Jagoan Hosting Web & Teknologi

Tak Kenal Usia untuk Berkarya: Inilah Masako Wakamiya, Programmer Tertua di Dunia

 

Mungkin kamu sudah pernah membaca profil programmer termuda, terhandal, ataupun terkenal di dunia. Tapi kalau programmer tertua di dunia?

Memang usia tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk meraih keberhasilan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Masako Wakamiya, seorang pensiunan berusia 82 tahun yang berhasil menjadi salah satu software programmer tertua di dunia.

Nah, kisah inspiratif ini akan Jagoan Hosting bagikan agar kamu semua bisa memotivasi diri sendiri ya!

Bagaimana Masako Wakamiya bisa menjadi programmer tertua?

Masako Wakamiya pertama kali belajar komputer di usianya yang sudah tidak muda lagi, yaitu 60 tahun.  Namun, berkat kegigihannya itu membuat dirinya menjadi peserta dan bertemu dengan Tim Cook, CEO Apple dalam Apple’s Worldwide Developers Conference pada tahun 2017.

Seperti yang diungkapkan oleh Masako, dirinya sebenarnya hanya mencoba mengisi waktu kosong dengan belajar komputer setelah pensiun dari pekerjaannya sebagai clerk di sebuah bank di Tokyo.

Pada saat pensiun, Masako belum pernah sama sekali memegang komputer. Kemudian ia membeli satu unit komputer untuk mempelajarinya dan dalam waktu tiga bulan saja Masako mulai terkoneksi secara online dengan dunia digital.

Berawal dari Excel hingga ciptakan Hinadan

programmer tertua di dunia
www.news.nestia.com

Pertama kali, Masako mempelajari aplikasi Excel, sambil terus belajar ia dengan cepat beralih dari murid menjadi guru dan membimbing para senior lainnya dalam penggunaan komputer dan software.

Jadi, dibanding menghabiskan banyak energi untuk hal yang sia-sia, Masako lebih suka untuk mempelajari hal baru yang bisa menjadikan dirinya lebih bermanfaat.

Namun demikian usahanya untuk belajar komputer tidak selalu berhasil, terlebih saat dirinya mulai mengajari Excel kepada teman-temannya. Mereka tidak terlalu menyukainya karena terlalu rumit. Agar lebih user-friendly dia mulai menggunakan program untuk menciptakan seni dan mulai mengajari temannya.

Ia meminta seseorang programmer untuk membuatkan lebih banyak aplikasi maupun game yang menarik untuk orang yang sudah berusia lanjut, tapi juga kurang mendapat respon.

Kemudian ia mulai memberanikan diri untuk mempelajari pemrograman, membeli buku-buku pemrograman, dan berkonsultasi dengan seorang programmer yang tinggal di sebuah kota yang cukup jauh melalui jaringan Facebook Messenger dan Skype.

Akhirnya, ia berhasil membuat aplikasi permainan yang diberi nama Hinadan dan telah dilihat sebanyak 1 juta kali dengan download sudah lebih dari 53 ribu! Aplikasi ini adalah permainan di mana si pengguna harus mendekorasi dan mengatur serangkaian boneka untuk Hinamatsuri, yaitu festival hari boneka tradisional yang dirayakan di Jepang.

Perjumpaan Tim Cook dan sang programmer tertua di dunia

programmer tertua di dunia
www.asia.nikkei.com

Berkat aplikasinya itu, Masako bertemu dengan orang-orang dari Apple Jepang. Bahkan mereka mengundangnya untuk bertemu Tim Cook di Amerika. Hingga pada akhirnya Masako mulai dikenal luas di seluruh Jepang dan dunia.

Dan yang membuatnya lebih bahagia adalah ketika mengetahui bahwa orang-orang menyukai aplikasinya serta menganggapnya bermanfaat dan menyenangkan untuk dimainkan. Itulah sebabnya kini Masako tengah mengembangkan versi bahasa Inggris agar mudah diterima oleh negara lain.

Nah, gimana Sob, nenek Masako Wakamiya ini? Hebat, kan?

Bagi programmer yang masih muda, bisa banget loh mengasah kemampuan programming kalian dengan membuat website sendiri dan memasukkan portofolio di dalamnya! Itung-itung untuk mempromosikan kemampuan diri dan menambah peluang kerja kalian di dunia programming, Sob.

Tapi yang paling penting, untuk membuat website adalah kamu harus mencoba berlangganan produk Jagoan Hosting yang satu ini. Cloud Hosting terbaik ini mendukung kinerja website kamu! Selain itu kamu juga bisa mengatur sendiri spesifikasi hosting yang diinginkan dengan Hosting Mix&Match dari Jagoan Hosting.

Khawatir soal bandwidth? Tidak perlu lagi, Sob, karena semua produk dari Jagoan Hosting memiliki paket unlimited bandwidth agar website milik kamu merespon dengan cepat dan load dalam waktu yang singkat!

Yuk, buat portofolio dan menguploadnya di website pribadi! Jangan sampai kalah sama nenek Masako Wakamiya ya, Sob!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *