Running A Business

Tips Bagi Anda yang Ingin Belajar Memelihara Pelanggan

 

Seringkali kita berbisnis dan hanya fokus pada keuntungan dan kerugian yang kita terima dari penjualan. Dan kita melupakan fakta bahwa ukuran terbaik dari kesuksesan sebuah bisnis adalah pelanggan mereka. Jika kita ingin memiliki penilaian yang benar tentang bagaimana yang dilakukan sebuah perusahaan, mintalah pelanggan untuk menerima tawaran Anda melalui telepon.

Kebanyakan pemilik bisnis melupakan bahwa bisnis mereka sebenarnya tergantung pada pelanggan. Tanpa pelanggan yang cenderung membentuk penilaian dan loyalitas kepada perusahaan, mereka buka hanya membeli produk kita tapi juga dengan kualitas layanan yang mereka terima.

Kita memang harus tahu bagaimana cara agar pelanggan bisa menjadi sangat potensial dan loyal kepada perusahaan kita. Jadi bagaimana langkah yang tepat?

Mengenal pelanggan dengan baik

Tidak peduli produk atau jasa apa yang ditawarkan perusahaan, karena mengetahui basis pelanggan adalah kunci keberhasilan kita.

Karena semakin kita memahami pelanggan, maka semakin baik kesempatan kita untuk menumbuhkan perusahaan. Di jaman teknologi seperti ini mengetahui dan mengenal pelanggan bukan lagi hal yang sulit. Setiap perusahaan bisa saja mendapatkan data pelanggan secara online dari form yang harus diisi oleh pelanggan. Dengan sumber daya seperti itu, kita akan jauh lebih mudah untuk menyelidiki apa yang pelanggan suka, tidak suka, kepribadian mereka dan juga kebiasaan mereka dalam berbelanja. Sehingga kita bisa menggunakan data itu untuk survey dan membuat target pasar bagi bisnis kita.

Ketahui bahwa pelanggan bisa menjadi promotor yang baik

Dalam dunia yang sudah sangat canggih ini, Word of Mouth adalah cara terbaik untuk bisa membuat bisnis kita dikenal dan semakin besar. Karena orang tidak lagi mau berlama – lama menganalisa setiap bisnis untuk mereka percayakan mengatasi masalah. Masyarakat sekarang cenderung lebih mendengarkan rekomendasi atau testimonial dari pelanggan suatu perusahaan.

Semakin besar arahan positif yang disampaikan oleh pelanggan lama Anda, itu akan membuat opini atau penilaian tersendiri bagi calon pelanggan Anda yang lain.

Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan Anda, tidak hanya akan kembali datang dan membeli, tapi juga tidak ragu untuk merekomendasikan kepada orang lain. Mereka bahkan tidak segan untuk meluangkan waktu membantu perusahaan Anda untuk berpromosi dan memberikan koreksi serta saran perbaikan untuk sebuah kesalahan.

Anda harus tahu apa yang membedakan cara Anda memperlakukan pelanggan

Baik harga ataupun layanan dapat menarik dan mempertahankan pelanggan, kita harus bisa terus membantu konsumen membentuk loyalitas diri mereka terhadap perusahaan kita.

Dengan begitu banyak perusahaan yang menyediakan harga yang kompetitif untuk produk yang sama, maka apa yang membedakan bisnis Anda dengan mereka dan membuat pelanggan harus memilih Anda?

Kemampuan Anda untuk menyediakan layanan pelanggan yang konsisten akan membantu Anda membentuk loyalitas di dalam diri pelanggan. Di sisi lain jika Anda tidak memberikan pengalaman berbeda melalui pelayanan, maka Anda akan sulit mendapatkan pelanggan dari target pasar Anda sendiri.

Gunakan kritik dan saran pelanggan untuk keuntungan Anda

Kritik dan saran pelanggan baik yang positif ataupun negatif dapat membantu Anda memperkuat hubungan dengan pelanggan. Gunakan feed back negatif pelanggan untuk membantu Anda mengoreksi kesalahan yang harus segera diperbaiki. Dan gunakan feed back positif untuk menunjukkan apa yang Anda lakukan sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Jangan ragu untuk menghubungi pelanggan baru dan lama

Untuk membantu mengembangkan basis target pasar dan mendapatkan lebih banyak pelangganyang loyal terhadap bisnis kita, menghubungi pelanggan baru dan lama tidak ada salahnya. Karena dari mereka kita bisa mendapatkan perspektif tentang apa yang membuat mereka mau tinggal atau berhenti dari bisnis kita.

Gunakan informasi itu untuk membimbing Anda mencari produk atau jasa yang memang pelanggan butuhkan dan inginkan. Hal ini dapat menjadi kesempatan untuk memenangkan kembali para pelanggan yang sudah pergi dan menyediakan strategi bisnis baru untuk menarik pelanggan baru.

Dan jangan lupa:
Bahwa pelanggan adalah aset paling berharga bagi setiap perusahaan dan melayani mereka secara pribadi tidak hanya akan membuat mereka setia tapi juga menjadi media promosi kita kepada masyarakat luas.

Baca juga:

3 Cara Jitu Mengajak Kembali Pelanggan yang Pergi

5 Cara untuk Mendatangkan Banyak Pelanggan

Bagaimana Menyampaikan Berita Buruk Kepada Pelanggan Anda?


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *