Interviews

Tees.co.id, Bisnis Kreatif dengan Segudang Prestasi ala Aria Rajasa Masna

 
  • 5
    Shares

   

Tees.co.id bukan hanya sekedar toko online yang menjual berbagai macam merchandise, karena Aria Rajasa Masna(30) menciptakan Tees.co.id dengan tujuan untuk menampung banyak pengusaha kreatif yang memiliki keterbatasan dalam menyalurkan bakat dan mendapatkan pemasukan dari kreativitasnya. Banyak cerita dibalik kesuksesan Bapak Aria mendirikan Tees.co.id hingga akhirnya sukses dengan berbagai prestasinya. Dan berikut inilah cerita yang telah dibagi oleh pria lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia ini:

produk tees

Halo Bapak Aria, Bisa diceritakan tentang awal Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Saya pertama kali berkenalan dengan dunia enterpreneurship sejak saat kuliah. Sejak berkenalan dengan pensil dan buku gambar di waktu kecil, saya terpikat dengan dunia desain, sehingga pada saat kuliah pun saya sudah mulai mencari pekerjaan sambilan di hal-hal terkait dengan itu. Akhirnya saya lebih banyak fokus pada web design, karena masih sesuai dengan sebagian topik kuliah saya.

Pada saat lulus, saya memantapkan diri untuk meniti karir sebagai enterpreneur. Kebetulan sudah punya sedikit tabungan hasil sering bekerja sambilan saat kuliah, dan saya berpikir untuk memulai usaha di bidang web design tidak membutuhkan modal yang besar. Bersama beberapa teman, akhirnya saya merintis Rajasa Web and Graphics, sebuah perusahaan IT dan design, sekaligus perusahaan pertama saya. Sejak itu saya membuat beberapa perusahaan lainnya sebelum akhirnya menetapkan diGantibaju.com dan Tees.co.id.

Menjadi seorang entepreneur saya juga sempat mengorbankan beberapa hal dalam hidup salah, yang pertama mungkin dari sisi waktu. Membangun bisnis dan brand dari nol itu tidak gampang, dan saya baru benar-benar menyadarinya setelah saya terjun di dalamnya. Di saat mungkin banyak orang terpaku oleh jam kerja 9 to 5, seringkali di masa-masa awal berdirinya perusahaan, saya bekerja tidak mengenal waktu.

Nah, sekarang bisa dijelaskan apa itu Tees.co.id? Dan produk apa yang Anda tawarkan disini?

Tees.co.id adalah sebuah on-demand merchandise marketplace, dimana setiap orang bisa membuat toko atau memesan sendiri custom merchandising dalam bentuk termasuk kaos, jaket, canvas print, casing handphone, dan masih banyak lagi.

Latar belakang berdirinya Tees.co.id ini sendiri dimulai dari pemikiran saya mengenai seiring berjalannya karir dan usaha, saya bertemu dengan banyak orang kreatif di Indonesia, yang seringkali memiliki keterbatasan dalam menyalurkan bakat dan mendapatkan pemasukan dari kreativitasnya itu. Makanya saya kemudian tertarik untuk menciptakan sebuah platform yang dapat mendorong siapa saja yang punya keinginan, tidak harus berbakat lho, untuk merintis bisnis dan berjualan produk-produk yang memanfaatkan hasil kreativitasnya.

Lalu, bagaimana Anda memasarkan bisnis ini?

Pemasaran lebih banyak dilakukan secara online, selain untuk menghemat biaya, juga karena kami melihat potensi yang luar biasa dari sini. Pendekatan banyak kami lakukan menggunakan berbagai social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain sebagainya.

Bersaing dengan harga dan kualitas produk, bagaimana Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk di Tees.co.id ini?

Orang akan berani membayar harga untuk kualitas produk yang sesuai. Itu sudah menjadi rahasia umum. Penciptaan produk pun pastinya membutuhkan proses, dimana kunci utamanya adalah riset lalu trial and error. Kami melakukan penghitungan harga, disamping dengan mengukur dari harga produksi, tentunya juga melihat tren harga yang ada di pasaran. Dari sana, kami senantiasa melakukan perbaikan kualitas produk sembari jalan.

Sampai saat ini, kaos masih menjadi produk yang paling populer. Multifungsi dan dapat dipakai oleh berbagai kalangan tampaknya membuatnya menjadi populer. Terlebih lagi, kaos merupakan varian produk pertama yang kami rilis, sehingga koleksi yang sudah tersedia pun mencapai puluhan ribu.

Sentuhan apa yang Anda berikan untuk membuat Tees ini lain dari bisnis yang serupa?

Saya cukup pede bahwa apa yang kami lakukan ini merupakan salah satu yang pertama di Indonesia, dan kami (saya dan tim) sangat passionate dengan ini. Aset utama kami adalah kedekatan dengan komunitas, yang terbentuk setelah bertahun-tahun berkecimpung dalam industri kreatif ini, dan expertise dalam bidang produksi, yang didukung oleh partner-partner saya yang juga berpengalaman di bidangnya.

Selama berjalannya bisnis ini, prestasi terbaik apa yang pernah Anda capai?

Tahun 2010, usaha saya Gantibaju.com meraih penghargaan sebagai best startup in Indonesia di ajang SparxUp Award dan Best Business dari majalah Swa di tahun 2011. Sementara tahun 2012, saya terpilih sebagai pemenang di ajang International Young Creative Enterpreneur untuk Indonesia yang diselenggarakan British Council di kategori Fashion. Setelah itu juga mendapatkan The Marketeers Top 100 Most influencal Youth, Women, Netizen 2011.

Wah, hebat sekali Pak. Lalu pengalaman apa yang paling berkesan menurut Anda selama menjalani bisnis ini?

It’s been a roller coaster ride, banyak senangnya dan banyak juga sedihnya. Tidak ada spesifik momen si, tapi menjalankan bisnis yang saya sangat passionate itu sangat menyenangkan. I’m going after my dream and that’s priceless.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Pasar di Indonesia saya pikir memiliki perkembangan yang sangat bagus, khususnya untuk pasar e-commerce. Dari sisi pertumbuhan pengguna Internet maupun nilai pembelanjaan online, pertumbuhan di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi. Mungkin saat ini masih banyak issue yang muncul terkait dengan kepercayaan dan keamanan, tetapi seiring dengan semakin mudahnya akses Internet di berbagai daerah, pelaku bisnis akan semakin menyadari pentingnya menjaga trust tersebut, sehingga lambat laun akan tercipta ekosistem digital commerce yang sehat di Indonesia.

Tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi?

Banyak sekali tantangan dan kendala yang pernah saya hadapi. Masalah keuangan, harmonisme dengan rekan sekerja, sampai masalah kesehatan. Kuncinya adalah (1) Jangan biarkan emosi mengendalikan keputusan yang Anda ambil, dan (2) yakini apa yang Anda lakukan. Kalau tidak yakin, jangan lakukan. Sejak terjun menjadi wirausaha, saya yakin bahwa ini adalah jalan hidup yang terbaik buat saya, dan itu memberikan saya kekuatan untuk senantiasa berusaha keras dan melalui semua tantangan yang muncul.

Lalu apa rencana Anda kedepannya dalam mengembangkan bisnis?

Kunci dari survival bisnis yang saya pelajari adalah dengan tetap berinovasi. Saya tidak ingin berpuas diri dan pastinya akan terus belajar mengembangkan bisnis, baik dengan mengadopsi teknologi baru, atau menerapkan strategi-strategi khusus, tapi harapan saya adalah membawa Tees.co.id menjadi yang terdepan untuk custom merchandising tidak hanya di Indonesia, tapi juga Asia.

Menjadi seorang wirausaha tentu Anda memiliki motivator dalam hidup Anda, siapa beliau?

Jeff Bezos pernah berkata seperti ini “if you never want to be criticized, for goodness’ sake don’t do anything new”.

Untuk yang terakhir Pak, saran apa yang dapat Bapak sampaikan kepada enterpreneur di luar sana?

Cukup singkat ya, “Fail Fast, Fail Early”.

Wah terimakasih untuk wawancara singkat namun berkesan ini Pak. Semoga cerita Bapak bisa bermanfaat bagi para pembaca. Dan semoga Bapak beserta Tees.co.id sukses selalu :)

                              
Loading...

  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *