Running A Business

Tips Mendapatkan Pengunjung Lebih untuk Video Anda

 

Loading...

Saat Anda membuat sebuah video baik untuk bisnis ataupun untuk hobi Anda yang lain tentu Anda menginginkan banyak orang yang melihat dan menyukai video Anda bukan? Terlebih Anda juga membutuhkan feedback tentang video tersebut. Bukan hanya konten yang berkualitas yang dapat menarik perhatian pengguna internet untuk melihat video Anda, tapi ada banyak hal yang harus Anda lakukan supaya pengguna internet yang sebelumnya tidak mengenal Anda menjadi tahu dan mengenal siapa Anda dari setiap video yang Anda buat. Dan berikut ini adalah 5 tips yang akan membantu Anda untuk menarik perhatian dan mendapatkan pengunjung lebih banyak.

1. Buat title video yang ramah untuk SEO

Jika video bisnis yang Anda buat ditujukan untuk meningkatkan pengunjung pada website atau blog Anda juga, tentu saja Anda membutuhkan optimasi pada SEO video tersebut. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan mengoptimasi judul atau title dari video yang kita buat. Kita bisa membuat judul yang menarik dan sekiranya banyak dicari oleh penikmat internet. Selain judul, kita juga mengoptimasi SEO dari deskripsi produk. Ini juga akan sedikit membantu untuk SEO Anda di mesin pencari.

Ada juga yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu trend seperti apa yang sedang ada di masyarakat saat ini. Salah satu caranya yaitu melalui Google Trends. Dengan Google Trends, Anda bisa tahu tema apa saja yang sedang digandrungi dan sering dicari oleh pengguna internet. Anda bisa mencari ide dari sini.

2. Manfaatkan tag

Tag adalah cara lain yang bisa membantu pengguna internet dalam menemukan video kita di mesin pencari. Tag merupakan bentuk dari metadata yang menggambarkan suatu item dengan kata kunci dan dapat membantu kedua mesin pencari dan juga pengguna dalam menemukan konten yang sesuai atau relevan. Tidak seperti kategori, tag harus fokus pada setiap kata kunci tertentu yang dapat membantu mengidentifikasi konten video Anda.

3. Kirimkan video Anda

Yang terpenting jika video Anda ingin dilihat banyak oleh pengguna internet adalah dengan mempublishnya di media atau wadah yang memang khusus untuk video. Youtube masih menjadi pilihan utama untuk membagikan video baik bisnis atau yang lainnya. Youtube memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak dan potensial untuk setiap video yang diunggah. Dengan catatan, video masih sesuai dengan judul dan tema yang Anda buat sendiri. Selain Youtube saat ini masyarakat juga sudah mulai melirik Vimeo untuk wadah mereka mengunggah video. Sekalipun belum sebesar Youtube, namun pengguna dan peminat Vimeo sudah cukup banyak.

4. Berbagi video di sosial media

Setelah mengunggahnya ke Youtube atau Vimeo jangan lupa untuk mempromosikan video yang Anda buat ke sosial media yang Anda miliki. Anda bisa membagikannya di Facebook, Twitter, Instagram dan blog atau website Anda. Semakin banyak Anda membagikannya, dan semakin sering Anda mempromosikannya maka kesempatan untuk mendapatkan pengunjung jauh lebih banyak. Sertakan link video Anda pada halaman website atau blog Anda, pengunjung website akan tahu video Anda yang lain. Dan ini akan membuat lebih banyak yang melihat video – video Anda.

5. Gunakan jaringan Anda

Yang terakhir adalah dengan menggunakan jaringan baik personal ataupun industri untuk mempromosikan video bisnis Anda. Anda bisa meminta teman atau relasi Anda untuk mengunjungi situs video atau melihat salah satu video Anda. Terlebih saat video yang berhubungan dengan apa yang Anda jual. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Jika memang layak, video Anda akan dengan mudah mendapatkan feedback baik dan mendapatkan rekomendasi dengan baik dari relasi atau teman Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Mendesain Channel Youtube agar Lebih Menarik

7 Cara Menggunakan Google Trends untuk Menciptakan Konten Bisnis

15 Tips Membuat Konten tanpa Menulis Banyak Kata

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *