e-Marketing & Sales Event Tips Bisnis

Tips Marketing Ampuh di Tengah Pandemi bersama Denny Santoso

 

Loading...

Denny Santoso – Pandemi Covid-19 yang sedang menimpa seluruh masyarakat dunia telah membawa dampak bagi segala aspek kehidupan, tak terkecuali aspek ekonomi dan bisnis. Sudah sekitar tiga bulan lamanya, masyarakat Indonesia melakukan gerakan #dirumahaja, physical distancing, dan PSBB untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. 

Gerakan ini pun membatasi masyarakat dalam mencari pundi-pundi rupiah untuk bertahan hidup. Ada yang harus bekerja dari rumah, ada yang masih bekerja dan melakukan aktivitas di luar ruangan, bahkan ada pula yang harus gulung tikar atau terkena PHK. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi perubahan yang berdampak pada penghasilan ini? 

Dalam perbincangan melalui Instagram Live Mebiso bersama Denny Santoso, kami memberikan tips marketing ampuh yang dapat diaplikasikan para pebisnis untuk bertahan meskipun sedang menghadapi pandemi seperti sekarang ini.

Denny Santoso adalah seorang entrepreneur dan digital marketer yang telah berkecimpung di dunia bisnis selama 21 tahun. Beliau dikenal sebagai pebisnis yang melebarkan sayap pada penjualan suplemen, properti, minyak esensial aromaterapi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, beliau juga sering memberi kuliah online untuk training marketing maupun bisnis online

Kami merangkum informasi yang bersumber dari perbincangan bersama Denny Santoso dalam artikel berikut. Apa saja tips marketing yang dibagikan oleh Denny Santoso? Simak informasinya di bawah ini!

1. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam merancang bisnis di tengah pandemi

Seperti yang kita semua pahami, pandemi ini membawa dampak pada keberlangsungan ekonomi masyarakat, tidak hanya Indonesia namun juga dunia. Ada beberapa bisnis yang kena imbas dampak negatif, seperti bisnis pada bidang travelling, gym, hingga mencakup ranah fashion yang kemilaunya mulai meredup.

Batasan-batasan yang muncul akibat pandemi ini membuat orang-orang tidak lagi bisa bepergian ke luar kota maupun ke luar negeri. Begitu pula untuk olahraga di pusat kebugaran, semua fasilitas ini ditutup secara temporal hingga waktu yang tidak ditentukan. Bahkan, beberapa brand fashion pun mulai meredup. Siapa yang ingin pakai baju, tas, atau sepatu baru kalau kegiatannya hanya di rumah saja?

Dengan masalah-masalah yang muncul seperti yang sudah disebutkan di atas, timbul sebuah solusi untuk mengubah arah bisnis menjadi bisnis-bisnis yang pro Covid-19. Mulailah untuk menciptakan bisnis berbasis go online, yang mana Anda bisa memanfaatkan situasi seperti ini dalam menciptakan produk atau jasa baru yang bisa menjawab kegelisahan masyarakat.

Contoh produk bisnis yang bersinar meskipun di tengah wabah seperti ini adalah suplemen kesehatan, minyak esensial, masker, antiseptik, food and beverages, dan bahkan game. Ada pula yang berbentuk jasa seperti desain grafik, desain website, videografi, maupun fotografi. 

2. Setelah mengetahui apa yang perlu dilakukan, manfaatkan sumber daya yang ada di sekitar Anda!

Ketika Anda memiliki sebuah perusahaan dimana memiliki karyawan yang harus tetap digaji, pasti terasa sangat berat dan mengharuskan Anda mempertimbangkan banyak hal. Belum lagi jika harus memberi THR pada mereka menjelang Hari Raya Lebaran. Bisa jadi setelah memberi THR, maka perusahaan Anda sudah tidak punya modal lagi dan harus terpaksa gulung tikar.

Namun yang paling penting di saat seperti ini adalah pola pikir untuk bertahan dan saling memahami. Dalam artian, karyawan tidak menuntut diberikan THR namun cash flow perusahaan tetap mengalir hingga masa pandemi berakhir. Sehingga keberlangsungan perusahaan beserta karyawan di dalamnya tetap bisa dipertahankan hingga nanti di saat pandemi telah usai.

Yang tidak kalah penting bagi pebisnis adalah untuk bergerak cepat dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Pikirkan skill apa yang Anda punya atau yang bisa Anda manfaatkan untuk menjawab kegelisahan masyarakat di tengah pandemi ini. Jangan lupa untuk selalu tanamkan mindset go online dan menggali kreativitas agar mempunyai nilai poin lebih daripada bisnis orang lain yang juga sama-sama go online

3. Ini dia tips digital marketing yang perlu Anda ketahui!

Sebuah siasat digital marketing yang bagus dan strategis tentu akan membantu Anda untuk survive dalam persaingan bisnis online ini. Apalagi Anda memiliki banyak pesaing yang mungkin menawarkan produk maupun jasa yang hampir mirip dengan yang Anda tawarkan.

Ada dua strategi utama yang Denny Santoso bagikan, yaitu menciptakan kolam penjualan sendiri, dan menerapkan mindset bonus untuk penjualan online. Tujuan dari kedua strategi ini adalah untuk mendapatkan database pelanggan agar Anda tetap memiliki ikatan dan tetap terkoneksi dengan pelanggan, contohnya seperti berhubungan melalui broadcast e-mail promosi. Mari membahas satu persatu maksud dari kedua strategi ini.

Jika Anda menjual di marketplace seperti e-commerce, ada jutaan orang yang berpotensi menjual produk yang sama dengan Anda. Sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan pencarian dari harga terendah. Sedangkan jika Anda membangun wadah atau kolam sendiri untuk berjualan, maka Anda dapat memiliki database dari pelanggan Anda sendiri. 

Ketika berbicara mengenai bonus, pikirkan sesuatu yang jika diproduksi ulang tidak memerlukan modal yang banyak. Contohnya seperti menciptakan produk bundle yang berisi bonus samples kepada pelanggan. 

4. Manfaat memiliki database pelanggan untuk bisnis online Anda

Mungkin Anda masih bingung dan bertanya-tanya, “Apa sih pentingnya database? Dan manfaat apa yang diberikan jika memiliki database pelanggan?”

Database sangat penting untuk tetap terhubung dan terkoneksi dengan pelanggan. Untuk bisnis konvensional, Anda mungkin pernah mengalami kedatangan pelanggan di toko Anda. Kemudian mereka melakukan transaksi, dan bisa langsung meninggalkan toko Anda begitu saja tanpa Anda mempunyai info mengenai data diri mereka (minimal nomor HP atau e-mail). 

Atau bagi Anda pebisnis online yang memiliki laman Instagram sendiri, Anda tidak bisa selalu memeriksa siapa saja yang melihat-lihat laman Instagram Anda. Bisa jadi banyak yang melihat, namun belum tergugah untuk melakukan transaksi.

Untuk menarik para pelanggan agar berpotensi kembali lagi pada Anda, Anda perlu memegang database mereka. Mengapa? Hal ini dilakukan agar Anda bisa kapan saja kembali terkoneksi dengan mereka dan menawarkan penawaran-penawaran menarik agar mereka tergugah untuk melakukan transaksi. Untuk mendapatkan database tersebut, penting untuk memiliki lead magnet atau umpan yang dapat Anda lemparkan ke calon pembeli.

Contohnya seperti  memberi minuman atau dessert kepada seluruh pelanggan yang datang, dengan catatan mereka harus memberikan e-mail mereka kepada pihak restoran sebagai database.

Bagaimana dengan bisnis online? Anda bisa menawarkan diskon first purchase kepada pelanggan yang baru saja ingin melakukan transaksi untuk pertama kalinya pada bisnis Anda. Sertakan kolom untuk mengisi e-mail agar diskon bisa masuk secara otomatis pada transaksi mereka. Dengan begitu, konsumer mendapatkan kebahagiaan yang lebih, dan di sisi lain Anda pun mendapatkan database mereka.

Dengan memiliki database pelanggan, Anda bisa melakukan broadcast melalui e-mail promosi agar tetap terkoneksi dengan pelanggan. Hal ini tentu dapat mempengaruhi pembelian. Faktanya, sebuah statistik menyebutkan bahwa seseorang cenderung akan tergugah untuk melakukan transaksi pembelian setelah melihat produk minimal sebanyak 7 kali. 


Database dapat menarik kembali pelanggan yang hanya sekedar mampir melihat-lihat produk Anda untuk akhirnya melakukan proses transaksi pembelian. Oleh karena itu, database sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pebisnis, terlebih lagi jika Anda menjalankan bisnis online.

5. Tribelio memudahkan Anda menyimpan database pelanggan sekaligus membangun hubungan komunitas yang baik dengan para pelanggan

Setiap orang pasti menyukai komunitas, terlebih lagi jika komunitas tersebut membawa benefit dan dampak positif bagi seseorang. Dalam konteks berbisnis ini, Anda bisa saja tergabung dalam komunitas di grup media sosial seperti Facebook, Telegram, atau Whatsapp untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Namun, kapasitas yang dimiliki media sosial ini tidak dapat mencakup ribuan orang. Platform seperti ini hanya dapat menjadi wadah untuk melakukan chatting tanpa ada fitur marketing yang melengkapi. 

Sebagai solusinya, sebuah inovasi bernama Tribelio hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi platform pemasaran berbasis komunitas. Konsep dasar dari platform ini adalah grup komunitas yang telah dimodifikasi dengan fitur-fitur marketing agar dapat menaikkan tingkat penjualan sebuah produk.

Seorang pengusaha yang memiliki produk dan membangun komunitasnya di Tribelio disebut Chief. Anda bisa menjadi chief untuk komunitas Anda dan memiliki database sendiri jika melakukan sign up di Tribelio. Tentu saja ini dapat memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau ingin memberitahu apabila Anda meluncurkan produk baru.

6. Ada penawaran menarik bagi Anda yang ingin belajar program strategi untuk membangun database dan e-mail marketing

Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis berbasis online atau ingin step up penjualan online Anda, ikuti kelas List Building Mastery oleh Denny Santoso! Dalam training class ini, Anda akan mendapatkan banyak ilmu, beberapa diantaranya mengenai:

  1. Menentukan target pasar dan melakukan product research
  2. Menentukan lead magnet 
  3. Cara membuat konten marketing dan e-mail marketing menggunakan tools yang beragam
  4. Pemanfaatan Tribelio sebagai platform komunitas penjualan
  5. Pemanfaatan media sosial untuk menarik perhatian pelanggan dan menaikkan traffic penjualan

Pengetahuan mengenai online marketing ini bisa Anda dapatkan apabila mengikuti kelas List Building Mastery oleh Denny Santoso. Kabar baiknya, penawaran menarik berupa potongan harga bisa Anda dapatkan jika mendaftarkan diri sekarang juga pada link berikut: https://bit.ly/tribelioxmebiso 

Hanya dengan membayar Rp1.500.000 dari harga awal Rp6.000.000, Denny Santoso akan membimbing Anda untuk memulai bisnis berbasis go online mulai dari awal hingga mendapatkan omzet jutaan rupiah setiap bulannya. Anda tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini, bukan? Untuk informasi lebih lanjut mengenai List Building Mastery, kunjungi landing page-nya di: http://tribeliowarrior.com/LBM 

Loading...

1 komentar

  • Ahmad
    2 Juli 2020 - pukul 20:29

    Artikelnys luar biasa sangat bermanfaat untuk sesama

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *