Running A Business

Tahukah Kamu Dimana Tempat Mendapatkan Pelanggan untuk Bisnis?

 
  • 84
    Shares

Internet adalah dunia yang sangat luas, sekalipun tidak seluas dunia yang sesungguhnya. Tapi apapun yang ingin kamu ketahui, saat kamu mau sedikit meluangkan waktu menjelajah internet, pasti kamu akan mendapatkan informasi itu. Awalnya yang hanya ada 1 situs di tahun 1991, sampai jadi lebih dari 1 milyar pada tahun 2014. Dan pasa saat yang sama, jumlah pengguna online pun telah melonjak lebih dari sepuluh kali lipat dari tahun 1999 sampai 2013.

Kalau kamu adalah seorang pemilik bisnis, tantangan yang harus kamu hadapi adalah mencoba dunia baru yaitu online. Mulai dari mempertontonkan produk di internet, mempromosikannya sampai dengan mencari pelanggan di dunia online. Pelanggan online harus benar – benar kamu cari sesuai target kamu, karena ini akan berpengaruh pada target penjualan kamu di dunia online.

Nah, sekarang kalau kamu bergerak di bidang online dan ingin mencari pelanggan yang jauh lebih banyak dari dunia online, maka kamu harus tahu dimana saja biasanya mereka berada. Dari situ kamu akan tahu strategi seperti apa yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk dan bisnis kamu.

Dimana ya kira – kira mereka bisa kita temukan?

1. Sosial media

Infografis: Shortcuts yang Akan Membantu Kamu Produktif Menggunakan Sosial Media

Jangan berpikir kamu sulit menemukan pelanggan dari sosial media. Sosial media yang sangat beragam menawarkan berjuta kemudahan bagi kamu untuk mendapatkan mereka. Menurut Content Marketing Institue, sosial media dan blog digunakan sebanyak 23% dari waktu yang digunakan oleh masyarakat untuk aktivitas onlinenya. Bukankah ini kesempatan buat kita untuk bisa mendapatkan pelanggan jauh lebih banyak dari sosial media.

Itu sebabnya hampir tidak ada pemilik bisnis online yang tidak menggunakan setidaknya 1 akun sosial media. Hampir semua sosial media digunakan untuk media promosi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh headphoneku.com, flashdiskkarakter.com, dan masih banyak lagi. Bisnis online memang harus mau menggunakan sosial media sebanyak mungkin. Tujuannya jelas untuk menjaring lebih banyak pelanggan baru untuk bisnisnya.

Dari sosial media kamu juga akan tahu kebiasaan dan apa yang sedang menjadi trend di kalangan pelanggan kamu. Dengan mudah kamu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada saat ini. Bisa jadi kita juga harus punya tim tersendiri untuk melakukan riset dan pengelolaan untuk akun sosial media bisnis kita. Jadi sebagai pemilik bisnis kita bisa fokus melakukan pengembangan dari segi sistem perusahaan dan lain sebagainya.

2. Blog

mebiso

Selain website, blog juga masih jadi kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk sebuah bisnis online. Kenapa blog? Saat sebuah bisnis menggunakan blog dan memposting konten selaras dengan bisnis kamu, maka setiap pengunjung, pemberi komentar dan komunitas kamu juga akan sesuai dengan bisnis kamu. Ini akan memberikan kamu peluang untuk mendapatkan target pelanggan yang jauh lebih besar lagi.

Dalam blog bisnis kamu, jangan pernah mempromosikan barang jauh lebih banyak dari website yang kamu miliki. Ini akan jelas mengganggu pembaca blog. Arahkan mereka dengan startegi softselling. Banyak pemilik bisnis online yang merambah dunia blog untuk memperluas jangkauan mereka dalam upaya mendapatkan pelanggan baru.

3. Newsletter

Logo Beon-Email Marketing Holiday

Tidak banyak memang yang menggunakan teknik ini. Tapi mereka yang sudah menggunakannya, juga merasa terbantu untuk mendapatkan pelanggan baru. Newslette biasanya dikirim melalui permintaan dari pengunjung website atau blog kita, dan melalui persetujuan kita. Newsletter biasanya berisi informasi seputar bisnis kita, katalog produk bahkan sampai tips dan informasi seputar dunia bisnis.

Bagi mereka yang tertarik dengan bisnis kita, sekalipun belum menjadi pelanggan bisa menjadi salah satu yang mensubscribe newsletter kita. Dari situ kita bisa mendapatkan informasi seperti nama, email, nomor telepon dan lain sebagainya. Saat kita mendapatkan data tersebut, kita bisa menawarkan kepada mereka untuk menjadi pelanggan kita. Gembilfactory.com dan Jual-kacamata.com adalah contoh yang menggunakan Newsletter sebagai media untuk menjaring dan mendekatkan diri dengan pelanggan.

Sebenarnya masih banyak lagi media yang bisa membantu kita mendapatkan pelanggan untuk bisnis jauh lebih banyak lagi. Mulai dari promosi offline dengan brosur, mengikuti pameran, bazar bahkan melalui business networking yang lain. Hanya tergantung kita saja mau menggunakan media yang mana untuk bisnis kita. :)

Lalu apa yang kamu biasa gunakan untuk menjaring pelanggan lebih banyak lagi?


  • 84
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *