Interviews

Tak Tamat Manajemen Bisnis, Christallia Maha Chandra Sukses dengan Duniapernik.com

 
  • 7
    Shares

   

Mantan siswa Young Entrepreneur Academy(YEA Bandung) ini memiliki hobi dan juga usaha yang sangat unik. Christallia Maha Chandra seorang wanita kreatif yang kini sibuk mengembangkan bisnis di bidang online. Passion yang membawanya bersikeras untuk langsung terjun menjadi seorang entrepreneur sekalipun saat itu ia masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi Jurusan Manajemen Bisnis, Universitas Kristen Petra Surabaya. Hingga akhirnya iapun memilih untuk keluar dan masuk menjadi salah satu siswa di Young entrepreneur Academy Bandung.

Kini melalui Duniapernik.com ia mencoba mengenalkan kepada masyarakat bahwa produk – produk unik juga harus memiliki tempat penting. Seperti apa kisahnya? Ini dia :)

Bagaimana sih awal mula ibu bisa tertarik dengan bisnis online ini dan menjual produk yang cukup unik?

Mungkin Berawal dari pengaruh kakak sepupu saya Lie Hwa yang mengelola toko Pita Import di Surabaya. Kebetulan juga karena saya tidak mau melanjutkan usaha orang tua (buka toko), dan saya orang yang tidak bisa diam, Hobi jalan-jalan dan beli barang lucu-lucu, akhirnya saya memutuskan untuk tidak membuka toko dan berbisnis Online. Sekalipun saya merasa waktu di masa muda yang seharusnya bisa digunakan untuk bersenang – senang dengan teman, tapi sudah harus memikirkan bisnis, saya merasa senang dan bangga bisa melakukannya.

Nah, Duniapernik.com ini sendiri ide bisnisnya dari mana? Apa dari hobi Ibu sendiri?

Duniapernik.com

Duniapernik.com

Dunia Pernik berawal dari kecintaan saya terhadap aksesoris pernak pernik lucu, hobi saya terhadap dunia DIY Craft, membuat aksesoris Rambut, dan scrapbook, sehingga saya menyadari betapa susahnya memperoleh bahan- bahan yang berkualitas dengan harga yang murah, sehingga timbullah keinginan untuk menjual dan membantu para crafter untuk mengembangkan usahanya dalam pencarian bahan- bahan craft, bahan scrapbook, bahan pembutan flower crown,bahan brokat headpiece, dan bahan aksesoris lainnya yang unik dengan harga yang murah.

Dunia Pernik ini merupakan Pusat Pernak Pernik Import Berkualitas yang menjual berbagai pernak pernik seperti Bahan DIY Craft (Frame Kits, Scrapbook Kits, Craft Kits, DIY kits), Bahan Hiasan Craft dan Scrapbook (Sticker, Resin, dan Aplikasi lainnya), Pernik Bahan Bunga (Bahan membuat Flower Crown dan Aksesoris Bunga), pernik bahan brokat (bahan pembuatan Headpiece, kebaya dan aksesoris lainnya), Craft Tool kits (Alat pembuatan Kerajinan), dan pernik bahan aksesoris lainnya.

Semua Produk Di DuniaPernik.com Ready Stock di import langsung dari China dan Hongkong. Karena kami Firsthand dan semua barang kami Import langsung, tentunya kami dapat menjual Grosir Pernak pernik kami dengan harga murah dan cocok untuk dijual lagi.

Apa kesulitan menjual produk import ini? Dan apa cara yang Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Karena produk kami produk import, jadi kami selalu berusaha memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang murah tapi bukan barang murahan. Lebih kepada menciptakan kepercayaan kepada pelanggan dengan produk kami. Dan untuk itu, kami mulai mengembangkan bisnis online ini dengan menggunakan beberapa media online, seperti social media dan juga marketplace, seperti Tokopedia, Blog, Facebook, Instagram, dan social media lainnya. Dan karena online, produk kami sudah tersebar hampi di seluruh wilayah Indonesia.

Sampai saat ini kebanyakan pelanggan suka dengan produk DIY craft kits (Paket bahan lengkap sekaligus hiasannya untuk membuat craft), seperti scrapbook kits atau frame kits mungkin karena praktis, lengkap dan kreatif.

Menurut Ibu apa sih yang membuat Duniapernik.com ini berbeda dari toko lain di luar sana?

Yang pasti karena produk kami unik, Kreatif dan Berkualitas. Banyak DIY Craft Kits, maupun pernak pernik lainnya yang jarang dijumpai pada toko online maupun offline lainnya. Bisa jadi itu juga menjadi prestasi bagi kami. Bagi kami, Prestasi Terbaik mungkin diliput oleh beberapa majalah tentang pernak pernik natal dan aksesoris lainnya di beberapa majalah.

Selama menjalankan bisnis ini, pengalaman paling berkesan bagi Ibu apa nih? Dan apakah itu berdampak untuk keinginan mengembangkan bisnis ini jauh lebih besar lagi?

Pernah Mensupply Toko Grosir ke luar pulau Sumatera untuk pembelian DIY Craft dan Bahan Craft yang setelah di total mencapai 30an kg beratnya, karena kurir penuh dan kami tidak bisa mengangkat barang karena beratnya, kami sampai mengirimnya dengan bantuan becak ke ekspedisi.

Tentu saja, Rencananya kami juga akan mengembangkan bisnis ke aksesoris pesta/aksesoris yang siap dipakai yang sudah kami jalankan (www.AksesorisPengantin.com) dan kami juga akan mengembangkan ke beberapa bahan untuk aksesoris baju pesta, aksesoris rambut pesta, dan bahan kerajinan lainnya.

Karena bagi kami, ruang lingkup market kami yang besar lebih ke pembuat craft, para kreatif, trendsetter, dan hobi Crafter. Dunia Pernik hadir dengan pernak pernik yang unik dan barang yang terus berkembang yang menjadikan kreatifitas mereka dapat terus maju dan berkembang

Menjadi pemilik bisnis online yang cukup unik dan berbeda, apa kesulitan Ibu?

Salah satu tantangan dan kesulitan yang pernah kami hadapi adalah mengedukasi pasar dikarenakan banyaknya pernak pernik baru yang jarang ada bahkan belum ada di pasaran. Solusi yang kami lakukan adalah menyediakan gambar sedetail mungkin tentang isi produk dan bahan, serta contoh pembuatannya dan hasil pembuatannya (Contoh pada DIY Craft Kits) sehingga customer mendapatkan gambar lengkap tentang produk dan dapat berkreasi lebih kreatif.

Nah, begitulah kutipan interview yang kami lakukan dengan pemilik Duniapernik.com. Wanita yang sangat mengidolakan sosok Marry Riana ini akan terus mengembangkan bisnis onlinennya. Baginya tekad yang kuat, strategi yang terarah dan kedekatan pada Tuhan lah yang akan membantu jalannya. Ia pun merasa tekad yang kuat di dalam diri manusia adalah senjata yang ampuh untuk membuat kita bangkit dan kembali berdir tegak walaupun mengelami kegagalan.

Lalu bagaimana dengan Anda?

                              
Loading...

  • 7
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *