Insider

Tips dan Strategi Marketing Instagram Agar Bisnis Sukses

 

Loading...

Tips dan Strategi Marketing Instagram –  Sebagai pebisnis online Instagram, Anda tentunya ingin agar bisnis berjalan sukses. Sebenarnya, banyak tips dan strategi marketing Instagram yang bisa diterapkan. Berikut ini adalah rangkuman dari hal-hal terpenting agar bisnis Anda sukses.

Pelajari jenis postingan dengan tingkat engagement tinggi 

Engagement merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan marketing Instagram. Dengan menggunakan Instagram analytic tools  kita dapat mengetahui postingan mana yang berhasil menarik tingkat engagement tinggi. 

Postingan-postingan tersebut dapat memberikan informasi, seperti apa kualitas postingan yang disukai oleh audiens Anda. Hal tersebut dapat dijadikan acuan untuk membuat postingan-postingan selanjutnya. 

Perhatikan cakupan brand

Cakupan brand akan sangat mempengaruhi strategi marketing. Oleh karenanya, brand lokal memilki strategi marketing yang berbeda dengan brand global. 

Sesuaikan jadwal postingan dengan cakupan brand. Jika brand Anda merupakan brand lokal, sesuai jadwal dengan waktu wilayah Anda. Hal ini juga berlaku ketika Anda ingin melakukan endorsement produk, tentunya selebritis untuk brand global haruslah orang yang terkenal di seluruh dunia. 

Membangun network dengan influencer 

Influencer marketing yang efektif dapat mberikan retutrn of invesment yang lebih tinggi hingga 11 kali. Oleh karena itu, jalinlah kerja sama dengan influencer agar bisnis Anda semakin berkembang. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menjalin kerja sama dengan influencer. 

Jangan hanya nilai influencer dari banyaknya followers yang ia miliki. Temukan influencer yang memiliki network yang kuat pada industri brand Anda. Selain itu, penting juga untuk mencari influencer dengani ketertarikan serta value yang sama dengan brand Anda. 

Maksimalkan penggunaan hashtag

Hashtag dapat meningkatkan keberhasilan marketing Instagram Anda, asalkan hashtag tersebut sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki dua macam hashtag untuk bisnis Anda. 

Pertama, brand harus memiliki hashtag umum. Hashtag umum yakni hashtag yang relevan untuk digunakan sepanjang tahun. Kedua, siapkan juga hashtag khusus. Hashtag ini spesifik, sesuai dengan campaign yang sedang berlangsung. Hashtag ini oleh karenanya digunakan hanya dalam durasi waktu tertentu. Hashtag khusus berfungsi untuk menarget audiens tertentu. 

Satu hal lagi, jangan lupakan gunakan tools untuk menganalisis keefektifan hashtag. 

Walaupun sudah menerapkan tips dan strategi marketing Instagram, hal tersebut tidak menjamin bisnis Anda sukses dengan instan. 

Oleh karena itu, hendaknya Anda tetap tekun dalam mengembangkan bisnis Anda. Anda juga harus selalu ingat bahwa dunia media sosial adalah dunia yang dinamis. Wawasan akan marketing Instagram pun akan selalu berkembang.

Untuk selalu update tips dan strategi marketing Instagram lainnya, silakan buka tautan-tautan di bawah untuk mempelajari dari artikel-artikel Mebiso, lho. Selamat berbisnis!

Referensi: 

https://www.entrepreneur.com/article/334331

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *