Running A Business

Strategi Referral untuk Meningkatkan Leads Dalam Bisnis

 
  • 1
    Share

Loading...

Strategi Referral, Apakah itu?

Strategi Referral adalah sebuah cara atau strategi yang dapat kita gunakan untuk memperkenalkan pelanggan baru pada bisnis kita dengan biaya yang murah. Mungkin Anda bertanya, mengapa bisa salah satu teknik promosi ini terbilang murah? Karena dengan strategi referral ini, kita hanya membutuhkan pelanggan bisnis untuk mau memperkenalkan produk atau jasa kita kepada teman, keluarga dan kolega mereka.

Referral lebih kepada bagaimana menciptakan persepsi seseorang tentang sesuatu dan mampu mengajak orang lain untuk dapat memperhatikan dan merasakan manfaat yang sama dengan diri kita. Dalam sebuah bisnis, seratus pelanggan tentu tidaklah cukup. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan pelanggan baru bagi sebuah bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu yang paling mudah adalah dengan teknik referral ini atau biasa kita mengenalkan dengan teknik promosi “Word of Mouth”.

Apa yang membuat sebuah strategi referral itu sukses?

Ada 2 hal yang dapat membuat sebuah strategi referral itu bisa dinyatakan berhasil, yaitu tipe pelanggan yang tepat untuk bisnis kita, dan yang kedua adalah strategi apa yang akan kita lakukan dalam mendukung strategi referral itu sendiri. Untuk tipe pelanggan sendiri kita memiliki 4 tipe pelanggan, yaitu Awesome, Basic, Can’t deal with, dan yang terakhir adalah Dead. Penjelasan mengenai jenis pelanggan ini akan dijelaskan di artikel berikutnya. Sedangkan untuk strategi yang digunakan bisa berasal dari 2 hal penting, yaitu Layanan dan Penawaran yang Anda berikan.

Dalam memberikan sebuah layanan kepada pelanggan, tentu saja harus benar – benar LUAR BIASA. Baik atau bagus saja tidak cukup, Anda harus memberikan layanan KELAS SATU. Ini karena layanan yang biasa diterima oleh pelanggan, tidak akan membuat pelanggan tertarik dan mau merekomendasikan diri kita ke orang lain. Namun, ketika apa yang mereka terima memiliki ciri khas dan kelebihan tertentu, maka mereka sudah bersiap dan bersedia untuk merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain.

Sedangkan untuk Penawaran yang akan kita berikan harus benar – benar menjawab pertanyaan pelanggan terhadap bisnis kita, seperti “Apa untungnya bagi saya?”. Jika Anda penasaran apakah itu benar – benar menjawab pertanyaan pelanggan, maka cobalah untuk memposisikan diri Anda menjadi seorang pelanggan yang memberikan pertanyaan seperti ini, “Apakah hal ini akan membuat saya merekomendasikan bisnis ini kepada orang lain?”. Jika Anda yakin bisa, maka lakukanlah.

Cara Referral masih sangat diminati dan terus dilakukan oleh proses bisnis apapun. Karena cara yang mudah namun memberikan pengaruh yang besar  bagi sebuah bisnis. Cara ini juga mewajibkan kita untuk dapat menjalin kedekatan dan keakraban dengan pelanggan kita. Bukan hanya pelanggan yang masih menggunakan bisnis kita, tapi juga kepada pelanggan yang bahkan sudah tidak menggunakan bisnis kita. Karena kita tidak akan pernah tahu, bagaimana mereka merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain.

Nah, lalu bagaimana menciptakan strategi referral yang hebat? Artikel berikutnya akan membantu Anda mendapatkan informasi mengenai strategi apa saja yang dapat membantu Referral Anda sukses dijalankan. :)

Sumber: Buku Instans Leads 2013

Baca juga:

Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda

3 Tips Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan Online

5 Alasan Pengusaha Menggunakan Video untuk Promosi Bisnis

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *