Community

Ternyata Beriklan di Event Besar Tidak Harus Mahal

 

Loading...

Sebenarnya saya ingin membuat liputan tentang event dPreneur kemarin (minggu, 14 juni 2015) yang diselenggarakan oleh detik.com dalam rangka launching tampilan detik.com yang baru per hari ini (senin, 15 juni 2015). Coba deh habis ini buka detik.com, ada perubahan sedikit pada tampilannya.

Acaranya sih standart, ada workshop dan seminar gitu dan yang datang juga lumayan banyak, sekitar 2.500 orang. Yang membuat istimewa adalah sosok bu Tri Rismaharini (walikota surabaya) dan pak CT (Chairul Tanjung). Mereka berdua menyuarakan tentang industri kreatif yang ada di surabaya.

WP_20150614_022[1]

Tetapi disini saya tidak akan membahas lebih dalam tentang materi mereka berdua, karena menurut saya ada hal yang lebih menarik dan berguna bagi pembaca mebiso yang perlu saya sampaikan, yaitu tentang STRATEGI PROMOSI pada event sebesar dPreneur hanya dengan budget super hemat, cuman 2 juta saja. Menarik kan? bagaimana caranya? simak penjelasan berikut…

Kenapa saya bilang 2 juta itu super hemat? Coba bayangkan untuk event sekelas dPreneur yang diadakan oleh detik.com dari Trans Corp yang bisa menjadi sponsor disitu adalah brand-brand RAKSASA seperti Telkomsel, Mandiri, Oppo, dll yang saya yakin mereke menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk bisa terpampang di event tersebut dan dilihat oleh lebih dari 2.500 orang. Sebagai UKM / start up, “Kita mah apa atuh…” gitu kalau kata cita citata..
Meskipun masih start up, tetep semangat dan ga boleh nyerah dong..
Dibawah ini akan saya share tips untuk bisa beriklan bersama-sama brand RAKSASA diatas tetapi dengan budget yang jauh lebih murah.

 

 

Sebelumnya, melalui artikel ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada komunitas Tangan Di Atas (TDA – tdasurabaya.org), khususnya kepada mas Haris Aji Hogantoro (pengurus TDA Surabaya) yang telah memberi kesempatan kepada mebiso.com untuk bisa beriklan di acara dPreneur Surabaya.

Yak benar, cara pertama adalah “Gandeng komunitas lokal yang berpengaruh / mempunyai power di kota Anda”. Dalam kasus ini, mebiso.com menggandeng komunitas TDA Surabaya (tdasurabaya.org), yang didalamnya terdapat ratusan pengusaha lokal surabaya mulai dari usia muda (diwadahi oleh TDA Kampus)  sampai yang sudah tidak muda lagi. :)
Sebagai pengusaha, partner bisnis & teman sharing pengetahuan seputar bisnis bisa sangat menentukan perkembangan “growth” bisnis kita. Anda setuju kan dengan pernyataan tersebut?
Disitulah pentingnya peran komunitas bisnis. Anda bisa menemukan partner bisnis baru & juga teman sharing dari sebuah komunitas bisnis.

 

Begitu mengetahui informasi bahwa komunitas TDA Surabaya akan mengumpulkan mahasiswa sejumlah 100 orang lebih untuk menghadiri event tersebut, saya langsung inisiatif untuk support mercendise berupa kaos yang akan dipakai pada saat event dPreneur tersebut. Bayangkan jika ada 100 orang yang mengenakan brand kita dan berlalu lalang dievent akbar tersebut, pastinya akan membuat orang remind dengan brand kita, daripada sekedar logo yang dipampang di pintu masuk aja (seperti sponsor resmi yang ada, saya tidak akan menyebutkannya )

Cara kedua adalah “Aktif di komunitas tersebut”. Kalau perlu jadilah pengurus di komunitas tersebut. Tujuannya hanya satu, agar Anda bisa UPDATE informasi lebih dulu dibandingkan dengan kompetitor Anda. Kenapa harus UPDATE lebih dulu?
Sebuah informasi yang sama, bisa jadi berbeda manfaatnya ketika “timing” nya berbeda. Sebagai contoh, misalnya saya (admin mebiso.com) menerima informasi tentang adanya 100 orang mahasiswa tadi hari ini, maka informasi tersebut sudah tidak ada manfaat lebihnya lagi karena event nya sudah lewat. Kita hanya bisa “ya ya ya…” saja dan melihat kompetitor mengambil kesempatan tadi. Anda bisa paham kan?

Saya tambahin sedikit, kata “aktif” dari cara kedua ini juga berarti Anda harus selalu berani mengambil inisiatif. Pilihannya cuman 2, Ambil kesempatan itu atau kompetitor Anda yang akan mengambilnya.

Cara ketiganya adalah yang saya lakukan sekarang ini, “Mempublikasikannya”. Share dan biarkan semua orang tahu tentang Anda, brand Anda dan komunitas Anda. Saya akan “blak-blak an” aja, salah satu tujuan saya share disini adalah supaya kalau ada kesempatan beriklan yang low budget lagi, pada event / kegiatan lain, saya (mebiso.com) bisa diajak kerjasama lagi.

Terakhir saya ingin memberikan bonus informasi, tetapi ini khusus untuk Anda para pembaca mebiso.com yang ada di area surabaya dan sekitarnya. Sampai dengan akhir tahun ini, komunitas TDA Surabaya akan ada agenda event / kegiatan yang sudah terjadwal dan tentu saja menawarkan banyak sekali peluang bisnis dan promosi bagi para pengusaha. Saya akan share kontak dari sekretariat TDA Surabaya, silahkan dicatat :

Website : tdasurabaya.org
Email : [email protected]
HP : 08123150280

Mau coba jadi sponsor dengan budget super hemat? silahkan langsung kontak sendiri saja.. :)

Sekarang Anda sudah tahu RAHASIA nya dan bisa langsung menerapkannya pada bisnis Anda. Semoga bermanfaat :)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *