan berbagai macam fitur iklan ini, Anda bisa berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang ada. Anda pun tak hanya membuat iklan yang mencuri perhatian penonton saja, tapi juga membangun keinginan penonton untuk mengunakan produk atau jasa Anda.

Demikianlah strategi promosi bisnis dengan menggunakan TikTok. Jadi, apakah Anda mulai tertarik mencoba? (unsplash)

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *