Running A Business

Kenali 3 Tipe Pelanggan dalam Bisnis Online

 

Tipe Pelanggan – Berbagai macam karakteristik dari pembeli dan pelanggan bisnis membuat pemilik bisnis harus pintar-pintar menarik minat mereka semua. Itulah kenapa Anda perlu mengenali berbagai macam tipe pelanggan, terutama dalam bisnis online. Lantas, bagaimana karakteristiknya supaya Anda mengenalinya? Baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Pelanggan yang mencari karena kebutuhan adalah tipe pelanggan paling umum

Setiap pelanggan toko online memiliki keinginan, kebutuhan dan tujuan masing-masing mengapa mereka memilih berbelanja online. Salah satu tipe paling umum dan mendasar adalah seorang pelanggan yang berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya.

Biasanya tipe pelanggan ini akan membuka beberapa situs toko online sekaligus. Ini dilakukan untuk sekedar melihat perbandingan dari harga dan spesifikasi masing-masing produk yang dibutuhkan. Tidak jarang, harga murah tetap menjadi pilihan utama mereka.

Ada banyak cara agar bisnis online Anda menjadi salah satu pilihan dari pelanggan ini. Salah satunya yaitu terus mengupayakan agar website toko online Anda tetap dan terus berada pada page one pada setiap mesin pencarian. Dengan begitu, ketika calon pelanggan mencari-cari website yang mereka butuhkan, website Anda menjadi salah satu diantaranya.

Tipe pelanggan yang hanya sekedar riset

Seperti namanya, tipe yang pertama ini adalah mereka yang mencari dan banyak mencari produk di toko online, tapi sebenarnya mereka belum tahu pasti apa yang sedang mereka cari dan butuhkan. Sebagai pemilik toko online, Anda harus memberikan info dan detail dari produk, bahkan manfaat produk yang Anda jual.

Anda juga harus bisa menjawab, bahkan memberikan solusi apa yang sebaiknya mereka beli ketika mereka menghubungi Anda. Anda harus mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dan tentu saja cocok untuk tipe jenis ini. Di website toko online, Anda juga bisa menambahkan konten yang berhubungan dengan produk yang dijual, untuk menambah pengetahuan calon konsumen. Buatlah tampilan website yang mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh pelanggan Anda.

Tipe pemburu diskon

Dari namanya saja kita bisa menebak, pelanggan ini paling senang jika berkunjung dan menemukan website toko online dengan banyak discount yang diberikan. Mereka akan senang dan bersemangat dalam berburu discount, promo dan bonus yang biasa diberikan.

Bagi pemilik bisnis online, tidak ada salahnya Anda memberikan discount atau bonus yang mereka harapkan ada. Ini bisa menjadi cara Anda untuk menarik perhatian mereka. Memberikan mereka paket pembelian juga bisa menjadi salah satu promosi yang Anda lakukan.

Demikian tiga tipe pelanggan yang paling banyak ditemukan dalam bisnis online. Jangan lupa dicatat agar Anda semakin paham cara menggaet minat mereka!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *