Technology

Tips Memilih Plugin WordPress yang Baik untuk Website Anda

 
  • 3
    Shares

Loading...

Ketika mencari sebuah plugin, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menuliskan apa saja yang Anda butuhkan. Menurut pengalaman kami, ada baiknya jika Anda membuat daftar kebutuhan anda berdasarkan tingkat kebutuhannya. Anda tak harus mencari plugin yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan WordPress Anda. Anda bisa saja menggunakan beberapa plugin yang dapat bekerjasama satu sama lain. Lalu bagaimana cara memilih plugin yang baik? Berikut tim mebiso akan membagikan tips memilih plugin wordpress yang terbaik:

Plugin Ratings

Pada sidebar halaman plugin terdapat informasi yang berguna bagi anda. Salah satunya adalah plugin ratings. Plugin ratings merupakan tolak ukurn apakah plugin tersebut kompatibel untuk wordpress Anda atau tidak. Perhatikan pula tanggal update plugin tersebut. Cek pula berapa jumlah download plugin, semakin banyak yang download maka semakin populer plugin tersebut.

Plugin Reviews

Ketika pengguna plugin memanfaatkan plugin tertentu, mereka diminta untuk menulis review. Anda dapat melihat ulasan review ini untuk membantu Anda menilai apakah plugin tersebut baik atau tidak. Support Overview
Pastikan pengembang plugin membantu Anda dalam menangani error. Biasanya pengembang memfasilitasinya dalam bentuk forum diskusi yang interaktif atau melalui email.

Compatibility

Untuk mengetahui apakah plugin tersebut compatible dengan wordpress Anda, Anda dapat mengecek dari review pengguna. Apakah pengguna yang mengatakan plugin tersebut broken lebih sedikit daripada pengguna yang mengatakan plugin bisa berjalan lancar? Jika banyak yang mengatakan dapat running well, maka Anda dapat mencobanya.

Check halaman FAQs

Jangan lupa untuk membaca halaman FAQ dan catatan lainnya tentang plugin tersebut karena didalamnya akan berisi bagaimana penggunaan plugin secara maksimal. Banyak pengguna langsung melapor bahwa plugin tidak berjalan benar tanpa membaca halaman FAQ terlebih dahulu, padahal informasi penting ada di halaman ini.

Testing a Plugin

Setelah Anda mendapatkan informasi terkait plugin tersebut, tak ada salahnya Anda mencobanya. Pada plugin-plugin yang tidak compatible script codenya dengan WordPress biasanya akan membuat wordpress Anda lambat diakses atau bahkan blank. Untuk memastikan kecepatan website Anda tidak melambat, Anda dapat mengecek kecepatan wordpress Anda menggunakan web tools yang pernah kami tuliskan di artikel 4 Tools Terbaik untuk Test Kecepatan Website Anda.

Wordpress

Ingat, bahwa plugin WordPress sifatnya open source yang berarti pengembang membuatnya tanpa garansi dan mereka pun tidak berkewajiban menjawab problem Anda. Namun, sebagian besar pengembang Plugin peduli dengan kode plugin mereka dan akan mencoba yang terbaik untuk menjawab pertanyaan dan memberikan dukungan kapan saja ketika mereka bisa.

Anda ingin memiliki solusi untuk wordpress anda sehingga anda tidak perlu repot memaintenance? Beon memberikan solusi yang tepat untuk Anda dengan peluncuran layanan barunya yaitu WORDPRESS HOSTING. Dapatkan informasi tentang WordPress hosting di halaman WordPress Hosting Indonesia. Tunggu apalagi, kini pakai WordPress semakin praktis saja :-)

source

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *