e-Marketing & Sales Tips Bisnis

Strategi Pemasaran Produk Ini Ampuh Memikat Pelanggan

 

Loading...

Strategi Pemasaran Produk – Ingin brand semakin dikenal dan pelanggan berdatangan? Tentunya, Anda harus melakukan strategi untuk memasarkan produk yang ampuh. Lantas, bagaimanakah strategi yang ampuh agar produk kita laris diburu pelanggan?

Bidik calon pelanggan dengan local marketing

Ada beragam strategi yang bisa dilakukan untuk marketing atau pemasaran produk. Salah satu cara yang banyak ditempuh adalah mengenalkan brand ke pasar global, alias global marketing. Memang, dengan kemudahan transaksi di era sekarang, Anda sangat mungkin untuk membidik pelanggan dari berbagai negara.

Global marketing menawarkan hal-hal yang ‘besar’. Nama brand Anda terkenal pada skala dunia. Jangkauan pelanggan pun menjadi lebih luas.

Walaupun demikian, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan skala yang lebih kecil. Yap, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memasarkan brand pada skala lokal, alias local marketing.

Alasan mengapa local marketing lebih baik untuk strategi pemasaran produk

Local marketing memiliki beberapa nilai plus yang sangat bermanfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa kelebihan dari strategi local marketing yang perlu Anda lirik:

1. Lebih murah

Biaya memasarkan produk pada tingkatan lokal tentunya jauh lebih murah, bila dibandingkan dengan memasarkan pada tingkatan global. Kadang kala, Anda bisa memasarkan secara gratis, lho, misalnya saja ketika mendaftarkan bisnis ke Google.

2. Kompetitor lebih sedikit

Semakin luas jangkauan brand, semakin banyak kompetitor atau saingan yang akan ditemui brand. Dengan mentarget pasar lokal, secara tidak langsung jumlah saingan brandpun berkurang.

3. Dapat pesanan lebih cepat

Ternyata, orang-orang lebih senang berbelanja dari brand lokal, lho. Sekitar 2/3 pencarian secara mobile ditujukan untuk mencari brand lokal. Mayoritas orang-orang yang melakukan pencarian tersebut akan mengunjungi online shop yang dicari dan bahkan melakukan konversi penjualan.

3. Orang-orang akan mempromosikan brand Anda

Salah satu kelebihan dari strategi pemasaran secara lokal adalah mudahnya brand Anda dikenal masyarakat sekitar. Hal ini bisa terjadi karena promosi mulut ke mulut atau biasa dikenal dengan istilah word of mouth. Secara tidak langsung, pelanggan mempromosikan brand Anda secara cuma-cuma! Lumayan sekali, ‘kan?

Tentunya, Anda wajib melayani pelanggan dengan baik agar word of mouth yang tercipta itu positif. Jika brand Anda dapat memuaskan pelanggan, mereka akan menganjurkan brand Anda kepada orang-orang yang mereka kenal. Nama brand pun akan semakin kuat jika promosi tersebut telah tersebar ke seluruh komunitas.

4. Berkesempatan membangun reputasi brand yang baik

Ketika promosi mulut ke mulut telah tersebar, Anda pun semakin berpotensi untuk memperkuat citra brand. Strategi pemasaran secara lokal membuka kesempatan bagi brand Anda untuk menyusun reputasi yang baik. Ketika brand telah memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat, bisnis pun akan meraup keuntungan yang besar.

5. Bisa menjalin network dengan bisnis-bisnis lokal lainnya

Salah satu keuntungan lainnya adalah Anda pun bisa menjalin network dengan bisnis-bisnis lainnya. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari menjalin koneksi dengan perusahaan lainnya.

Anda bisa mendapatkan supplier dengan lebih mudah. Anda juga bisa berkolaborasi untuk memperkuat bisnis masing-masing. Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui networking.

Masih banyak strategi pemasaran produk yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak strategi untuk memasarkan produk Anda. Apalagi di era perkembangan teknologi seperti ini, strategi pemasaran akan selalu berkembang.

Simak berbagai wawasan tentang marketing ter-up to date hanya di Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca berbagai artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/329595

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *