Technology

Tips Menjaga Website Anda dari Serangan Virus dan Malware

 

Loading...

Laptop atau PC saja bisa terserang malware atau virus, maka begitu pula dengan server anda. Mereka bisa masuk dari mana saja. Ketika anda upload data, atau ada lubang di website. Maka meskipun server anda sudah dilengkapi dengan sekuriti yang bagus pun belum tentu anda bebas dari bayang-bayang malware.

Berikut adalah beberapa tips yang cukup ampuh untuk menjauhkan anda dari serangan malware:

  1. Daftarkan website Anda ke Google Webmasters. Di dalamnya ada fitur Malware Diagnostic yang dapat anda manfaatkan sewaktu-waktu, terutama jika website anda sudah diblokir oleh Google.
  2. Secara berkala lakukan check kesehatan situs Anda melalui Google Webmaster melalui fitur scanning virus yang sudah tersedia.
  3. Jika anda menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, Opencart, dlsb, maka hanya gunakan themes, plugin, dan module yang aman dan terpercaya. Baca baik-baik setiap review dari plugin yang akan anda pasang.
  4. Jika anda menggunakan CMS, jangan lupa untuk rutin update versi setiap komponen CMS anda begitu versi terbarunya sudah rilis. Komponen yang out of date cenderung dimanfaatkan malware untuk menyusup ke website anda.
  5. Pastikan laptop atau PC yang Anda gunakan untuk berinteraksi dengan hosting / server (upload data, login ke administrator, dlsb) itu bebas dari virus atau Malware. Pasang antivirus terpercaya di perangkat Anda.
  6. Gunakan salah satu dari aplikasi berikut untuk menyimpan sandi anda: 7 Aplikasi Penyimpanan Password Anda. Jika anda disiplin menggunakan aplikasi penyimpanan password seperti ini, setidaknya anda dijauhkan dari Keylogger.
  7. Jangan login di Wifi publik. Login anda bisa saja di-sniff oleh user lain. Hanya login JIKA anda berada di Wifi private.

Jika website anda sudah terserang malware. Apa yang harus anda lakukan?

  1. Gunakan fasilitas virus scanner yang sudah terdapat pada fasilitas account hosting Anda secara rutin. Misalnya jika anda menggunakan cPanel, ada tools ‘Virus Scanner’ untuk melakukan scan virus dan malware.

  2. Jika provider Anda memberitahu bahwa akun Anda melakukan spam email atau dianggap kena malware, jangan murka dulu ;-) Cari tahu secara baik-baik ke pihak provider mengenai informasi file apa yang digunakan untuk melakukan spam email / direktori mana yang kena malware dan bagaimana menanggulanginya.
  3. Silahkan check pada Google Webmasters tentang kesehatan situs Anda.

Beberapa kerugian yang diakibatkan malware terhadap anda:

  1. Space Anda akan membengkak. Biasanya jika website anda diserang oleh malware atau virus yang jenisnya melakukan spam email atau menggandakan file. Apabila space hosting Anda sudah habis, Anda tidak bisa melakukan beberapa aktifitas yang berhubungan dengan space hosting seperti upload gambar atau file, mengirimkan email, dan lain sebagainya.
  2. Account anda bisa saja di-blacklist (dari sisi domain maupun alamat IP). Efeknya adalah saat berkirim email, maka email kita akan di anggap spam, atau di-reject.
  3. Aktifitas virus atau malware tersebut selain merugikan Anda juga merugikan penyedia server Anda. Terutama jika hosting Anda shared, maka penggunaan resource server jadi terlampau tinggi dan mengganggu kinerja server. Sedangkan jika aktifitas yang dilakukan adalah spam email, maka antrian pengiriman email akan penuh dan account lain jadi terhalang dalam prihal mengirim email.

Kenapa website anda terserang virus / malware. Apa motif penyerang? Kami telah menyiapkan tulisan yang mungkin dapat sedikit banyak menjawab pertanyaan ini. Anda dapat membacanya di sini: Lindungi Website dari Bahaya Botnet

Nah pembaca MEBISO, semoga website anda senantiasa bebas dari virus dan Malware :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *