Leadership

Sukses adalah Bawaan Lahir, Benarkah?

 
  • 309
    Shares

   

Siapa yang tahu jika dirinya akan menjadi seorang yang sukses di kemudian hari? Siapapun tidak akan pernah menyangka jika dirinya akan menjadi seorang yang kaya, pintar, dibanggakan dan dicari orang banyak. Sukses bagi setiap orang juga berbeda. Tidak semua orang memiliki pandangan dan cara fikir yang sama tentang arti sukses bagi diri mereka.

Pengusaha sukses bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Bukan lagi yang muncul dari lingkungan, tapi sukses adalah hal biasa yang dibentuk secara bertahap dengan tempaan yang tidak mudah. “Ingin sukses harus berani ngelawan rasa sakit”, itulah yang dikatakan oleh Bang Jay Teroris di acara Pesta Wirausaha TDA Surabaya Sabtu lalu. Menurutnya tidak ada sukses yang muncul dengan instan, tidak ada sukses yang muncul karena bawaan lahir, dan tidak ada sukses yang mudah untuk dicapai.

Setiap orang dilahirkan dengan potensi yang berbeda, dengan kemampuan yang sama tapi dengan cara pikir untuk mencapai sukses yang berbeda. Menurut Mustofa Romdloni selaku Ketua Panitia TDA di Indonesia, “Seorang wirausaha tidak melakukan hal – hal yang berbeda tapi mereka akan melakukan hal biasa dengan cara yang berbeda”.

Coba saja kita lihat, Bill Gates, Steve Jobs dan Mark Zuckerberg saja menjadi pengusaha sukses tidak dengan cara yang mudah. mereka melalui banyak tantangan hingga pada akhirnya mereka sukses dan dikenal di seluruh dunia. Merintis usaha di era modernisasi seperti sekarang ini juga bukan hal yang mudah. Teknologi dan perkembangannya memang sangat memudahkan dan membantu langkah kita dalam mengembangkan bisnis, tapi itu juga berarti kita akan dipertemukan dengan berbagai tantangan dan juga saingan yang cukup berat.

“Kesuksesan masing – masing orang dibentuk dari cara yang mereka lakukan, bukan sekedar dari besar kecilnya mimpi yang mereka gantungkan”. Sukses juga bukan masalah umur atau jabatan yang seseorang miliki. Anak muda yang bisa dibilang masih labil atau seenaknya sendiri juga bisa menjadi orang sukses. Belajar ilmu sukses bukan hanya sekedar di bangku sekolah formal tapi juga dari sharing kesuksesan orang lain dan pengalaman diri sendiri. Itu sebabnya sukses sebagai pebisnis bukan bawaan sejak lahir, tapi mereka dibentuk dan dibangun oleh usaha seseorang.

Baca juga:

7 Tips Bisnis Sukses untuk Enterpreneur Muda

10 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses

Bisnis itu Harus Memilih Gagal Dulu untuk Kemudian Sukses


  • 309
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *