Insider

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mencari Inspirasi Usaha

 

Loading...

Cara Mencari Inspirasi Usaha – Ingin mulai berbisnis namun masih bingung hendak berbisnis apa? Berusaha mencari-cari inspirasi usaha namun tak kunjung menemukan ide yang pas? Tenang, Anda pasti bisa melewati fase ini. Temukan inspirasi usaha dengan menerapkan cara-cara berikut ini!

Berbagai cara mencari inspirasi usaha

1. Eksplor passion yang Anda miliki

Sekarang, cobalah untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut. Menurut Anda, hal-hal apa saja yang menyenangkan untuk dilakukan? Atau, berdasarkan pengalaman kerja Anda sebelumnya, apa saja hal yang Anda senangi?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat mencerminkan passion yang Anda miliki. Passion adalah sesuatu yang menarik minat Anda dan menjalaninya mendatangkan kepuasan tersendiri.

Tentu saja, Anda bisa mengembangkan suatu usaha dari passion yang Anda miliki. Bahkan, banyak orang yang terjun ke dunia bisnis karena ingin mengejar passion. Misalnya saja, Anda senang membuat dessert atau kudapan. Mengapa tidak membuat usaha berjualan aneka menu dessert?

2. Kenali kelebihan diri

Setiap individu pasti memiliki suatu kelebihan diri. Kelebihan diri tersebut dapat berupa berbagai hal, mulai dari wawasan, skill atau kemampuan, hingga keahlian. Coba amati pengalaman bekerja Anda sebelumnya, hal-hal apa yang Anda kuasai?

Sama halnya dengan passion, kelebihan diri juga dapat dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis. Anda dapat mengembangkan produk atau menawarkan jasa sesuai dengan kelebihan yang dimiliki. Siapa tahu, kelebihan yang kita miliki dapat meringankan permasalahan orang lain, bukan?

3. Temukan solusi atas suatu masalah

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap menemui masalah. Entah itu hal sepele hingga hal besar, kita tidak bisa lepas sepenuhnya dari masalah. Kita selalu membutuhkan solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Oleh karenanya, tak jarang kita menjumpai ide bisnis yang problem-focused, alias berangkat dari suatu masalah. Solusi atas suatu masalah kemudian diolah dan dikembangkan menjadi bentuk bisnis tertentu.

Coba pikirkan akan masalah yang sering Anda jumpai. Kira-kira, solusi apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Beberapa masalah mungkin nampak sudah memiliki solusi, namun kita masih bisa mencari celah. Kira-kira, adakah solusi yang lebih baik dari solusi sebelumnya? Jika jawabannya adalah ya, bagaimana?

4. Pantau tren yang sedang populer

Perhatikan hal yang sedang populer akhir-akhir ini. Sesuatu yang menjadi tren sangat bisa dimanfaatkan untuk ladang usaha. Contoh nyatanya, semenjak pandemi hobi berkebun pun jadi populer di masyarakat. Anda bisa memanfaatkan celah tersebut, misalnya saja dengan berjualan bibit tanaman.

Tren bisa diamati di mana saja, dengan memerhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar, membaca berita, mencari tahu film atau musik terbaru, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mengamati tren.

Yap, beberapa forum online kerap digunakan untuk berdiskusi dan membahas berbagai topik. Anda bisa mengamati tren, momen, atau permasalahan yang sedang populer dibahas di berbagai forum tersebut. Cukup praktis, bukan?

5. Membuat survey

Masih bingung ingin membuat usaha seperti apa? Atau, sudah punya ide usaha, namun masih ragu apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat? Daripada terus-menerus bertanya, Anda bisa mencoba untuk menemukan jawaban, dengan cara membuat survey.

Yap, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan data dari masyarakat. Susunlah beberapa pertanyaan yang kiranya dapat membantu Anda meramu ide usaha, kemudian sebarkan survey tersebut.

Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis dan kewirausahaan hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *