Technology

TinyJPG Alat Kompresi Gambar JPG dan PNG Secara Bersamaan

 
  • 79
    Shares

   

TinyJPG merupakan website yang menawarkan fitur kompresi gambar JPG secara otomatis. Berbeda dengan website serupa yang dinamakan TinyPNG. Website TinyJPG tidak hanya dapat mengkompresi gambar JPG saja, tapi juga dapat mengkompresi file gambar PNG sekaligus. Ini merupakan fitur baru yang dikembangkan oleh developer website TinyPNG.

Tidak hanya itu developer juga menambahkan fitur batch compression, yang berguna untuk melakukan kompresi 20 file gambar JPG dan PNG dalam sekali jalan. Ini akan sangat menghemat waktu Anda jika dibanding versi TinyPNG atau menggunakan Photoshop. Karena harus melakukan kompresi satu persatu pada gambar. Sayangnya, jika Anda melakukan batch compression Anda harus mendownload gambarnya satu persatu. Karena TinyJPG tidak menyediakan tombol untuk langsung mendownload gambar sekaligus.

Cara kerja TinyJPG hanya menganalisa teksture, pola, dan warna dari gambar yang diupload. Kemudian secara otomatis TinyJPG mengoptimasi gambar, dan mengurangi gambar dengan cerdas tapi tetap mempertahankan kualitas gambar yang paling baik.

Kompresi-File-JPG-dengan-TinyJPG

Pada screenshot di atas, Anda dapat melihat beberapa file JPG dan PNG yang saya kompresi menggunakan website ini. Cukup efekif, website dapat mengkompresi hingga 70% dari total gambar yang diupload. Tapi Anda juga dapat melihat, pada file yang pertama. TinyJPG hanya mengijinkan mengupload file hingga 5MB, tidak bisa lebih dari itu. Pada gambar dibawah ini, Anda dapat melihat perbedaan dari gambar asli (905KB) dengan hasil yang sudah dikompresi (175KB). Ukuran file dapat dimampatkan hingga 81%.

Sebelum-dan-Sesudah-Dikompres-denganTinyJPG_SmallKlik untuk memperbesar gambar.

Cara mengkompres gambar dengan TinyJPG

Kunjungi website TinyJPG di tinyjpg.com. Pada halaman home, Anda dapat mengupload gambar dengan cara drag and drop atau menekan icon upload. Beberapa gambar dapat langsung ditambahkan. Jangan lupa file gambar tidak boleh lebih dari 5MB.

Kemudian TinyJPG akan menganalisa secara berurutan semua file yang diupload. Setelah menganalisa, gambar akan dikompres secara otomatis tanpa Anda melakukan setting terlebih dahulu. Anda juga dapat melihat ukuran gambar sebelum dan sesudah dikompres.

Klik tombol download pada setiap gambar untuk menyimpan file foto yang telah dikompres.

TinyJPG-Compress-JPEG-images-intelligently

Kesimpulan:

TinyJPG dirancang sebagai alat yang praktis untuk mengkompres beberapa gambar secara bersamaan. Seluruh proses berjalan otomatis dan bebas ganngguan. Hal ini juga yang menjadikan TinyJPG sebagai salah satu website terbaik sebagai alat untuk mengkompresi gambar.

source

Baca juga:

Tutorial Membuat Foto Bergaya Pop Art / WPAP

Membuat Galeri Foto berbasis CodeIgniter

Cara Kompres Gambar PNG dengan TinyPNG

                              
Loading...

  • 79
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *