Running A Business

Tips dan Trik Ketika Membuat Newsletter

 

   

Nah pemilik toko online, siang ini mari kita luangkan waktu sejenak untuk merencanakan salah satu media pemasaran paling ampuh bagi bisnis anda. Yaitu Newsletter. Jika anda belum pernah mempertimbangkan untuk menggunakan newsletter, maka sekaranglah saatnya. Karena newsletter yang berisi katalog, atau tips dan trik informatif dapat menarik minat klien yang sudah pernah sekali engage dengan bisnis anda agar kembali berlangganan (returning visitor).

Berikut adalah 10 poin yang harus anda perhatikan ketika membuat newsletter:

Hormati pembaca. Jangan buang waktu mereka.

Perlu diingat bahwa newsletter itu kita kirimkan ke email. Tentunya Anda pasti pernah merasakan kalau email di inbox kita sangat banyak. Jadi email newsletter kita harus jelas dan tepat. Apalagi jika subject dan isi email kita terlalu bertele tele. Pastinya email kita tidak akan dibaca.

Pastikan informasi yang Anda kirimkan berguna bagi penerima.

Jika anda tidak memberikan informasi yang berguna, maka bukannya tidak mungkin jika penerima email newsletter Anda akan melabeli newsletter anda sebagai spam.

Design yang sesuai dengan tujuan Anda.

Jika Anda menggunakan email newsletter HTML, maka Anda dapat memberi desain pada newsletter Anda agar tampil lebih menarik. Sekaligus pembaca dapat lebih mudah dalam memahami email yang anda kirimkan.

Link berhenti berlangganan.

Di dalam newsletter, anda harus memasang link untuk berhenti berlangganan. Hal ini merupakan aturan basic dalam pengiriman newsletter.

Berikan Alternatif.

Kadang email newsletter yang kita kirim tidak bisa dibuka oleh penerima email. Entah karena dibuka dengan handphone yang tidak support untuk email HTML, maupun alasan lainnya. Maka pastikan Anda memberikan alternatif lain bagi si pembaca untuk mendapatkan informasi dari newsletter Anda. Misalnya dengan memberikan link eksternal untuk melihat informasi versi plain text.

Membuat versi web yang berisi kumpulan informasi Newsletter.

Dengan demikian anda akan memberikan alternatif bagi pembaca, sekaligus membuat konten yang anda kirim dapat didokumentasikan untuk mendongkrak SEO Google bagi website anda.

Gambar tidak akan selalu muncul.

Pada Outlook atau Gmail, kadang gambar yang kira kirimkan tidak akan muncul secara default. Pembaca harus mengklik tombol untuk membuat gambar tersebut terlihat. Maka tentukan bagian mana yang harus menggunakan gambar dan bagian mana yang tidak. Pastikan newsletter anda tetap dapat dibaca dengan nyaman meskipun tanpa gambar.

Hindari penggunakan gambar untuk konten penting.

Konten seperti judul, link dan call to action adalah konten yang penting. Maka gunakan teks untuk konten ini, bukan gambar. Alasannya sama seperti poin nomor 6, yakni gambar tidak akan selalu muncul.

Referensi.

Berikut sejumlah referensi template email newsletter dalam bentuk HTML:
Template Newsletter CampaignMonitor.com
Template Newsletter di Themeforest.net
Template Newsletter di Mailchimp.com

Alat Newsletter.

Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *