Leadership Tips Bisnis

Bagaimana Tips Sukses Menjalin Relasi Melalui Gaya Berkomunikasi?

 

Sukses Menjalin Relasi – Nyatanya, relasi menjadi salah satu hal yang berperan penting atas suksesnya bisnis yang Anda jalani. Dengan sukses menjalin relasi, maka besar pula peluang Anda untuk sukses menjalankan bisnis.

Lantas, bagaimanakah tips yang dapat diterapkan untuk menjalin relasi demi bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini!

Kunci sukses menjalin relasi dimulai dengan senyuman tulus

Meskipun terkesan sepele, nyatanya hal ini adalah salah satu kunci awal dalam membuat partner bicara Anda merasa nyaman. Dengan gestur yang ramah dan selalu tersenyum makan akan memberi kesan suasana yang nyaman dan hangat pada pelanggan ataupun partner bisnis.

Perbanyaklah latihan sebelum Anda bertemu partner bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin terbiasa untuk bersikap ramah dengan relasi dari berbagai kalangan.

Jangan lupakan nama mereka jika ingin sukses menjalin relasi

Hampir sebagian besar orang akan lebih senang ketika seseorang mengingat nama kita. Sebab, hal itu membuat kita merasa lebih dihargai sebagai manusia. Oleh karena itu, berusahalah untuk menumbuhkan perasaan itu pada orang lain.

Saat Anda pertama kali bertemu dengan seorang relasi, langsung berjabat tangan dan kenalkan diri Anda. Setelah itu ingat-ingat dengan jelas nama partner Anda. Bila perlu, ulangi nama partner Anda tersebut beberapa kali selama percakapan berlangsung. Dengan begitu, relasi Anda akan semakin nyaman untuk berinteraksi dengan Anda.

Fokuslah dengan pembicaraan Anda tanpa menyela

Pastikan Anda selalu fokus ketika berinteraksi dengan relasi. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa Anda berminat dan terkesan dengan relasi Anda.

Jangan sampai Anda terdistraksi oleh orang lain atau apapun yang terjadi di sekitar Anda. Hindari pula menyela pembicaraannya meskipun ada hal/kata-kata yang Anda tidak sukai dari pembicaraannya. Hal ini akan membuat partner Anda merasa lebih dihargai dan dianggap penting ketika berbicara dengan Anda, sehingga Anda bisa terus ngobrol untuk membangun hubungan bisnis lebih jauh.

Jangan ragu untuk inisiatif memulai percakapan

Tidak semua partner bisnis memiliki karakter yang pandai berbicara. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda berinisiatif memulai percakapan.

Jika Anda kesulitan memulai pembicaraan, mulailah dengan menanyakan hal-hal yang umum tetapi masih relevan secara sopan, misalkan “Bagaimana perjalanan Anda tadi?”. Dengan begitu, Anda akan dianggap peduli dengan orang tersebut.

Menjalin relasi untuk kepentingan bisnis memanglah penting dan bukan perkara mudah. Namun, jika Anda mau belajar dan memperbanyak latihan, hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang mudah. Tetaplah semangat melatih gaya komunikasi Anda!
(dok. pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *