Insider

Sudah Diteliti, Inilah Tips dan Strategi Marketing Instagram yang Efektif!

 

Loading...

Tips dan Strategi Marketing Instagram – Ragu dengan keefektifan strategi marketing Instagram yang Anda lakukan? Berikut ini adalah ulasan tentang berbagai tips dan strategi marketing Instagram yang tak perlu diragukan lagi, karena strategi-strategi berikut ini telah diteliti, lho!

Buatlah konten sesuai selera anak muda

Pengguna Instagram didominansi oleh kelompok usia muda. Facebook melakukan survey terhadap 12.000 remaja dan dewasa awal untuk mengetahui bagaimana pandangan mereka terhadap Instagram. Hasilnya, Instagram dipandang sebagai sesuatu yang kekinian, friendly, trendi, kreatif, bermanfaat, serta menyenangkan.

Wah… menarik, bukan?

Kemudian, Facebook merumuskan rekomendasi strategi yang dapat Anda lakukan. Hal ini bermanfaat sekali, terutama jika brand Anda mentarget customer muda.

  • Tampilkan apa yang membuat brand Anda spesial
  • Membuat konten sesuai yang disukai audiens muda, yakni ambar dan video dengan kualitas tinggi
  • Menginspirasi followers dengan konten kekinian, trendi, dan menyenangkan

Lebih penting konsisten daripada intens

Terlalu banyak posting berisiko untuk membuat followers jenuh dan malah meng-unfollow akun. Strategi yang lebih baik adalah posting secara konsisten dan terjadwal.

Menurut studi dari Union Metrics, ketika Anda berhenti posting secara rutin, Anda dapat kehilangan followers. Masih menurut Union Metrics, satu atau dua post per hari sudah ideal untuk pertumbuhan akun.

Tak ada ‘waktu terbaik’ untuk posting Instagram

Berbagai lembaga seperti CoSchedule, Lifewire, serta SumAll melakukan riset mengenai waktu posting yang ideal. Hasilnya, tidak didapatkan hasil yang sama untuk waktu posting ideal.

Hal yang paling berpengaruh terhadap waktu posting adalah audiens Anda. Lakukanlah eksperimen pada beberapa waktu, kemudian dengan bantuan tools cobalah analisis waktu mana yang paling baik capaiannya.

Manfaatkan Instagram Story

Instagram Story adalah salah satu fitur favorit pengguna Instagram. Techcrunch melaporkan bahwa dibandingkan dengan Snapchat, brand dapat menerima view lebih banyak hingga 35%. Masih berdasarkan Techcrunch, dari 1 dari 5 Instagram Story yang diposting bisnis mendapatkan balasan DM.

Tunggu apa lagi, yuk buat Instagram Story semenarik mungkin. Ada berbagai cara untuk membuat Instagram Story yang keren, tentunya Anda harus coba!

Memadukan penggunaan hashtag dan location

Simply Measured menemukan bahwa postingan dengan hashtag dan location memiliki tingkat engagement yang tertinggi. Penggunaan hashtag dan location juga dapat menjadikan postingan dilihat lebih banyak orang, lho.

Mulai membuat konten video

Video dapat menjadi jenis konten yang disukai audiens Anda, terutama jika Anda ingin meningkatkan engagement. News Whip menemukan bahwa publisher ternama mendapatkan lebih banyak komentar ketika memposting video. Jika dibandingkan, tingkat pertumbuhan engagement video yang mencapai 53% lebih besar dari gambar yang capaiannya sebesar 46%.

User-generated content ampuh untuk konversi

Memposting user-generated content (UGC) atau konten yang dibuat oleh pengguna Instagram ditemukan ampuh untuk meningkatkan konversi dan penjualan. L2 menemukan bahwa setelah melihat foto UGC, kemungkinan seseorang untuk berubah menjadi customer naik hingga 4,5%. Oleh karenanya, sesekali upload lah konten UGC yang membahas tentang produk atau jasa Anda.

Panjangnya caption tak pengaruhi engangement

Temuan Simply Measured menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara panjang caption dan tingkat engagement. Walau begitu, jika Anda ingin seluruh caption Anda terlihat di feed, sangat disarankan untuk membuat caption dengan maksimal 125 karakter saja. Perlu diingat, jangan sampai ketinggalan informasi penting untuk dicantumkan, ya!

Tips dan strategi marketing Instagram akan selalu berkembang

Wah wah, ternyata banyak temuan menarik seputar strategi marketing Instagram. Namun demikian, dunia medsos sangat dinamis dan banyak perkembangan seputar Instagram Marketing yang perlu Anda ketahui.

Mebiso menyediakan banyak artikel menarik seputar hal tersebut, lho. Langsung saja klik artikel-artikel lainnya, selamat menambah wawasan!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/amphtml/307083

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *