Technology

Trik Memilih Nama Domain .COM yang Murah dan Familiar

 

Loading...

Nama domain .COM kini sudah langka. Kata yang terdiri dari 6 digit huruf saja sudah susah untuk ditemukan. Apalagi kata aplikatif yang tercantum di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Rasanya sudah seperti mencari jarum di antara tumpukan jerami. Padahal kata familiar seperti ini akan sangat menguntungkan dari sisi brand awareness. Sebab kata-kata seperti ini sudah terlebih dahulu dikenal masyarakat.

Lalu, bagaimana jika kita ingin memiliki nama domain .COM yang tetap familiar? Berikut ide yang bisa anda coba.

1. Singkatan.

Apa tujuan website anda? Misalnya untuk Blog Teknologi Informasi dan Komunikasi. Anda bisa bermain singkatan yang catchy seperti Blotik. Jangan takut akan terdengar aneh. Yang penting tidak menimbulkan misspelling. Toh sudah banyak contoh website besar yang pakai brand tidak lazim (Google, Skype, Yahoo, dlsb).

2. Slang dan Plesetan.

Slang adalah bahasa yang tidak baku, namun sudah memasyarakat. Contohnya bahasa gaul yang  sudah memasyarakat: “gue”, “kepo”, “ciyus”, “robot gedek” Atau bahasa Jawa, Sunda, Melayu, dlsb yang sudah lumrah di masyarakat. Untungnya hidup di Indonesia adalah khasanah bahasanya yang luas.

3. Peribahasa.

Coba buka sarikata anda. Di daftar peribahasa, apakah anda bisa menemukan kalimat / kiasan / ungkapan (dalam bahasa apapun) yang pendek, lumrah dan aplikatif untuk nama domain?

4. Nama tokoh yang ikonik.

Era televisi dan internet memudahkan nama-nama sosok tertentu untuk jadi ikonik. Misalnya dengan trik ini, saya menemukan pahlawanbertopeng.com, lucu bukan?

5. Mixing.

Wiki, Pedia, dan Nesia adalah kata baru yang cukup aplikatif. Coba jadikan mereka prefiks/sufiks dengan ide anda.

6. Masih kesulitan?

Berikut adalah sejumlah tools yang dapat membantu anda: 10 Alat Bantu Memilih Nama Domain

7. Beli sekarang.

Karena anda tidak akan tahu apakah besok domain yang berhasil anda temukan lewat berbagai macam formula masih bisa didaftarkan, atau anda sudah didahului orang lain. Berikut sejumlah Tips Memilih Nama Domain yang harus anda ketahui sebelum membeli.

Asal Usul Tulisan Ini.

Jadi, ceritanya kemarin seorang rekan minta dicarikan nama domain. Syaratnya adalah nama domain yang digunakan harus terdiri dari 1 kata saja. Misalnya bisnis.com, kamus.com, toko.com. Maka tempat terbaik untuk mulai pencarian adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Satu per satu kata yang dianggap aplikatif kemudian dicari ketersediaannya.

Nah, di sinilah masalahnya. Hampir semua kata aplikatif dari A sampai Z yang terdapat di KBBI itu sudah tidak tersedia. Mulai dari sejumlah kata serapan dunia digital seperti kursor, metrik, vektor, histogram, spektrum, linear, genetik dan fantastik. Kemudian alat ukur seperti teleskop, barometer, teropong. Kemudian juga bangun ruang dan bangun datar seperti kubus, prisma, persegi, trapesium. Dan kata-kata ilmiah seperti senyawa, partikel, atomik. Hingga benda sehari-hari yang wajar namun jarang didengar seperti ketapel, piston juga tidak tersedia. Sempat terpikir pula nama-nama buah-buahan. Namun rupanya nama-nama buah sudah ludes.

Di antara nama tersebut, kebanyakan digunakan untuk praktek lease / dibooking dulu untuk dijual pada penawar tertinggi atau harga yang lebih mahal. Jadi, boleh-boleh saja kok jika anda ingin membelinya dengan harga yang lebih mahal.

Surprise!

Maka, melalui posting ini kami umumkan bahwa BISTIK.CO mulai hari Senin (27 Mei 2013) akan ganti ke nama domain baru. Yakni Mebiso.com sebagai brand image dari MediaBisnisOnline.com (keduanya aktif). Anda tetap dapat membukanya melalui alamat BISTIK.CO. Konten-konten di dalamnya tetap sama, yakni untuk elevasi website anda dari segi bisnis. Bahkan akan semakin dan semakin baik lagi. Jadi, jangan lewatkan ;-)

Loading...

1 komentar

  • 31 Mei 2017 - pukul 15:55

    Untung saya masih bisa mendapatka domain kiatrans.com, memang sulit kalau mencari domain .com

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *