Technology

Tembus Firewall dengan Socks Proxy via SSH Tunnel

 

Loading...

Kesal pastinya  jika akses ke beberapa situs ternyata diblokir oleh firewall atau proxy anda. Terutama di kantor-kantor atau di sekolah, akses-akses ke web yang dianggap tidak bermanfaat atau dianggap menurunkan produktifitas akan ditutup.

Kali ini saya akan membagikan trik menembus firewall atau  proxy dengan menggunakan Socks Proxy. Tapi mari kita pahami dulu apa itu Socks Proxy? Dikutip dari Wikipedia:

Socket Secure (SOCKS) is an Internet protocol that facilitates the routing of network packets between client–server applications via a proxy server. SOCKS performs at Layer 5 of the OSI model—the session layer (an intermediate layer between the presentation layer and the transport layer). Port 1080 is the registered port designated for the SOCKS server.

Terjemah: Secure Socket (SOCKS) adalah sebuah protokol Internet yang memfasilitasi routing paket jaringan antara aplikasi client-server melalui server proxy. SOCKS berjalan pada Layer 5 dari lapisan model OSI – layer session (lapisan yang terdapat antara layer presentation dan layer transport). Port 1080 adalah port terdaftar yang biasa digunakan untuk server SOCKS.

Sebenarnya Socks Proxy dapat dibuat melalui Squid agar proxy ini bisa diakses dari manapun. Namun praktek kali ini adalah bagaimana membuat Socks Proxy dengan SSH Tunnel. Makanya, syarat utama yang diperlukan adalah punya login SSH ke server. Boleh login sebagai root maupun sebagai user biasa. Untuk akses SSH kali ini kita akan menggunakan OS Windows dan software PuTTY (download disini: www.putty.org). Langsung kita praktekkan..

  1. Buka PuTTY lalu ke bagian SSH dan pilih tunnel
  2. Pilih Dynamic, lalu pada source port, masukkan port yang diinginkan:
  3. Klik Addssh tunnel1
  4. Pilih menu session
  5. Masukkan IP server atau hostname serverssh tunnel2
  6. Klik Open, masukkan user dan password untuk login SSH
  7. Buka Mozilla Firefox anda. Lalu ke menu Tools > Options. Masuk ke tab Advance > Network > Settings
  8. Pilih SOCKSv5. Pada socks host masukkan 127.0.0.1 dan port 1080 (port disesuaikan dengan setting awal)ssh tunnel5
  9. Silahkan coba akses website yang tidak bisa sebelumnya. Harusnya sekarang akses anda akan dilewatkan melalui tunnel dulu ke server. Jadinya bebas firewall.

Lalu bagaimana jika tidak punya SSH? Kita akan bahas pada kesempatan berikutnya. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dengan artikel ini. Saya hanya bermaksud sharing saja ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *