Technology

Tampilan Website Paling Terkenal di Dunia Ketika Pertama Kali Diluncurkan

 

Loading...

Sejak munculnya internet di tahun 90an, perkembangan website tidak menunjukkan sedikitpun tanda adanya penuruan. Kita telah melihat lahirnya dan evolusi dari berbagai wesite seperti mesin pencari, sosial media, toko online, sampai hiburan video online telah berkembang menjadi hal tak terpisahkan dari keseharian kita. Sulit untuk membayangkan website tersebut dulunya seperti gambar coretan yang tidak jelas di selembar kertas, atau hanya gagasan dari seorang mahasiswa 19 tahun.

Dan dengan bantuan tool yang bernama Wayback Machine, yang menyimpan screenshot dari berbagai website paling banyak dikunjungi di Amerikat Serikat. Anda dapat melihat tampilan website tersebut ketika pertama kali diluncurkan hingga sekarang menjadi website yang paling terkenal di dunia.

Berikut ini adalah tampilan website-website paling terkenal di dunia ketika pertama kali online di internet:

1. Google

1_google

Dibuat oleh oleh 2 mahasiswa Stanford, Sergey Brin dan Larry Page. Google resmi diluncurkan pada 4 September 1998. Pertama kali online tampilan google memang sudah simple, karena founder nya sendiri kurang mengusai HTML dan akhirnya memilih desain yang paling cepat mereka bisa kerjakan.

2. Youtube

2_youtube

Mesin pencari terbesar kedua setelah Google ini, pertama kali diluncurkan pada Februari 2005 dengan tampilan home kosong tanpa satupun video. Dan video yang pertama kali diunggah di YouTube dibuat oleh founder nya sendiri, Jawed Karim yang dia beri judul “Me at the Zoo”. Video berdurasi 19 detik ini menampilan Jawed sedang melihat gajah di kebun binatang San Diego.

3. Facebook

3_facebook

Facebook yang dulunya mempunyai nama Thefacebook, dibuat oleh Mark Zuckerberg pada Februari 2004. Tampilan aslinya mengindikasikan bahwa website hanya digunakan untuk kalangan mahasiswa Universitas Harvard, terdapat gambar wajah pria di sudut kiri atas, foto tersebut adalah dari Al Pacino yang di edit. Walaupun dulu seperti itu, sekarang pengguna aktif facebook mencapai kurang lebih 1,310,000,000 orang dari seluruh dunia.

4. Twitter

4_twitter

Desain yang hamper tidak bisa dikenali ini adalah konsep yang pertama kali dibuat oleh pendiri Twitter, Jack Dorsey pada bulan Juli 2006. Homepage kala itu menampilkan kata “twttr” yang terinspirasi dari Flickr dan SMS Shortcode (yang selalu meliputi lima karakter). Meskipun desain Twitter telah berubah setidaknya enam kali sejak pertama kali diluncurkan, yang tak terelakkan adalah fakta bahwa Twitter memiliki pengguna lebih dari 645,750,000 juta orang.

5. Yahoo

5_yahoo

Akronim untuk “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Yahoo adalah produk dari duo Stanford lain, Jerry Yang dan David Filo. Pada Maret 1995 situs itu digembar-gemborkan sebagai panduan navigasi pertama secara online ke web. Tampilan asli Yahoo menampilkan bar pecarian sederhana dan hyperlink menuju website lain, tapi segera berubah menjadi website yang lebih manis dan menjadi akhirnya situs portal berita.

6. Amazon

6_Amazon

Kiblat dari tren belanja online ini resmi diluncurkan pada tahun 1995, ketika itu Amazon hanya sebuah toko buku online seperti pada umunya. Website asli Amazon hanya memuat teks kecil dan icon, yang masih terbawa pada desain website yang sekarang.

7. NYTimes

7_nytimes

Ketika sejarah dari media publikasi bentuk cetak datang pada tahun 1851, kemudian versi website datang pada tahun 1996. Seperti yang Anda lihat, tampilan website NYTimes memiliki halaman web yang kecil dan hanya memiliki satu foto. Sangat berbeda dengan sekarang yang memiliki banyak sekali gambar di dalamnya.

8. My Space

8_myspace

Diluncurkan pada Agustus 2003 sebagai competitor Friendster. Desain asli MySpace bisa dibilang cukup hambar. Ketika MySpace melejit di tahun 2005 dan 2008, News Corp membeli situs jejaring sosial tersebut dengan harga 580 juta dollar. Meskipun pernah memegang gelar situs paling sering dikunjungi di internet, popularitas MySpace menurun tajam beberapa tahun kemudian. Dan akhirnya dijual kepada Specific Media dan Justin Timberlake 35 juta dollar.

9. Bonus: BEON

Begitupun dengan website BEON yang punya ceritanya sendiri ketika pertama kali diluncurkan. Pertama kali online bersamaan dengan ulang tahun JagoanHosting, dan peresmian kantor BEON Malang pada tanggal 9 Januari 2014. Versi pertama website BEON menampilkan gambar server dan teks iklan Unlimited Hosting Murah, serta empat bagian warna-warni yang berfungsi sebagai tombol.

9_BEON_V1

Dan pada tanggal 1 Maret kemarin, website versi kedua resmi diluncurkan. Mempunyai tampilan yang lebih professional dengan konten original, yang diharapkan bisa lebih mengenalkan kepada BEONERS (sebutan untuk klien BEON) siapa BEON. Karena BEON adalah “Your Best Online Partner” yang selalu mengerti kebutuhan online Anda.

9_BEON_V2

source : Mashable
Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *