Insider

Tips dan Strategi Marketing Instagram yang Unik, Anda Harus Coba!

 

Loading...

Tips dan Strategi Marketing Instagram – Ingin membuat promosi brand Anda di Instagram terlihat fun dan unik? Jika ya, sudah saatnya Anda mencoba tips dan strategi untuk marketingInstagram berikut!

Tips dan strategi marketing Instagram: segalanya dapat menjadi fun

Instagram termasuk media sosial dengan banyak fitur. Dengan sentuhan kreativitas, fitur-fitur tersebut dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan potensi Instagram marketing brand Anda. Cermati baik-baik manfaat yang bisa Anda dapatkan dari masing-masing fitur.

Umumkan dengan sticker countdown

Sticker unik dari Instagram ini akan menampilkan tampilan hitung mundur dari waktu yang sudah Anda setting. Sticker ini cocok untuk membuat ‘pengumuman’.

Anda bisa menggunakan countdown untuk mengumumkan produk yang akan dirilis. Sticker countdown juga oke digunakan untuk menginformasikan followers akan konten-konten baru. Countdown juga seru digunakan untuk memberi tahu followers jika Anda akan melakukan live Instagram.

Survei seru dengan polling

Sticker polling yang menampilkan dua pilihan dapat menjadi sarana interaksi dengan followers yang seru. Manfaatkan hal ini untuk membuat konten Instagram Story yang interaktif. Anda bisa menanyakan feedback produk, meminta pendapat tentang konten, bahkan membuat kuis kecil-kecilan!

Buat filter keren untuk promosikan brand

Kini, Anda juga bisa lho membuat filter seperti yang sudah ada di fitur Instagram Story. Anda bisa menggunakan tools Spark AR Studio untuk membuat filter khusus brand. Anda dapat mengajak followers untuk ikut serta dalam keseruan memakai filter dari brand Anda.

Beberapa brand ternama telah menggunakan teknologi ini, misalnya saja Kylie Cosmetics yang membuat filter untuk mencoba warna-warna koleksi lipstiknya. Ada juga filter Adidas yang membuat tampilan layar menjadi jadul bagai tampilan cuplikan VHS untuk mempromosikan sneakers seri vintage mereka.

Jangan lupakan Alt Text

Alt Text atau alternative text berfungsi agar komputer atau gadget dapat mengenali gambar Anda. Alt Text berfungsi untuk accessibility, di mana teks tersebut berfungsi untuk memberitahukan pembaca dengan gangguan penglihatan, tentang apakah gambar tersebut.

Walau terlihat hanya berfungsi bagi accessibility, Alt Text dinilai dapat meningkatkan keterpaparan konten. Artinya, Alt Text dapat membuat konten Anda semakin terlihat. Anda bisa menambahkan Alt Text pada Advanced Settings > Write Alt Text.

Close friend untuk bisnis? Why not!

Fitur close friend dapat Anda manfaatkan untuk strategi marketing, lho. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi konten produk dengan VIP customer atau komunitas spesial yang potensial. Hal ini akan memudahkan konten Anda dilihat oleh pihak-pihak tersebut. Selain itu, Anda dapat mengganti daftar close friend dengan mudah.

Jalin koneksi dengan influencer

Influencer marketing adalah tren yang sangat digandrungi dan terbukti berdampak positif bagi bisnis. Kini, brand dapat menampilkan konten produk mereka yang dibuat oleh influencers dengan mudah.

Hal ini dapat dilakukan jika influencer mengaktifkan promotion pada advanced setting-nya, lalu brand akan mendapatkan konten tersebut pada Ads Manager. Brand kemudian dapat mempostingnya untuk feed atau Story.

Hashtag: makin sembunyi makin sip!

Hashtag dapat meningkatkan kemungkinan agar konten Anda dilihat lebih banyak orang. Hati-hati, asal taruh setumpuk hashtag membuat caption tidak enak dilihat, lho. Oleh karena itu, sembunyikan hashtag-hashtag Anda dengan menaruhnya pada kolom komentar pertama postingan.

Hashtag juga dapat digunakan untuk Instagram Story. Fungsi hashtag pada Instagram Story juga serupa, agar Story yang Anda buat dapat dilihat lebih banyak orang.

Agar Story tetap terlihat estetik, para kreator punya trik khusus untuk mengakali penempatan hashtag. Buat hashtag sekecil mungkin, lalu tutupi hashtag tersebut dengan sticker atau GIF yang dapat mempermanis Story Anda. Hmm, cerdik sekali ‘kan?

Ternyata, masih banyak tips dan strategi marketing Instagram lainnya!

Betul sekali, masih banyak tips dan strategi marketing lainnya yang perlu Anda ketahui. Jangan khawatir, Mebiso menyediakan banyak artikel yang up to date untuk Anda. Silakan temukan berbagai artikel menarik seputar Instagram marketing, selamat menambah ilmu!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

Referensi:

https://buffer.com/resources/fresh-instagram-tips

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *