Technology

Tips Memaksimalkan Kemanan Data Perusahaan

 

   

Menjaga setiap data yang dimiliki oleh setiap perusahaan adalah kebutuhan dan bahkan sudah menjadi suatu keharusan bagi kita sebagai pemilik ataupun karyawan. Banyak cerita tentang kehilangan dan lenyapnya data – data penting sebuah perusahaan dan merugikan perusahaan tersebut. Terlebih saat di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, teknologi memegang peranan penting untuk kemudahan setiap pekerjaan. Namun kemudahan ini juga dibarengi dengan semakin rentannya data hilang ataupun rusak. Oleh sebab itu kita harus selalu tanggap jika terdapat suatu kesalahan atau masalah pada data perusahaan kita. Bagaimana caranya?

1. Tahu apa yang harus dilindungi

Sebuah perusahaan baik berskala kecil ataupun besar, sudah pasti memiliki berjuta data penting yang tersimpan baik di PC, laptop, tablet ataupun handphone. Data penting ini harus benar – benar Anda tahu bagaimana keadaannya, bagaimana password yang melindunginya. Karena bisa dipastikan jika salah satu dari perangkat tersebut hilang, data Anda juga akan hilang. Dan sulit kemungkinan untuk di remote dari jarak jauh untuk mendapatkan data yang Anda butuhkan. Kecuali memang Anda menyimpan data tersebut pada suatu server awan, seperti Gmail, GitHub dan lain sebagainya. Namun jika file yang Anda miliki adalah file text biasa.

2. Menggunakan sandi yang kuat

Mulai dari sekarang, pastikan setiap data yang Anda buat dan simpan pada perangkat kantor, dilengkapi dengan sebuah security atau sebuah password. Buatlah password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, seperti angka 12345, tanggal lahir Anda, nama Anda, nama perusahaan Anda, dan nama yang memungkin orang untuk mampu mengenalinya. Ini juga berlaku untuk data pribadi Anda. Jangan biarkan siapapun untuk memiliki peluang mendapatkan data Anda secara mudah.

3. Penanggulangan masalah

Rutinlah untuk memeriksa setiap data penting yang Anda simpan pada perangkat kantor yang merupakan perangkat bersama. Gunakan keamanan yang sesuai untuk setiap data ataupun perangkat, Anda juga harus sering – sering melakukan backup terhadap data penting Anda.

4. Enskripsi informasi penting

Pernahkah Anda menemukan sebuah tulisan dengan berjuta huruf dan Angka yang tidak beraturan? Jika iya, maka itulah saat dimana si pemilik data melindungi data mereka. Ya benar, data penting dapat kita lindungi dengan memberikan sebuah enskripsi di dalamnya. Ketika mereka ingin kembali membacanya, maka ia akan melihat file asli yang ia simpan di tempat yang berbeda. Biasanya ini dilakukan oleh seorang developer yang tidak ingin kode programmnya diketahui dan ditiru oleh orang lain.

5. Gunakan solusi keamanan yang handal

Pastikan perangkat perusahaan yang digunakan sehari – harinya terbebas dari berbagai macam virus dan spam. Bisa dipastikan, jika perangkat dipenuhi dengan masalah tersebut, maka data penting kita tidak akan terselematkan. Untuk lebih mengamankan data, Anda juga bisa memindai setiap data menjadi suatu kelompok tertentu. Selain akan semakin memudahkan Anda dalam melihat dan mengatur file, file yang teratur akan sulit untuk ditembus oleh masalah seperti virus. Anda juga bisa melakukan ini pada email Anda, agar email penting Anda selalu terjaga dengan baik.

6. Selalu up date

Anda harus selalu mencari informasi terbaru tentang pengamanan sebuah perangkat dan data. Lakukan update secara rutin terhadap software atau aplikasi yang Anda gunakan. Karena dengan begitu, security yang Anda miliki juga akan mengikuti perkembangan zaman dan yang pasti akan lebih kuat.

7. Memberi pengetahuan kepada karyawan

Bukan hanya Anda sebagai pemilik perusahaan atau Anda yang berada pada bidang IT suatu perusahaan saja yang harus mengetahui apa dan bagaimana mengamankan setiap data penting perusahaan. Seluruh karyawan haruslah tahu tentang begitu pentingnya keamanan data untuk perusahaan. Berilah mereka sedikit pengetahuan akan itu, dan bagaimana cara menanggulangi ketika mendapatkan sebuah masalah tentang security sebuah data.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

8 Tips Mengatasi dan Mencegah Hacking pada Website Anda

6 Tips Melindungi Kegiatan Berinternet Anda dari Bahaya Cyber Crime

Tips Mengamankan Password untuk Kegiatan Berinternet Anda

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *