Running A Business

Tips Berkolaborasi dengan Mitra Bisnis yang Lebih Besar

 

Tips Berkolaborasi – Sebuah bisnis tidak selamanya harus berdiri sendiri tanpa menjalin hubungan dengan bisnis lain. Ada kalanya sebuah bisnis perlu menjalin relasi atau koalisi dengan bisnis yang lain. Sebuah bisnis tentu saja akan membutuhkan bantuan dari bisnis lain baik yang lebih besar atau lebih kecil dari yang mereka miliki. Namun, Anda harus tahu bagaimana cara menjalin suatu hubungan atau relasi dengan mitra bisnis mereka. Dan berikut ini tips berkolaborasi yang bisa Anda coba!

Jangan rendah diri adalah tips berkolaborasi yang paling dasar

Meskipun mitra bisnis yang menjalin kerja sama dengan Anda merupakan perusahaan yang lebih besar dari perusahaan Anda, jangan sampai hal ini menurunkan kepercayaan diri Anda. Bagaimana pun Anda harus tetap menjaga kredibilitas di depan mitra bisnis. Jangan sampai Anda merasa minder dan justru menurunkan respek dari mitra bisnis.

Selalu tunjukkan nilai bisnis Anda

Untuk bergabung dan menjalin kerjasama dengan bisnis yang lebih besar dari kita, kita harus mampu menunjukkan nilai bisnis yang kita miliki. Ini bukan karena ingin pamer, tapi lebih kepada menunjukkan kualitas bisnis kita dan menunjukkan jika bisnis kita benar – benar layak untuk berkolaborasi dengan bisnis yang lebih besar.

Jangan berlebihan mencari perhatian

Jangan terlalu terburu – buru mencari perhatian dari mitra bisnis Anda. Suatu hubungan yang besar tidak akan terjalin dengan mudah, maka kita harus bersabar dan bersikap fleksibel. Hal ini penting untuk menjadi fleksibel, yaitu dengan mengidentifikasi cara bekerja pada struktur organisasi mitra bisnis Anda. Ini lebih baik daripada meminta mereka untuk mengerti dan mengikuti cara bekerja Anda.

Sistem 60/40 juga bisa jadi tips berkolaborasi yang tepat

Jika Anda ingin berhasil pada setiap usaha kolaborasi dengan mitra bisnis yang lebih besar, maka yang Anda butuhkan adalah 60% waktu untuk berusaha dan 40% untuk meminta mereka membalas upaya Anda. Aturan 60/40 membuat beberapa orang mengatakan bahwa cara ini efektif memiliki pandangan yang lebih realistis dalam menjalin suatu relasi dengan mitra bisnis.

Demikian tips berkolaborasi yang bisa Anda coba. Perlu diingat, perusahaan Anda juga memiliki nilai bisnis yang tak kalah berharga, sehingga pastikan Anda tidak merasa rendah diri meski menjalin kerja sama dengan mitra bisnis yang lebih besar.
(dok Pexels)

Baca juga:

3 Kunci Membuat Infografis Menarik untuk Konten Bisnis

Trik Mengatur Keuangan agar Bisnis Kecil Tetap Bertahan

Trik Mendapat Rating Bagus untuk Pelayanan Bisnis Anda


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *