Technology

Tahukah Anda, Menggunakan SSL Dapat Meningkatkan Kecepatan Akses Website?

 

Sehubungan dengan artikel sebelumnya “Pentingnya HTTPS (SSL) untuk Meningkatkan Rangking Website Anda di Google”, ada fakta menarik juga berkaitan dengan penggunaan SSL. Penggunaan HTTPS (SSL) ternyata juga dapat meningkatkan kecepatan dalam proses transfer konten suatu halaman website. Hal ini dikarenakan penggunaan SSL akan dapat memicu aktifnya protokol SPDY. SPDY adalah protokol yang sengaja dibuat oleh google untuk mempercepat akses halaman website. SPDY akan memanipulasi trafik HTTP dengan tujuan mengurangi load halaman web, dan meningkatkan keamanannya.

Apakah semua browser sudah mendukung SPDY?

Implementasi SPDY sendiri saat ini telah aktif pada sebagian besar browser yang biasa digunakan seperti chrome, chromium, firefox, amazon silk dan internet exporer. Oleh karena itu, penggunaan SSL akan sangat penting bagi website Anda.

Bagaimana SSL dapat memicu SPDY untuk mempercepat load website?

SPDY akan memprioritaskan dan melakukan multiplexing pada transfer pada resource web page sehingga hanya satu koneksi yang dibutuhkan. Header akan ditransmisikan dengan melakukan kompresi gzip atau deflate sesuai dengan design sistem.  SPDY memungkinkan browser untuk melakukan query untuk multiple objek dalam satu request yang mana hal ini dapat memacu performa yang lebih baik.

Apa yang perlu ditambahkan selain SSL?

Untuk dapat menggunakan SPDY, Anda perlu memastikan webserver yang Anda gunakan telah support SPDY. Penggunaan apache biasa tidak support untuk SPDY. Anda perlu menambahkan mod_spdy agar bisa mengunakannya.

Web server lain yang support untuk SPDY adalah nginx dan juga litespeed dan Anda tidak perlu menambahkan module apapun jika menggunakan web server ini. Sementara varnish hingga saat ini masih belum support untuk SPDY karena menggunakan algoritma yang berbeda.

Tetapi terlepas dari itu semua, bukanlah suatu kerugian untuk meningkatkan performa dan kemanan website kita, terlebih dengan kemudahannya dengan harga yang murah seperti di jagoanhosting.com. Jadi apa lagi yang perlu Anda pikirkan?

Link project SPDY

Baca juga:

Pentingnya HTTPS (SSL) untuk Meningkatkan Rangking Website Anda di Google

8 Tips Meningkatkan Kecepatan Website

Optimasi Penulisan Code untuk Maksimalkan Kecepatan Website


3 komentar

  • 1 Desember 2014 - pukul 19:23

    Pengen sih pake SSL, tapi ribet plus bayar jadi ogah hehe :D

  • 17 Desember 2014 - pukul 0:52

    Kalau untuk meningkatkan ranking dan security, iya perlu ssl. Tp kl bisa mempercepat masih ragu. Soalnya beberpa page sy yg pake ssl justru lebh lambat dari yg tidak pakai. Apa ada faktor lain mungkin ya?

  • 31 Maret 2015 - pukul 15:50

    Saya baru tahu kalau pake SSL bisa lebih cepat.
    Yang saya tahu sih lebih lambat klo SSL.
    Tetapi biar gimana saya senang blog kuliner saya sekarang pake SSL.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *