Keuangan Strategi Bisnis

Tips Mengatur Keuangan Super Ampuh, Wajib Coba!

 

Loading...

Tips Mengatur Keuangan – Mencari uang sudah pusing, mengaturnya lebih pusing lagi. Adakah yang merasakannya? Jika mengatur keuangan terasa memusingkan, Anda wajib mencoba berbagai tips mengatur keuangan berikut ini!

Hindari jebakan ekspektasi

Punya banyak uang terasa menyenangkan, karena bisa banyak barang. Banyak orang yang bekerja semakin keras dan semakin keras lagi, agar bisa membeli lebih banyak barang. Hati-hati, inilah yang dinamakan jebakan ekspektasi!

Bisa beli banyak barang tak lantas membuat Anda bahagia. Justru, orang yang bahagia adalah mereka yang senantiasa bersyukur dengan apa yang mereka punya. Puaslah dengan apa yang Anda miliki saat ini.

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Benar-benar pastikan bahwa saat membeli sesuatu, itu merupakan hal yang Anda butuhkan. Jangan sampai, hal tersebut ternyata hanya keinginan belaka. Apalagi ketika Anda jadi terlalu boros, karena tidak bisa mengontrol keinginan.

Prioritaskan menggunakan uang yang Anda miliki untuk kebutuhan. Walaupun Anda punya dana berlebih, ada baiknya ditabung atau diinvestasikan, bukan?

Otomatis pangkal hemat

Kini zaman sudah semakin praktis, banyak layanan keuangan bisa dilakukan secara online, termasuk bayar tagihan. Begitu pula dengan tabungan dan investasi, layanannya sudah dalam bentuk online. Bahkan, kita bisa mengaturnya agar uang yang kita miliki otomatis terpotong untuk melakukan hal-hal tersebut.

Selain praktis, ada manfaat lain dari sistem yang otomatis. Karena uang Anda sudah otomatis terpotong, Anda pun akan menjadi lebih enggan menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Jika Anda selama ini kerap menunda menabung atau berinvestasi, sistem otomatis akan memperkecil peluang Anda untuk menunda lagi.

Terlalu cari aman malah menghambat jalan

Banyak orang yang enggan untuk menabung dan berinvestasi karena ragu ingin menghindari risiko. Bahkan, mereka tak berhenti mencari metode yang aman. Sayangnya, tiap metode pasti memiliki risiko tersendiri.

Tak salah untuk cari aman, namun akan bermasalah ketika terlalu cari aman. Bukan berarti berisiko, lantas Anda malah tidak jadi menabung atau berinvestasi sama sekali. Justru, senantiasa perkaya wawasan Anda tentang manajemen risiko menabung dan berinvestasi.

Tak usah banyak alasan

Banyak hal di luar kendali yang bisa mempengaruhi kondisi finansial pribadi. Terkadang, kita bahkan sampai perlu merasakan kondisi finansial yang kurang baik.

Beberapa orang terlalu menyalahkan hal-hal di sekitarnya sebagai alasan terhambatnya kondisi finansial mereka. Memang, kondisi finansial Anda saat ini bisa saja bukan sepenuhnya salah Anda. Namun, hal tersebut tetap tanggung jawab Anda, tentunya Anda perlu mengurusnya.

Jangan tunggu diingatkan orang lain

Pedulilah dengan kondisi finansial Anda sendiri. Tak usah menunggu hingga diingatkan orang lain. Berinisiatiflah untuk mencari banyak referensi, serta berani untuk melakukan sesuatu.

Selain tips mengatur keuangan, masih ada tips-tips finansial lainnya

Melek finansial adalah kunci untuk hidup sejahtera. Tak ada alasan lagi untuk tidak melek secara finansial, apalagi sudah banyak referensi yang bisa Anda dapatkan.

Mebiso menyediakan banyak referensi seputar finansial, lho. Anda juga bisa membaca artikel-artikel ter-up-to-date lainnya dengan topik beragam, mulai dari entrepreneurship, bisnis, hingga kisah-kisah inspiratif. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/229744

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *