Running A Business

Tips Membuat Iklan Melalui Papan Reklame Billboard

 

Tips Membuat Iklan – Membuat iklan berupa papan reklame billboard memang bukanlah hal yang mudah. Tak hanya harganya yang mahal, Anda pun harus memastikan pemasangannya dengan benar, agar dapat menaikkan tingkat keterbacaan dan minat masyarakat terhadap produk yang Anda iklankan. Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan billboard sebagai alat marketing, Anda wajib meninggalkan kesan yang mendalam. Lantas, bagaimana tips membuat iklan melalui papan reklame billboard? Simak ulasannya berikut ini!

Tips membuat iklan paling dasar adalah memperhatikan judul utama Anda

Mengingat posisi iklan billboard di area jalan dimana masyarakat sedang bergerak, kemungkinan target audiens tidak memiliki cukup waktu untuk membaca setiap kata yang ada di iklan Anda. Oleh karenanya, sebaiknya gunakan enam kata dalam judul iklan Anda.

Hindari penggunaan paragraf penuh berisi huruf-hururf kecil.
Sasaran audiens dari billboard adalah pengendara mobil, motor, sepeda atau pejalan kaki. Pastikan billboard Anda mampu merebut perhatian, tetapi tidak mengganggu konsentrasi pembaca ketika berkendara.

Kreatif dan lugas juga menjadi kunci tips membuat iklan

Jadilah kreatif dengan ide-ide billboard Anda. Anda dapat menjadikannya sebagai iklan 2 atau 3 dimensi, bergerak, dan membuatnya berinteraksi dengan lingkungan. Sebuah billboard yang cerdas akan meninggalkan kesan pada audiens. Hindari penggunaan kalimat yang membingungkan dan justru membuat audiens Anda tidak menangkap pesan iklan Anda. Ingatlah, billboard adalah kesempatan Anda untuk mewujudkan kreatifitas yang mengesankan, maka gunakanlah sebaik mungkin.

Tak ada salahnya membuat banyak iklan

Sebuah billboard memang tidaklah murah. Selain itu, sifat billboard yang merupakan media bagi pasar massal dan tidak dapat menyasar langsung ke jantung segmentasi Anda, mewajibkan Anda butuh lebih dari satu iklan. Anda perlu menarik sebanyak mungkin mata agar tertuju pada billboard Anda.

Setiap billboard memiliki rating, yang disebut Gross Rating Points (GRP). Hal ini didasarkan pada lalu lintas, visibilitas, lokasi, ukuran dan sebagainya. Rating ini memberikan skor antara 1 hingga 100. Jika 50, berarti setidaknya 50% dari penduduk di daerah itu akan melihat papan Anda minimal sekali sehari. Anda pasti ingin menggunakan billboard dengan rating 100. Tapi sayangnya dia tidak akan murah. Makanya, jika anda hanya memiliki satu billboard, pengaruh anda jelas lebih kecil dibanding ketika memiliki empat atau lima billboard.

Pastikan mindset Anda tepat

Billboard adalah media iklan sekunder. Artinya, iklan ini ideal untuk membangun merek dan mendukung kampanye. Bukan untuk mengundang quick call. Namun, seringkali advertiser menampilkan nomor telepon dan alamat website di ujung billboard. 99% orang-orang yang benar-benar membaca billboard Anda, tidak akan begitu saja terhubung dengan Anda. Kecuali jika website atau nomor telepon Anda adalah headline dari billboard Anda. Jika Anda ingin mengundang percakapan dengan audiens Anda, maka lebih baik gunakan iklan cetak, televisi, radio, selebaran, dan website. Billboard bukanlah media yang tepat untuk respon langsung.

Demikian tips membuat iklan yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *