Running A Business

Krisis dalam Bisnis Itu Wajar, Setidaknya Sekali Seumur Hidup di Bisnis Kamu

 
  • 4
    Shares

Loading...

Pernah gak merasa kekurangan modal atau bahkan rugi sampai kamu bingung harus bagaimana menutupinya? Nah, krisis seperti ini memang biasa terjadi di kalangan pebisnis. Bisa juga dibilang kalau bisnis tapi gak pernah mengalami krisis seperti ini bukan bisnis namanya.

Terkadang krisis juga bukan hanya melemahkan proses bisnis kita, tapi juga melemahkan mental kita sebagai pemilik bisnis. Saat kita merasa krisis ini melemahkan diri kita bisa jadi kita susah untuk fokus dan mencari jalan keluar untuk masalah ini. Tapi cobalah lihat apa yang disarankan oleh 2 pebisnis sukses ini. Mereka mengaku jika krisis bukanlah sumber kehancuran bisnis mereka, justru sebaliknya. Lalu bagaimana ya strategi yang mereka gunakan?

Menurut seorang Ivan Tanu, pemilik Gembilfactory.com ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi krisis dalam bisnis. Mulai dari melakukan strategi yang mudah meriah tapi memberika dampak. Contohnya dengan strategi promosi produk dengan memberikan diskon khusus untuk produk favorit. Ada juga nih yang dilakukan oleh beliau, seperti memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda dari toko online lainnya. Untungnya dimana? Jelas keuntungan yang didapatkan akan diinvestasikan sebagian untuk melakukan riset pasar dan mengikuti teknologi yang sedang berkembang.

Ivan Tanu sendiri menyadari bahwa krisis seperti ini bukanlah puncak dari kegagalan kita. Baginya justru harus bisa menemukan cara yang efektif untuk mengatasi masalah itu.

Lain lagi dengan yang dilakukan oleh Rendy Yudha pemilik Daihatsutunas.com. Baginya strategi terbaik untuk mengatasi krisis adalah dengan menggunakan CRP(Cost Reduction Program). CRP sendiri yaitu mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dalam proses bisnis. Contoh sederhana yang ia berikan adalah pengurangan biaya listrik, dengan cara mematikan lampu dan AC serta barang elektronik lainnya yang tidak digunakan, dan masih banyak contoh lainnya. Baginya pengurangan ini jauh lebih membantunya untuk memulihkan keuangan yang sedang mengalami krisis.

Nah, dari sini apa nih kira – kira yang akan kamu lakukan saat kamu berada di posisi pebisnis yang mengalami krisis modal atau keuangan dalam bisnisnya? :) Share yuk, bisa saling belajar :)

Loading...

  • 4
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *