Running A Business

Tips Meningkatkan Traffic Website di Hari Libur

 
  • 1
    Share

   

Memasuki akhir pekan, seringkali pemilik bisnis bingung dan bahkan khawatir tidak mendapatkan pendapat sebanyak ketika hari aktif atau hari kerja. Tapi seiring perkembangan zaman, kini para apebisnis tidak pelru lagi bingung tentang menjual produk di hari libur. Sebab, menurut banyak penelitian kegiatan berbelanja masyarakat kini lebih banyak menggunakan smartphone ataupun tablet mereka. Yang artinya, sekalipun hari libur, bisnis yang Anda kembangkan melalui media online tentu akan mudah untuk ditemukan oleh masyarakat.

Tapi berbisnis dengan website tidak akan maksimal jika Anda melewatkan hal-hal berikut ini. Sebab langkah di bawah ini akan membantu Anda meningkatkan lalu lintas atau traffic di website Anda.

1. Pastikan penawaran yang Anda buat mudah ditemukan

Saat kita datang ke sebuah website, tentu kita membutuhkan setidaknya beberapa detik untuk bisa menemukan apa yang menarik dan apa yang kita butuhkan. Selama musim liburan, waktu yang dibutuhkan menjadi sangat terbatas. Anda harus memastikan bahwa Anda tepat saat memberikan penawaran kepada pelanggan. Mulai dari menyiapkan konten tulisan atau gambar sampai dengan membuat CTA atau tindakan langsung yang akan membuat pengunjung segera melakukan pembelian.

Tapi perlu Anda pastikan untuk mengirimkan traffic ke website Anda secara langsung. Yang artinya siapapun orang yang mengklik penawaran Anda akan langsung masuk ke website dan membeli produk Anda.

2. Buatlah leads magnet yang sesuai

Kita hanya memiliki waktu yang terbatas ketika musim liburan, terlebih ketika dituntut untuk mencapai target penjualan yang sangatlah besar. Waktu yang sangat terbatas ini bisa Anda gunakan untuk membuat enggagement dengan pelanggan Anda. Anda bisa membuat leads magnet untuk mendatangkan pengunjung dan mendapatkan data pengunjung. Setelah itu Anda bisa mengkonversi mereka menjadi leads yang akan dikirimi beberapa email auto responder. Email ini bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan kerja di proses yang lainnya, dan konversi pengunjung menjadi pelanggan ini bisa Anda serahkan pada paltform yang akan membantu Anda, seperti contohnya Clickfunnels.com.

3. Fokuslah menciptakan pengalaman terbaik untuk pelanggan

Sejak tahun 2014, traffic website versi mobile terus naik. Hampir 28,9% dari seluruh lalu lintas website berasal dari perangkat mobile, ini meningkat sebanyak 17% dibandingkan tahun 2013. Ini artinya konsumen lebih nyaman berbelanja melalui perangkat mobile mereka. Jika Anda juga ingin mengambil kesempatan ini, Anda harus memahami apa saja yang membuat pelanggan memiliki pengalaman terbaiknya. Mulai dari tampilan website yang user friendly, proses transaksi yang mudah sampai dengan kemudahan pelanggan untuk menelusuri setiap produk Anda.

4. Gunakan pop up untuk meningkatkan konversi website

Anda juga bisa menggunakan pop up yang berisi promo atau konten yang menarik minat pengunjung untuk terus masuk dan membaca. Anda bisa memberikan kode kupon di pop up tersebut, sehingga siapapun pelanggan yang datang, akan senang karena mendapatkan kupon gratis dari website Anda. Tentu saja dengan menyertakan form yang akan diisi email pengunjung website Anda.

5. Berikan daya tarik agar pengunjung datang kembali

Untuk meningkatkan traffic website toko online Anda, Anda harus tahu apa yang dapat menarik minat orang untuk datang, dan menggaet pengunjung yang sudah pernah datang untuk datang kembali. Keunikan dari website atau bisnis Anda adalah hal yang harus Anda utamakan. Dari situlah muncul banyak pengunjung baru dan lama yang kembali lagi. Tentu saja bukan hanya sekedar melihat isi website dan produk Anda, tapi juga membeli produk Anda. Buatlah tema atau konten yang bertemakan liburan, agar sesuai dengan waktu Anda memasarkan produk.

6. Gunakan livechat untuk menyapa pelanggan Anda

Yang terakhir adalah dengan menyediakan pelayanan terbaik, seperti pelayanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Ini sangat berguna ketika Anda ingin meningkatkan penjualan di musim liburan. Pelanggan yang membutuhkan solusi dari Anda kapanpun ia ingin, Anda bisa memberikan penawaran kepada mereka. Tapi sebelumnya untuk memaksimalkan tingkat konversi website Anda, Anda perlu untuk menghilangkan pertanyaan dan masalah yang mungkin akan disampaikan oleh pelanggan.

Anda bisa menawarkan percakapan melalui aplikasi my.livechatinc.com yang ditanamkan di website Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menawarkan obrolan dengan pelanggan-pelanggan Anda. Dengan begitu pelanggan merasa sangat penting bagi bisnis Anda. :)

Nah, jika sudah begini apakah Anda masih ingin menyia-nyiakan hari jumat ini untuk mempersiapkan week end kali ini? Sekalipun week end, Anda harus tetap optimal dalam mempromosikan dan memasarkan produk Anda.

Bagaimana memulai usaha dari 0 hingga

Bahkan jika Anda belum memulai bisnis, Anda bisa mulai mempelajarinya dari sekarang juga. Bersama dengan banyak pakar di bisnis, Anda bisa menghadiri Pesta Wirausaha TDA Surabaya. Di sini Anda bisa bertemu dengan banyak pengusaha lainnya untuk saling berbagi ilmu bahkan cerita seputar bisnis Anda. Dengan begitu Anda juga akan semakin mudah untuk mengembangkan bisnis di kemudian hari.

Anda bisa melihat penjelasan dan mendaftar secara langsung melalui halaman informasi berikut ini!

 

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *