Keuangan Strategi Bisnis

Tips Mengatur Keuangan Ini Wajib Dicoba!

 

Tips Mengatur Keuangan – Mapan secara finansial tentu menjadi salah satu cita-cita Anda bukan? Namun menjadi mapan bukanlah hal yang bisa diwujudkan dalam semalam, karena ada usaha lebih yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkannya. Termasuk salah satunya mengatur dan mengelola keuangan secara benar. Lantas, bagaimana caranya ? Yuk, ikuti beberapa tips mengatur keuangan berikut ini!

Hindari Jebakan Ekspektasi

Hati-hati dengan jebakan ekspektasi! Punya banyak uang memang terasa menyenangkan, karena bisa banyak barang. Namun, bukan berarti hal ini akan memberikan kebahagiaan untuk Anda.

Justru, mereka yang berbahagia cenderung senantiasa bersyukur dengan apa dimiliki termasuk saat menerima apa yang diberikan untuk mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih menghargai apa yang dimiliki saat ini!

Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

tips mengatur keuangan

Apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan anda saat ini? Apapun itu, pastikan bahwa sesuatu yang dibeli adalah kebutuhan untuk Anda dan bukan keinginan semata. Sekalipun Anda memiliki dana berlebih, ada baiknya uang yang digunakan untuk memenuhi keinginan ditabung atau diinvestasikan bukan?

Miliki Manajemen Risiko Yang Baik

Banyak orang yang enggan untuk menabung dan berinvestasi karena ragu dan ingin menghindari risiko. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak berhenti mencari metode agar tetap aman. Sayangnya, tiap metode pasti akan memiliki risiko tersendiri termasuk ketika Anda akan memutuskan suatu hal.

Tak salah untuk cari aman, namun akan bermasalah ketika terlalu cari aman. Bukan berarti berisiko, lantas Anda malah tidak jadi menabung atau berinvestasi sama sekali. Usahakan untuk selalu memiliki wawasan lebih tentang manajemen risiko agar Anda tetap bijak saat ingin berinvestasi dan menabung.

Perhatikan Kondisi Finansial

Banyak hal di luar kendali yang bisa mempengaruhi kondisi finansial pribadi. Hal ini sering membuat kita sampai merasakan kondisi finansial yang kurang baik. Bahkan, tidak sedikit beberapa orang terlalu menyalahkan sekitarnya sebagai alasan yang menghambat kondisi finansial mereka.

Memang, kondisi finansial Anda saat ini bisa saja bukan sepenuhnya kesalahan Anda. Namun, hal tersebut tetap akan menjadi tanggung jawab bagi Anda secara pribadi.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Ini salah satu hal penting yang sering dilupakan banyak orang. Memiliki kartu kredit tentu saja hal yang wajar. Namun, sebagai seorang yang bijak Anda perlu berhati-hati akan hal ini. Termasuk, saat menerima penawaran kartu kredit walaupun kelihatan menggiurkan.

Gunakan kartu kredit untuk mencicil kebutuhan yang benar-benar esensial untuk Anda. Hindari menggunakan dana darurat untuk membayar tagihan kartu kredit.

Melek Finansial Itu Penting!

5 Cara untuk Mengatur Keuangan Selama Pandemi
Photo by Breakingpic from Pexels

Memang uang bukanlah segalanya dalam hidup. Namun cara mengelola keuangan yang tepat akan membantu Anda untuk menata hidup lebih baik. Tak ada alasan lagi untuk tidak melek secara finansial, apalagi sudah banyak referensi yang bisa Anda dapatkan.

Oleh karena itu, Mebiso menyediakan banyak referensi seputar finansial yang bisa Anda temukan disini. Dapatkan artikel ter-up-to-date lainnya dengan topik beragam, mulai dari entrepreneurship, bisnis, hingga kisah-kisah inspiratif hanya untuk Anda! Selamat Belajar!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

https://mebiso.com/cara-mengajarkan-bisnis-pada-anak-begini-tipsnya/

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/229744


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *