Running A Business

Teknik Mempromosikan Bisnis Tanpa Menggunakan Social Media, Bisa?

 
  • 4
    Shares

   

Pernahkah Anda tepikir untuk benar-benar lepas dari sosial media? Sedangkan tidak ada satu menitpun yang bisa kita lewatkan tanpa mengecek akun sosial media. Terlebih saat teknologi benar-benar memanjakan kita dengan berbagai bentuk, merek dan kecanggihan Smartphone yang ada. Sehingga semakin hari kita akan semakin bergantung dengan sosial media.

Termasuk dalam urusan bisnis. Sosial media banyak digunakan sebagai media promosi berbagai bisnis. Bukan hanya bisnis online, kini bisnis offlinepun juga banyak melakukan promosi di sosial media.

Apakah Anda salah satu diantara mereka yang sangat bergantung dengan sosial media terlebih untuk berbisnis? Jika iya, maka kini saatnya Anda mmeperhatikan dan terus membaca artikel ini.

Di dalam artikel ini akan dibahas teknik promosi yang bisa Anda lakukan tanpa selalu menggunakan sosial media. Sebab sebenarnya sekalipun Anda berjualan online, ada banyak tools atau media yang bisa Anda gunakan untuk membantu kesukesan upaya promosi bisnis Anda.

Lalu apa saja?

1. Merek produk di Website

Tidak ada bisnis online yang mahir menjual dan mempromosikan bisnisnya ketika mereka tidak memiliki merek. Terlebih mereka tidak memiliki webste resmi. Kenapa? Sebab masyarakat di Indonesia masih sangat rentan terhadap rasa khawatir akan penipuan.

Ketika Anda sudah memiliki merek produk atau bisnis, segera aplikasikan di dalam website yang lebih profesional. Dengan nama domain sesuai dengan merek tentu akan membuat pelanggan Anda menjadi lebih percaya. Terlebih ketika Anda memberikan informasi tentang pelayanan pelanggan di website. Mereka tentu akan menjadi semakin percaya dan yakin bahwa bisnis online Anda benar-benar terpercaya.

Bila Anda tidak memiliki keahlian dan waktu untuk membuat website sendiri, Anda bisa berlangganan website profesional di Jagoanstore.com. Dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda untuk mempromosikan produk Anda, membuat pelanggan Anda mudah untuk melakukan order bahkan memberikan Anda kemudahan untuk melayani pelanggan melalui fitur livechat yang bisa ditambahkan. Bahkan untuk mempromosikan website ini, Anda pun juga mudah melakukan optimasinya sendiri. Terlebih dengan fitur SEO yang akan membantu website Anda untuk lebih mudah diindex oleh Google.

2. Email marketing

Selain menciptakan merek dan website profesional untuk toko online Anda, Anda juga bisa menggunakan media lain untuk mempromosikan bisnis Anda. Email marketing bisa menjadi salah satu media yang mudah untuk Anda gunakan. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah newsletter yang berisi promosi produk, katalog produk bahkan tips seputar bisnis Anda.

Setiap orang yang menggunakan internet sebagai media informasi dan komunikasi pasti memiliki akun email. Ini bagus untuk pemilik toko online yang ingin mempromosikan bisnisnya. Anda bisa memberikan form berisi penawaran newsletter di website. Ketika pengunjung yang datang mengisi form tersebut, Anda bisa langsung mengirimkan newsletter atau email marketing lainnya. Tapi ingat, email yang dikirim jangan pula hanya berisi tentang produk dan promosi bisnis Anda. Berikan mereka informasi ataupun pengetahuan yang memang bermanfaat dan tidak mengganggu. Dengan begitu mereka tidak akan melakukan Unsubscribe newsletter di website kita.

Anda bisa menggunakan teknik digital marketing dan copywriting untuk membuat konten email marketing yang menarik dan sulit ditolak. Anda pun bisa mempelajari alasan dan cara bagaimana membuat email yang langsung dibaca di artikel berikut ini.

email Marketing

3. Event

Jangan cepat puas ketika bisnis Anda memiliki banyak pelanggan, Anda juga bisa meningkatkan upaya untuk mendapatkan pelanggan lainnya dengan mempromosikannya di berbagai event. Event seperti seminar, workshop, pameran atau bazar bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda.

Sekalipun bisnis Anda adalah bisnis online, Anda bisa memaksimalkan program promosi melalui media ini. Seperti pada seminar Diskusi Toko Online yang rutin diadakan oleh Jagoanstore.com. Di dalam acara ini setiap peserta yang hadir bebas mempromosikan bisnisnya kepada peserta lainnya. Selain itu mereka juga bisa membagikan merchandise dan bahkan brosur sekalipun untuk meningkatkan upaya promosi bisnisnya.

Siapa sangka promosi seperti ini sangatlah efektif untuk meningkatkan leads dan mendatangkan pelanggan bagi bisnis online. Anda patut mencobanya!

4. Program referral

Selain ketiga cara diatas, Anda juga bisa mempromosikan bisnis melalui program referral. Dengan membuat orang baru datang ke website Anda dari sumber yang banyak dan berbeda, tentu akan memudahkan upaya Anda untuk mempromosikan bisnis ini. Sistem reward bisa membuat orang tertarik, lebih lagi dengan hadiah yang Anda tawarkan.

Program ini bisa menjadi program yang menarik bagi pengunjung. Contohnya saja ketika Anda meminta memasang banner atau logo di dalam media mereka dan diberi link yang mengarah ke website Anda. Dengan begitu jumlah pengunjung website Anda akan jelas bertambah. Ini akan membantu Anda meningkatkan leads di website bukan?

5. Masuk dalam berbagai komunitas

Yang terakhir adalah cara yang memang harus Anda lakukan ketika sudah memiliki sebuah bisnis. Demi menambah jumlah relasi, Anda bisa mulai mengikuti berbagai komunitas atau grup yang sesuai dengan bidang Anda. Tentu saja di sini Anda bisa menambah ilmu yang berbeda-beda dari banyak orang yang ada. Saling berbagi pengalaman bahkan saling mempromosikan diri juga mudah Anda lakukan.

Berbagai cara di atas adalah solusi ketika sosial media dirasa kurang untuk upaya promosi bisnis Anda. Dengan menggunakan 5 media ini, Anda bisa menghemat biaya untuk mempromosikan bisnis. Lebih-lebih Anda bisa menambah banyak relasi, pengunjung dan juga pelanggan untuk bisnis Anda. :)

           
  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *