Technology

Tips Googling Cerdas Untuk Mendapatkan Hasil Relevan

 

   

“Googling”, sudah bukan kosa kata yang baru lagi bagi Anda para pengguna internet. Ya, Googling sudah menjadi istilah yang umum ketika Anda melakukan pencarian di Google. Saya, Anda, dan hampir semua masyarakat Indonesia pasti akan menggunakan Google untuk mencar kebutuhan informasi mereka. Yang menyedihkan adalah kebanyakan dari kita belum tahu bagaimana menggunakan mesin pencari Google dengan benar. Karena kebanyakan dari kita pasti hanya asal memasukkan keyword kalau hasil yang dicari tidak ada, maka ganti keyword lain, begitu seterusnya sampai kita kehabisan ide keyword.

Agar Anda tidak ngawur dalam melakukan Googling yang membuat Anda harus repot mencari informasi yang sebenarnya mudah untuk ditemukan, berikut akan saya share beberapa aturan yang sudah disediakan Google untuk memudahkan kita melakukan pencarian.

1. Site

Digunakan untuk mencari informasi pada seluruh konten pada website tersebut. Contohnya adalah Site: Jagoanhosting.com hosting Indonesia atau hosting Indonesia site: Jagoanhosting.com.

Keyword diatas akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan hosting Indonesia pada situs Jagoanhosting.com. Anda bisa meletakkan keywordnya di depan atau dibelakang.

2. “Kata1 Kata2”

Mencari dengan keyword yang sama persis dengan kata – kata yang ada didalam tanda kutip. Contohnya adalah “hosting murah Indonesia” atau bisa juga digabung dengan point nomor 1, contohnya adalah Site: Jagoanhosting.com “hosting murah Indonesia”.

3. Tanda – (dashed)

Digunakan untuk pengecualian sebuah keyword. Contohnya “hosting murah Indonesia” – Microsoft. Keyword tersebut akan mencari informasi tentang hosting murah Indonesia, tetapi yang pada halaman tersebut tidak ada kata Microsoft.

4. Tanda ~ (tilde)

Digunakan untuk mencari juga keyword lain yang relevan. Contohnya ~universitas “Bahasa asing”Keyword tersebut akan mencari keyword universitas dan kata lain yang relevan dengan universitas (bisa juga sinonimnya, contohnya akademi, sekolah tinggi, dll) lalu diikuti dengan Bahasa asing.

5. Tanda ..

Untuk menampilkan hasil informasi antara jarak waktu tertentu. Contohnya ~universitas “Bahasa asing”2010..2014Keyword tersebut akan menghasilkan data pencarian seperti pada point 4, tetapi hanya menampilkan data yang ditulisdiupload antara tahun 2010 sampai dengan 2014.

6. Tanda * (star)

Untuk memperluas pencarian dengan istilah umum yang popular (popular menurut data Google) dan terkait dengan keyword tersebut. Contohnya yaitu *hosting murahKeyword tersebut akan menampilkan juga keyword seperti beli hosting murah, web hosting murah, blog hosting murah, dll.

7. Tanda | (pipe)

Untuk menampilkan hasil pencarian satu atau beberapa keyword yang Anda masukkan, seperti hukum OR pada Bahasa pemrograman. Contohnya baju|celana|kaos. Keyword tersebut akan mencari website yang mengandung keyword baju atau celana atau kaos atau ketiganya.

8. Filetype

Untuk menampilkan hasil pencarian yang isinya berupa jenis file tertentu. Contohnya yaitu filetype: pdf “instalasi webserver”Keyword tersebut hanya akan menampilkan informasi tentang instalasi webserver, tetapi yang berupa file PDF, jadi Anda bisa langsung mendownloadnya.

9. Intitle

Untuk mencari hanya pada judul halamannya saja. Judul yang dimaksud disini adalah kata yang berada pada tag html h1, jika tidak ada h1 maka akan dicari h2, dan seterusnya. Contohnya intitle: instalasi webserver. Maka hanya akan menampilkan halaman web yang judulnya (h1, h2, h3, dst) dan mengandung kata instalasi webserver.

10. Author

Untuk mencari di books.google.com dengan spesifik nama penulis konten informasi. Contohnya author: onno w purbo internet. Keyword tersebut akan mencari buku dari Bapak Onno W Purbo tentang internet yang berada pada books.google.com.

11. Define

Untuk mencari dengan spesifik definisi dari sebuah keyword. Contohnya adalah define: server. Keyword tersebut akan menampilkan hasil pencarian dari definisi umum tentang server.

12. Related

Untuk mencari website lain yang relevan dengan yang Anda cari. Contohnya adalah related: Beon.co.idKeyword tersebut akan menampilkan hasil pencarian berupa informasi website lain yang mirip atau relevan dengan website Beon.co.id.

Jika menginginkan hasil yang sangat spesifik, Anda bisa menggabungkan beberapa aturan di atas pada satu kali pencarian. Selai nitu, Google juga bisa berfungsi sebagai:

1. Kalkulator

Cukup ketikkan (2*3)+2 di Google, maka akan keluar hasilnya, yaitu 8 dan akan tampil pula kalkulator dari Google yang siap Anda gunakan. Bisa juga seperti ini: 5% of 45000, maka akan tampil hasilnya 2250.

2. Konverter

Cukup ketikkan 1 km in miles, maka akan tampil hasilnya yaitu 1 kilometer = 0.621371192 miles.

Mungkin masih banyak lagi fungsi – fungsi dari Google yang disediakan untuk memudahkan kita dalam melakukan pencarian. Jika Anda mengetahuinya, saya akan sangat senang jika Anda mau share bersama disini. Agar kita semakin pintar dalam melakuka npencarian. :)

Baca juga:

7 Rahasia dibalik Search Engine Google

10 Tools yang Ditawarkan Google untuk Membantu Bisnis Anda

Kenapa Pakai Google Drive

           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 11 June 2014 - pukul 14:53

    Saya paling sering pake filetype. baru tau ada key yang lainnya. thanks

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *