Featured Partner Work Life Balance

Tips Istirahat Sehat Di Akhir Pekan, Bukan Tidur Saja!

 

Loading...

Tips istirahat sehat – Akhir pekan mungkin menjadi saat-saat yang Anda tunggu setelah minggu yang melelahkan. Anda mungkin memilih untuk keluar bersama teman-teman seperti makan bersama, ada pula yang memilih untuk membersihkan rumah.

Tapi tidak jarang yang memilih untuk tidur seharian. Alasannya biasanya untuk mengganti waktu istirahat yang hilang di hari kerja. Apakah hal ini baik? Mebiso bersama Apiary mencoba untuk mencari tahu apakah tidur merupakan tips istirahat sehat di akhir pekan.

Kenyataannya, tidur terus-terusan di akhir pekan bukan hal yang baik

Rebahan mungkin menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan kegiatan pada hari Sabtu-Minggu. Anda mungkin lebih memilih tidak diganggu untuk bersantai di atas kasur sepanjang hari.

Bahkan mungkin Anda adalah tipe ‘Tidur cepat, bangun pagi’ di akhir pekan?

Memang hal ini bisa dipahami karena sebagian orang menghabiskan waktunya untuk bangun pagi lalu bekerja dan pulang larut saat jam kerja. Tetapi apakah ini menjadi alasan bagi seseorang untuk tidur sepuas hati?

Jam tidur alami Anda yang berubah bisa membuat Senin terasa melelahkan

Tips istirahat sehat menghindari stres hari Senin
Sumber: Unsplash

Sebelum mencari tahu tips istirahat sehat, Anda harus memahami jam tidur alami Anda. Jika Anda biasa tidur jam 9 malam dan bangun 5 pagi, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk tidur larut dan bangun terlambat di akhir pekan.

Hal ini dikarenakan tubuh Anda sudah menyesuaikan diri dengan kegiatan. Jika Anda memaksakan diri untuk beristirahat dengan tidur larut dan bangun siang, maka bisa jadi Senin Anda akan terasa lebih melelahkan!

Tips istirahat sehat di akhir pekan

Kabar baiknya, istirahat bukan hanya tidur. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang terbuka berhasil mengistirahatkan diri untuk hari Senin yang lebih baik.

Istirahat sehat sendiri sejatinya adalah mengembalikan energi yang hilang saat hari kerja. Ini artinya, ada banyak sekali pilihan di samping tidur yang bisa Anda lakukan.

Menyempatkan diri tidur siang

Anda bisa mencoba rebahan secukupnya saja. Cobalah untuk tidur siang agar Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Tanpa disadari, konsumsi makanan Anda adalah tips istirahat sehat. Hindari makanan siap saji dan cobalah untuk memasak sambil menikmati eksperimen rasa.

Berolahraga rutin

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Tubuh Anda bisa terasa lebih segar, terhindar dari berbagai penyakit, dan meningkatkan daya pikir. Anda juga menjadi lebih siap menghadapi hari kerja, lho!

Memprioritaskan pekerjaan rumah

Ini adalah saat yang tepat untuk mencuci baju, membersihkan kamar yang mungkin terlupakan, hingga beberapa pekerjaan rumahan lain. Bukan saja Anda bergerak aktif seperti berolahraga, namun Anda juga akan merasa mencapai sesuatu dan membuat Anda puas!

Tips terakhir adalah merencanakan waktu ‘Me Time’

Seringkali Anda mungkin terlupa bahwa Me Time sangat diperlukan untuk menjaga kewarasan Anda. Cobalah untuk menikmati waktu untuk Anda sendiri di akhir Minggu, seperti memasak, membaca buku, hingga menonton film.

Itulah 5 tips istirahat sehat yang bisa mengembalikan energi Anda pada akhir pekan. Jadi apa rencana istirahat Anda akhir pekan ini?


Konten ini sudah dipublikasikan diĀ Apiary. Kunjungi untuk tips dan trik produktivitas lainnya.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *