Technology

Sudah Yakin Blog dan Konten Anda Benar – Benar Menghasilkan Penjualan?

 

Loading...

Sebuah blog dalam bisnis diciptakan pasti untuk mendatangkan penjualan. Kita memangtidak dapat langsung melihat seberapa besar pengaruh blog dan konten website terhadap penjualan produk kita. Tapi ketika kita sadar, bahwa blog diciptakan agar kita dapat membina hubungan dengan pelanggan, dan membantu kita untuk meningkatkan penjualan di masa yang akan datang.

Tidak banyak para marketers yang tepat menggunakan cara untuk mengelola blog mereka. Jika Anda fokus untuk menjual, Anda tentu tidak akan memperhatikan kenyamanan pengunjung untuk membaca lama konten Anda. Di sisi lain, hal seperti itu justru akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk mengubah pembaca menjadi pelanggan Anda.

Dan 12 point berikut ini mungkin bisa Anda gunakan untuk mengoreksi postingan blog yang dapat menghasilkan penjualan:

1. Menulis target pelanggan Anda

Kesalahan terbesar kita adalah menuliskan atau memposting konten yang tidak relevan. Jangan menulis konten dengan konteks umum. Melainkan menulis untuk jenis pelanggan yang memang ingin Anda tuju. Jika Anda menjalankan bisnis hosting, website dan juga segala bentuk kebutuhan tentang bisnis online, jangan coba untuk memposting konten yang justru membahas tentang politik. Topik yang tidak terkait dengan bidang usaha Anda, mungkin menarik bagi pembaca, tapi tidak akan membuat pembaca brubah menjadi pelanggan Anda.

2. Mengarahkan untuk menjual

Menggunakan blog untuk mendidik dan mengarahkan pembaca untuk membeli. Anda bisa menuliskan beberapa pertanyaan dan informasi yang banyak dibutuhkan dan dicari oleh pelanggan. Membantu mereka menjawab dan mengarahkannya kepada penjualan. Ini akan membuat pembaca Anda merasa lebih dekat untuk menemukan jawaban yang mereka inginkan.

3. Mengajak pembaca untuk meninggalkan jejak

Dari blog Anda bukan hanya ingin mendapatkanpengunjung dan pembaca bukan? Leads atau potensial customer adalah tujuan Anda. Anda bisa memanfaatkan sidebar atau header di setiap halaman untuk mengumpulkan leads. Bentuk yang bisa kita gunakan adalah dengan memberikan percobaan gratis atau FREE TRIAL untuk produk atau jasa kita. Selain itu, kita juga bisa memberikan E-Book gratis dengan langsung didownload.

4. Membuat hubungan emosional pembaca untuk memicu penjualan

Blog memberikan Anda kesempatan untuk berbasa basi. Anda bisa membentuk dan membangun persepsi pembaca terhadap perusahaan Anda. Hal ini tentu akan membantu Anda menciptakan hubungan emosional yang dapat memicu penjualan. Hanya saja, jangan sampai Anda lupa dan malah mengumbar terlalu banyak informasi pribadi.

5. Menghubungan blog dengan website

Pengunjung blog Anda harus tahu apa website utama Anda. Mereka harus dapat dengan mudah menemukan linka tau jalan menuju website Anda dan juga sebaliknya. Ini akan memudahkan mereka mengenal Anda lebih dalam, terutama tentang produk Anda.

6. Tetap mudah ketika ingin menghubungi

Ketika blog Anda bertujuan untuk emnciptakan sebuah hubungan, maka jangan lupa untuk memberikan kemudahan kepada mereka. Seperti mencantumkan nama, alamat website dan juga email atau bahkan juga nomor telepon. Hal ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya spam yang masuk dalam komentar. Banyak pembaca yang tidak mau meninggalkan komentar tanpa mengisi form, karena mereka takut apa yang mereka sampaikan tidak dilihat oleh manusia.

7. Posting setidaknya 1 kali dalam seminggu

Jika ingin memiliki pengunjung blog yang banyak, tentu aktivitas di dalamnya juga harus ramai. Mulai dari postingan, komentar, sampai dengan diskusi. Ketika Anda memiliki sumber daya untuk memaksimalkan blog, maka lakukanlah. Jangan hanya memposting ketika Anda ingin atau sedang ingat. Berikan komitmen untuk rajin memposting, setidaknya seminggu satu kali. Ini akan membuat blog Anda hidup dan memiliki tujuan.

8. Beri link ke situs lainnya

Dalam beberapa waktu, postingan Anda juga harus terhubung ke link situs lainnya. Tujuannya adalah untuk saling berbagi sumber daya lain dan membuat orang lain memperhatikan Anda. Banyak blogger yang takut akan mengirim pembaca mereka pergi dan menghubungkannya dengan yang lain. Tapi semua yang mereka lakukan adalah untuk menciptakan dunia mereka sendiri. Sedangkan pembaca tidak peduli betapa inginnya kita mempertahankan mereka.

9. Perhatikan komentar yang masuk

Mendapatkan blog yang bagus di dalam komentar memang tidak mudah. Tapi jelas komentar dapat mengembangkan hubungan menjadi sebuah penjualan. Dan tidak satu orang blogger yang mau dihujani spam oleh pembaca yang mengomentari blgo mereka. Gunakan saja plugin Anti Spam seperti Akismet yang membuat komentar Anda harus mendapat persetujuan terlebih dahulu sebelum diterbitkan.

10. Mengajak orang untuk berlangganan

Siapa yang tidak ingin pembaca blog datang lagi? Siapapun yang rutin menuliskan konten atau artikel tentu ingin pembacanya datang lagi dan lagi. Untuk itu kita bisa mengundang bahkan membuat mereka datang dengan sendirinya. Salah satu caranya adalah dengan mendorong mereka untuk mendaftar untuk mengikuti newsletter Anda dan mengirimkan postingan yang baru diterbitkan. Dengan begitu mereka akan update apapun yang baru dari blog kita.

11. Share, Share dan Share

Begitu banyak sosial media yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi sumber mendapatkan pembaca. Aktifkan setiap akun sosial media yang tentu saja menggunakan nama dari blog Anda. Ini akan membuat kita mudah menjangkau pembaca atau pengunjung blog yang baru dan lebih banyak. Seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan lain sebagainya. Bagikan setiap postingan blog Anda, dan ajak mereka untuk aktif membaca dan juga berkomentar.

12. Menuliskan posting pada blog tamu

Langkah lainnya adalah dengan menjangkau pembaca dan target baru. Contohnya dengan membuat blog Anda harus mudah dikunjungi oleh blog lainnya. Kita bisa saling bekerjasama dengan pemilik blog atau website lainnya. Menawarkan kepada mereka untuk ikut berkontribusi dan saling membagikan konten blog kita.

Sebuah blog sangat penting bagi setiap pemilik website bisnis. Blog digunakan untuk mendatangkan penjualan sekalipun tidak ecara langsung. Kita memang tidak bisa mendapatkan nomor telepon pelanggan secara langsung, tapi dengan blogging secara teratur kita dapat mengembangkan pembaca menjadi calon pelanggan kita. :)

Baca juga:

10 Teknik yang Harus Dimiliki agar Blog Tumbuh Maksimal

5 Rule Wajib Para Blogger

Blog Dummy, Menjadi Salah Satu Peningkat Traffic Blog Anda

Loading...

2 komentar

  • 16 Maret 2015 - pukul 12:14

    terima kasih banget tips nya mas……ada beberapa tips yg saya belum tahu…dan akan dicoba…terima kasih banyak ya :)

  • 16 Januari 2018 - pukul 8:28

    Wah tips-tips yang sangat bermanfaat, nanti akan saya coba untuk praktikan. Terima kasih sudah sharing artikel yang bermanfaat ini.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *