Start A Business Tips Bisnis

Dasar Content Marketing: 5 Tips Praktis untuk Pemula

 

Loading...

Seiring berkembangnya internet, metode pemasaran untuk keperluan bisnis semakin berkembang. Salah satunya adalah dengan metode content marketing.

Content marketing merujuk kepada metode pemasaran dimana pelaku usaha membuat dan mendistribusikan konten kepada calon pelanggan dengan tujuan mencari pelanggan baru dan atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bagi pemula yang baru berkecimpung di bisnis online tentunya akan menghadapi tantangan dalam menerapkan metode content marketing dalam bisnisnya.

Oleh karena itu, mebiso merangkumkan 5 tips praktis agar para pemula bisa mempelajari dasar-dasar content marketing.

dasar content marketing
Sumber gambar: Pexels

1. Tetapkan tujuan yang jelas dan bisa diukur adalah hal paling dasar dari content marketing

Langkah ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaku bisnis membuat konten.

Dalam menerapkan metode content marketing, memiliki tujuan yang jelas serupa dengan memiliki kompas saat akan menjelajahi area baru.

Tujuan yang jelas membuat anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan berapa banyak sumber daya yang harus anda investasikan.

Tujuan tersebut juga harus bisa diukur sehingga ketika anda menerapkan rencana content marketing anda, anda tahu apakah rencana anda berhasil atau tidak lalu anda bisa menyesuaikan langkah anda tersebut.

kenali calon pelanggan bisnis anda
Sumber gambar: Pexels

2. Kenali calon pelanggan dan tentukan konten yang sesuai

Setiap konten diciptakan untuk sekelompok orang tertentu. Oleh karenanya, ketika anda mengenali calon pelanggan bisnis anda dengan baik bisa dikatakan 50% usaha content marketing anda berjalan baik.

Dalam tahap ini anda perlu mempelajari kesukaan, hobi, dan permasalahan yang dihadapi calon pelanggan anda.

Anda bisa melakukan wawancara, survei, atau melakukan diskusi bersama sekelompok orang yang merepresentasikan calon pelanggan anda.

Data yang terkumpul dapat anda jadikan inspirasi dalam membuat konten. Usahakan konten yang anda buat relevan dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai calon pelanggan anda.

jadikan bacaan anda inspirasi menulis konten
Sumber gambar: Pexels

3. Perbanyak membaca untuk dijadikan referensi konten

Poin mengenai banyak membaca ini amat penting tapi seringkali dilupakan orang.

Ketika anda banyak membaca referensi-referensi baik itu dari buku, internet, atau mungkin lewat seminar dan workshop anda akan memiliki wawasan yang luas untuk anda jadikan inspirasi dalam membuat konten.

Anda juga bisa gabungkan topik konten yang relevan dengan bisnis anda dengan konten-konten lain yang secara kasat mata nampak tidak ada kaitannya dengan topik bisnis anda.

Dengan banyak membaca inilah kreativitas anda terasah sehingga anda dapat menghasilkan ide-ide segar.

menulis konten dalam beragam format
Sumber gambar: Pexels

4. Buat konten dalam berbagai format

Konten yang anda buat haruslah bisa sesuai dengan berbagai format yang ada.

Anda bisa membuat konten tulisan, infografis, post instagram, atau video youtube.

Membuat konten dalam berbagai format sangat penting sekali karena bisnis online sekarang ini sudah semakin banyak sehingga persaingan semakin ketat.

Ketika konten anda dibuat dalam berbagai format, bisnis online anda bisa mendominasi berbagai platform (google, youtube, instagram, dll) yang tentunya meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis anda.

Sebarkan konten anda di sosial media adalah dasar content marketing
Sumber gambar: Pexels

5. Dasar content marketing yang paling sering diabaikan adalah distribusi konten

Biasanya, para pemula dalam membuat konten seringkali terpaku dalam proses produksi. Mereka terlalu asyik dalam membuat konten sampai sampai lupa untuk membagikan konten tersebut.

Padahal, dalam bidang digital marketing, ada istilah konten adalah raja tapi distribusi adalah ratu.

Maksud dari istilah tersebut adalah konten memang penting karena itu ia dianggap raja, tapi distribusi lebih penting lagi karena melalui distribusi yang baik lah konten anda bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Oleh karenanya, buatlah jadwal distribusi konten anda. Pastikan bahwa konten yang anda buat selalu dipublikasikan tepat waktu.

Anda juga bisa mempublikasikan kembali artikel-artikel lama yang sekiranya sesuai dengan fenomena aktual yang tengah terjadi.

Misalnya anda memiliki artikel tentang gaya hidup sehat. Artikel tersebut dapat anda bagikan kembali (di media sosial) pada saat ada kasus orang meninggal karena gaya hidup tidak sehat misalkan.

Nah, itulah 5 tips praktis yang bisa dilakukan oleh pemula yang ingin belajar dasar content marketing.

Mempelajari content marketing membutuhkan waktu dan sumber daya yang besar. Namun, lambat laun apa yang anda investasikan akan kembali bekali-kali lipat.

Selamat belajar!

5 Tips Praktis Membuat Artikel untuk Bisnis Online

Bisnis Online: 5 Tips Mutlak untuk Membuat Bisnismu Go Online

Jet Commerce Ekspansi Solusi End-to-End E-commerce ke Vietnam dan Thailand

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *