Leadership

Sudah Tahu Kenapa Anda Tidak Diterima saat Melamar Kerja?

 
  • 3
    Shares

Tidak mudah memang menemukan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan dan keinginan kita. Ada banyak tahap yang harus kita jalani, mulai dari mengirim lamaran, melakukan tes tulis, interview, sampai pada tes psikotes. Tujuan perusahaan melakukan ini tentu saja untuk mendapatkan calon karyawan yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan dan kriteria perusahaan itu sendiri. Tidak jarang ketika kondisi fisik dan mental kita tidak siap menghadapi tes, maka akan berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya kita pada pekerjaan tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa seseorang bisa gagal dalam melakukan seleksi masuk ke dalam sebuah perusahaan untuk bekerja:

1. Anda tidak bersikap proaktif

Mencari pekerjaan yang Anda inginkan bukanlah hal yang mudah. Terlebih ketika Anda berharap bahwa ada orang lain yang akan menawarkan atau memberikan pekerjaan kepada Anda. Sikap proaktif harus dimiliki oleh Anda, terutama dalam mencari pekerjaan. Menyusun strategi bahkan harus menjadi salah satu yang dilakukan agar lebih tepat mencari pekerjaan.

Sikap proaktif bukan hanya ditunjukkan ketika Anda mencari lowongan pekerjaan, tapi juga saat Anda ingin memiliki keterampilan lebih demi sebuah pekerjaan yang Anda inginkan. Contohnya Anda bisa mengambil kursus untuk mengupgrade skill Anda. Mempelajari beberapa contoh soal tes seperti psikotes dan lain sebagainya. Dengan kata lain, ketika Anda percaya bahwa Anda memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mencapai tujuan karir Anda,
maka dengan mudah itu akan jauh lebih berhasil.

2. Anda tidak memiliki semangat saat melakukan tes

Jika Anda terpaksa melamar pekerjaan yang tidak Anda sukai, jangan heran ketika atasan Anda merasakan bahwa ada yang salah. Sikap atau bahkan hasil dari pekerjaan Anda akan mencerminkan semangat bekerja Anda selama ini. Seorang pengusaha tahu bahwa keterampilan selalu bisa diajarkan dan dilatih, tapi semangat tumbuh dan berkembang dari diri individu itu sendiri.

Jika Anda benar – benar bersemangat dengan pekerjaan ini, coba tunjukkan dan jelaskan itu pada saat Anda melakukan tes dan wawancara. Jelaskan mengapa Anda menginginkan posisi ini dan berbagi ide Anda dengan lebih bersemangat.

3. Anda tidak “menjual” diri

Jika Anda bertanya apakah diri kita bisa dijual, maka jawabannya hanya ada pada saat Anda mencari pekerjaan. Jika Anda tidak jelas dalam menyampaikan kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan juga ilmu Anda, maka tidak salah jika Anda sulit mendapatkan pekerjaan. Perusahaan mencari orang yang benar – benar ingin dan bersemangat untuk pekerjaan itu. Mereka mencari orang yang percaya diri dan juga tidak sombong. Dengan rasa rendah hati, mereka mau berbagi ilmu dan prestasi dengan perusahaan.

4. Surat lamaran Anda tidak menampilkan siapa diri Anda sebenarnya

Resume/CV/surat lamaran adalah kaki yang membawa kita masuk ke dalam perusahaan saat hendak melamar pekerjaan. Maka dari itu surat lamaran sangat penting untuk dibuat dan tidak diabaikan. Segala data yang Anda tunjukkan harus sesuai dengan diri Anda. Jika tidak akurat untuk pekerjaan itu, Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk masuk ke tahap wawancara. Cobalah gunakan taktik berikut untuk membuat Surat lamaran yang baik:

  • Keep it Short (beberapa ahli merekomendasikan surat lamaran terdiri hanya dari 600-700 kata)
  • Tulis semua daftar keterampilan yang relevan dan riwayat atau pengalaman kerja
  • Tulis surat lamaran Anda untuk setiap posisi
  • Tuliskan detail bagaimana Anda dapat membawa nilai bagi perusahaan
  • Tulislah lebih spesifik: Jika Anda sudah mencapai tujuan tertentu dalam pekerjaan di masa lalu, jangan takut untuk mengukur prestasi Anda

5. Anda belum sepenuhnya mengenal apa calon perusahaan Anda

Seorang pengusaha atau pemilik bisnis ingin tahu, apakah calon karyawan mereka mau meluangkan waktu untuk belajar sedikit tentang perusahaan. Setidaknya Anda harus tahu siapa nama CEO dari perusahaan tersebut. Ini akan menunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan tersebut. Luangkan waktu sebelum wawancara untuk meneliti perusahaan tersebut secara online. Pengusaha tidak mengharapkan Anda tahu semua isi atau dalam perusahaan, tapi setidaknya Anda sendiri harus memiliki pemahaman yang baik terhadap informasi umum yang sudah tersedia.

6. Anda terlalu banyak menuntut hak

Kita bekerja, memenuhi kewajiban memang untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan untuk hak kita sebagai manusia. Dalam sesi wawancara, terkadang kita juga ditanya seberapa besar gaji yang kita inginkan, seberapa nyaman suasana bekerja yang kita butuhkan dan kebutuhan lainnya. Namun ini bisa menjadi bendera merah bagi diri kita, ketika kita tidak bisa mengendalikan diri untuk meminta dan menuntut hak kita. Karena sebenarnya hak itu terwujud setelah kewajiban terpenuhi. Tapi jika kewajiban tidak atau bahkan belum sempat dijalankan, cobalah untuk menahan dan tidak meminta hak terlalu jauh.

7. Anda belum tahu pasti apa yang Anda butuhkan

Akan menjadi masalah yang besar ketika Anda tidak tahu pasti apa yang Anda butuhkan dalam sebuah pekerjaan. Apakah pekerjaan itu memang benar impian dan tujuan Anda meskipun pengalaman dan pendidikan Anda belum terlihat mumpuni. Atau mungkin Anda hanya ingin bekerja karena sudah putus asa mencari pekerjaan lainnya, dan bersedia mengambil pekerjaan apapun itu? Ini akan membuat Anda sulit untuk menyesuaikan diri dengan tujuan dan harapan Anda dan bahkan itu akan membuat Anda sulit untuk tumbuh.

8. Anda tidak memiliki koneksi dengan orang yang ada di dalam perusahaan

Menurut penelitian yang disusun oleh Interview Success Formula, 3,6 juta lowongan pekerjaan di Amerika Serikat pada tahun 2012, 80% dari mereka tidak pernah diketahui orang lain. Maksudnya adalah kandidat atau calon karyawan bahkan tidak memiliki rekomendasi dari orang dalam perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa pengusaha mencari calon karyawan yang direkomendasikan oleh orang internal. Karena selain sudah rekomended, mereka juga mudah untuk dimintai pertanggungjawaban.

9. Anda tidak bisa bersikap “menyenangkan”

Anda bisa menjadi orang yang paling memenuhi syarat untuk sebuah pekerjaan, tapi semua itu tidak berarti ketika pewawancara tidak menyukai Anda. Dalam hal ini bisa jadi mereka tidak suka dengan sikap ataupun cara Anda menjawab pertanyaan mereka. Dan berikut ini sedikit tip untuk menciptakan kesan pertama bagi pewawancara:

  • Sering tersenyum, tapi tetap tahu waktu dan kondisi
  • Menjadi pendengar yang baik dan tidak mengganggu!
  • Mengajukan pertanyaan bijaksana
  • Tidak membual atau terlalu percaya diri
  • Menjadi sangat ekspresif tanpa mendominasi percakapan
  • Menggunakan bahasa tubuh

10. Anda mengirimkan kesan yang salah

Wawancara Anda adalah salah satu kesempatan Anda untuk bisa memberi kesan terbaik untuk calon atasan Anda. Nah berikut ini adalah sesuatu yang bisa membuat Anda salah dalam mengirimkan kesan kepada pewawancara:

  • Datang terlalu awal atau terlalu terlambar
  • Dressing tidak tepat (menggunakan pakaian yang tidak tepat)
  • Terlalu banyak bercanda
  • Bertanya tentang gaji terlalu cepat dalam wawancara
  • Tidak menunjukkan kepribadian apapun itu
  • Terlalu membosankan selama wawancara

Baca juga:

Penasaran Gimana Bisa Sukses Menghadapi Psikotes Kerja?

Jika Anda Merasa Down saat Bekerja, Ini Dia Kunci Mengatasinya

11 Tips untuk Kamu yang Ingin Fokus Bekerja Hari Ini


  • 3
    Shares

1 komentar

  • 22 April 2017 - pukul 7:18

    KPD YTH : CEO /DIRECTOR

    BAHWA SAYA NAME:ABDUL HAFIDZ
    USIA:25 TAHUN
    JNIS KELAMIN: LAKI LAKI (MAN)
    KEBANGSAAN:INDONESIA

    SAYA SEKARANG BERADA DI POSISI DALAM SULIT MENCARI PEKERJAAN..IZINKAN SAYA BERGABUNG DAN BERKARIR DALM PERUSAHAAN ANDA. SAYA BERJANJI AKAN BEKERJA DNGN TANGGUNG JAWAAB DAN JUJUR.. SAYA SEORANG MUSLIM ..SAYA NTAH KEMANA HARUS MENCARI PEKERJAAN LAGI ..KARENA PERUSAHAAN PERUSAHAAN MENOLAK SAYA TANPA ADA PENJELASAN YANG JELAS.. JIKA ANDA MEMBACA ARTIKEL PESAN MOHOR KIRA NYA BISA MEMBANTU SAYA..KARENA SAYA MEMPUNYAI CITA2 YAITU INGIN MENJADI PENGUSAHA..SAYA INGIN MERINTIS USAHA SAYA YG PERNAH BANGKRUT.. SILAHKAN HUB: SAYA KE NO INI :089604425471.. THANKS VERY MUCH

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *