Running A Business

Strategi Promosi Efektif untuk Mendorong Ribuan Dollar Menghampiri Anda

 
  • 72
    Shares

   
Aplikasi strategi promosi yang tepat akan menimbulkan timbal balik lebih dari yang Anda bayangkan. Selain target penjualan terpenuhi, Anda juga mendapatkan database potensial untuk promosi terbaru, selain itu akan timbul pula brand awareness mengenai produk Anda di masyarakat. Wow, siapasih yang ingin melewatkan kesempatan emas tersebut? Anda pasti tidak ingin melewatkannya bukan, untuk itu cobalah strategi promosi bisnis berikut ini!

1.Buatlah kegiatan CRM (Corporate Social Responsibility)

Salah satu strategi promosi terbaik adalah dengan menunjukkan rasa peduli Anda terhadap masyarakat. Pada kegiatan ini Anda dapat memberikan swadaya untuk pembangunan selokan, masjid, perpustakaan belajar, pemberian beasiswa dsb. Namun saat melakukan CSR jangan pernah lupakan tujuan utama Anda untuk melakukan promosi, jadi tanamkan kepada masyarakan mengenai citra positif perusahaan Anda yang dicintai oleh masyarakat.
Promosi Anda akan sangat sempurna jika dalam kegiatan CRM, Anda mengundang awak media untuk meliput kegiatan yang dilakukan perusahaan Anda. Namun ingatlah, kegiatan ini membutuhkan bantuan dari para CEO perusahaan untuk ikut terjun langsung dalam kegiatan CRM, agar memaksimalkan opini positif yang timbul di masyarakat atas perusahaan Anda!

2. Terlibat dalam kampanye positif

Akhir-akhir ini sering sekali kita jumpai masalah moral anak bangsa yang membuat malu orang-orang disekitarnya, hanya karena mereka berasal dari keluarga yang “berpunya, berpangkat” dsb mereka bebas memperlakukan semua orang sesuka hatinya.
Dengan membuat video, meme atau slogan-slogan positif yang mendukung suatu gerakan perubahan, akan membuat masyarakat terus terkait dan mengingat bisnis Anda dengan hal-halpositif. Apalagi jika gerakan tersebut menjadi viral di media sosial dan media informasi maka akan semakin mudah langkah Anda untuk melejitkan bisnis Anda!

3. Adakan Lomba

Membuat lomba adalah salah satu pilihan yang tepat untuk melakukan promosi, karena pada dasarnya setiap orang ingin menjadi pemenang. Jika Anda menemukan kegiatan lomba yang tepat sebagai sarana promosi, Anda dapat mengajukan diri sebagai sponsor atau buatlah sendiri lomba yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mencantumkan logo Anda pada setiap media promosi yang digunakan, semakin banyak orang yang menyebarkan informasi mengenai lomba maupun mengikuti lomba tersebut maka akan semakin banyak orang yang mengetahui brand Anda.

4. Buatlah ide promosi dari suatu barang

Umumnya barang promosi yang sering kita dapatkan adalah notes, bulpoint, kalender dan kaos. Namun Anda juga dapat membuat barang promosi lainnya yang telah Anda bubuhi logo perusahaan Anda. Ingatlah bahwa tujuan Anda adalah untuk membuat siapapun orang yang melihat barang promosi Anda tertarik untuk memiliki hal serupa dengan membeli sesuatu atau yang lainnya, atau setidaknya orang yang melihat barang promosi Anda akan mengenal produk Anda. Maka untuk mencapai tujuan tersebut pertimbangkanlah untuk memilih salah satu barang promosi yang sesuai dengan tujuan Anda.

5. Susunlah acara gathering pelanggan

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta pelanggan terhadap produk Anda dan mengenalkan pelanggan satu dengan yang lainnya agar tercipta interaksi pelanggan yang baik, siapa tahu diluar acara ini pelanggan akan membuat acara lainnya dan tentu saja mereka akan membahas dan membahas mengenai produk Anda dan apa yang telah Anda lakukan. Jangan pernah lupakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan karena feedback adalah harga yang mahal untuk Anda dapatkan.
Untuk menciptakan suatu kesan bahwa Anda sangat mencintai pelanggan Anda, berikan beberapa dari mereka hadiah yang tidak mereka duga sebagai pelanggan terbaik atau hal-hal lainnya yang mengejutkan mereka. Dengan begini akan membuat cinta pelanggan terhadap perusahaan Anda semakin tumbuh dan berkembang.

6. Gandeng dan gandeng Wartawan

Jadikan wartawan sebagai rekan dan partner Anda. Tentu saja semua hal yang Anda inginkan tidak dapat begitu saja tercapai tanpa adanya bantuan dari wartawan. Sehingga buatlah wartawan sebagai partner Anda dan libatkan mereka dalam setiap movement yang Anda buat. Ingatlah kekuatan media lebih besar dibandingkan yang lainnya!
Anda pasti sudah tidak sabar mencoba merencanakan strategi promosi ini? Namun tunggulah sejenak. Sebelum membuat acara ini, ingatlah bahwa Anda membutuhkan banyak strategi tips dan trik mengenai digital marketing, untuk itu Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu.

  • 72
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *