Insider

Tips dan Strategi Marketing Instagram Anti Bosan, Harus Coba!

 

Loading...

Tips dan Strategi Marketing Instagram – Ingin mencoba sesuatu yang unik dan menyenangkan? Anda mungkin harus mencoba strategi marketing Instagram ini, karena strategi ini dapat menguntungkan bisnis dan tentunya… seru!

Tips dan strategi marketing Instagram dengan takeover: marketing can be fun!

Ingin memberikan hal baru untuk diri Anda dan audiens Anda? Cobalah Instagram takeover!Takeover adalah kegiatan di mana kita mengambil alih akun Instagram orang lain untuk sementara. Dengan demikian, Anda akan berbagi konten dengan audiens mereka dan sebaliknya

Eits, takeover ini bukan berarti membajak akun orang lain, ya! Takeover ini adalah strategi marketing agar dua pihak dapat berkolaborasi untuk mempromosikan akun mereka. Bagi marketers, tentunya asyik untuk menghadapi audiens baru dan bagi audiens akun, tentunya asyik ketika disuguhi konten yang baru!

Mudah saja untuk memulai takeover, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut!

Menentukan tujuan dan cara untuk memantaunya

Apa alasan Anda ingin melakukan takeover? Takeover sendiri bisa bermanfaat untuk 3 hal: meningkatkan awareness atau kesadaran brand, menjadi terlibat dengan komunitas, serta mempromosikan produk atau event tertentu.

Ketika Anda telah mengetahui tujuan, Anda dapat menentukan aspek apa sajakah yang dapat dipantau untuk melihat capaian Anda. Misalnya saja, Anda ingin melakukan takeover untuk mempromosikan produk. Artinya, Anda dapat memantau hal-hal terkait promosi produk, misalnya traffic menuju website Anda serta jumlah konversi yang terjadi.

Tentukan siapa partner kolaborasi Anda

Siapakah yang cocok untuk diajak berkolaborasi? Jawabannya, bisa siapa saja.

Anda dapat berkolaborasi dengan influencer, terutama jika ingin mengenalkan brand. Anda juga bisa berkolaborasi dengan pegawai atau kolega untuk membangun gambaran brand atau mengenalkan budaya yang dianut brand. Anda juga bisa berkolaborasi dengan anggota komunitas tertentu atau customer untuk membangun hubungan dengan mereka.

Semuanya tergantung pada tujuan awal Anda, karena masing-masing figur memiliki kesannya tersendiri untuk brand.

Oh ya, akan semakin menguntungkan jika takeover dilakukan secara dua arah. Artinya, ketika seseorang mengambil alih akun Anda, Anda juga mengambil alih akunnya. Hal ini bermanfaat untuk mengenalkan brand Anda dan menjangkau audiens baru.

Menentukan cara takeover

Ada berbagai cara untuk melakukan takeover. Diskusikanlah dengan partner kolaborasi Anda, mana cara yang sekiranya cocok bagi kedua belah pihak.

Anda dapat melakukannya dengan membuat postingan di feeds atau memposting Instagram Story. Melakukan live Instagram juga oke!

Promosikan kegiatan takeovers

Umumkanlah pada followers bahwa Anda akan melakukan takeoverakun. Anda dapat mengumumkannya lewat post atau Instagram Story. Anda juga dapat mempromosikannya lewat medsos lain, agar semakin banyak orang yang akan mengikuti.

Jangan lupa minta bantuan partner kolaborasi Anda untuk mempromosikan juga kegiatan tersebut. Hal ini terhitung sebagai langkah awal mempromosikan masing-masing akun, lho!

Pilih full account atau semi-account?

Dengan full account takeover, partner Anda mendapatkan akses penuh ke akun Instagram Anda. Sepintas terdengar kurang aman karena Anda berarti harus memberikan password akun agar partner bisa mengakses.

Tenang, Anda dapat mengakalinya dengan One-Time Secret, yang akan mengubah password Anda menjadi link rahasia. Anda juga dapat menggunakan passphrase agar lebih aman. Kemudian, partner Anda hanya perlu membuka link tersebut untuk membuka password. Link tersebut hanya dapat dipakai sekali dan akan hilang selamanya.

Anda juga bisa melakukan takeover secara semi-sccount. Semi-account berarti partner Anda hanya mengirimkan file. Lalu, Anda tinggal memposting file tersebut atas nama partner.

Memantau proses dan hasilnya

Setelah melengkapi langkah-langkah di atas, pekerjaan selanjutnya adalah memantau prosesnya. Anda dapat memperhatikan metrics yang digunakan sebagai acuan keberhasilan tujuan takeover. Hal tersebut telah Anda tentukan pada langkah paling awal.

Selamat mencoba, good luck!

By the way, masih banyak lho strategi menarik terkait Instagram marketing yang patut Anda coba. Simak berbagai ulasan dari Mebiso, selamat menambah wawasan!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/290786

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *