Business Says Running A Business Start A Business

Tips Menjalankan Bisnis Konsultan Bagi Pemula

 

Loading...

Tips Menjalankan Bisnis KonsultanMembuka bisnis konsultan dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Lantas, apa sajakah tips yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis konsultan, terutama bagi pemula?

Tips menjalankan bisnis konsultan nomor satu: lengkapi dulu ceklis berikut!

Sebagai konsultan, Anda akan menjadi pihak kepercayaan perusahaan atau individu untuk memberikan nasihat terkait bidang yang Anda kuasai. Agar dapat menjadi konsultan terpercaya, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan terlebih dahulu.

1. Apakah saya memiliki sertifikasi dan lisensi yang dibutuhkan?

Sesuai profesi yang Anda geluti, Anda mungkin membutuhkan sertifikasi atau lisensi khusus. Pastikan bahwa Anda telah memiliki sertifikat dan lisensi yang dibutuhkan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kredibilitas Anda.

2. Apakah diri saya memenuhi syarat?

Jika Anda ingin menjadi konsultan suatu bidang, pastikan bahwa Anda berwawasan luas untuk bidang tersebut. Anda juga harus siap untuk senantiasa belajar agar wawasan Anda selalu up-to-date.

3. Apakah saya cukup terorganisir?

Konsultan yang baik adalah ia yang selalu terencana, memiliki manajemen waktu yang baik, serta terorganisir. Kedisiplinan dan keteraturan adalah hal terpenting yang harus Anda miliki.

4. Apakah saya siap memperluas network?

Networking adalah salah satu resep kelanggengan bisnis konsultan! Dengan memperluas network, akan semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan klien potensial.

5. Apakah saya memiliki tujuan yang jelas?

Memiliki tujuan yang jelas membantu Anda untuk merencanakan bisnis. Jika perencanaan Anda dalam menjalankan bisnis tidak cocok dengan waktu dan energi yang dibutuhkan, ada baiknya Anda berpikir lagi untuk maju.

Menentukan target market!

Pastikan bahwa Anda memiliki klien untuk bisnis Anda. Apakah Anda akan menyasar perusahaan-perusahaan besar? Atau… apakah Anda akan lebih menjangkau badan usaha yang lebih kecil?

Menjadikan rumah sebagai kantor, bila memungkinkan

Ketika baru menjalankan bisnis, ada kemungkinan Anda tidak membutuhkan penanaman modal yang besar, termasuk untuk hal tempat bisnis Anda. Sah-sah saja lho, menjadikan rumah sebagai kantor konsultan. Selain irit biaya, bisnis Anda pun dapat menjadi lebih fleksibel. Oh ya, Anda juga tidak perlu dihantui macet-macetan di jalan karena harus berpergian ke kantor!

Memiliki karyawan atau menggunakan jasa?

Seiring dengan berkembangnya bisnis, Anda akan membutuhkan bantuan pihak lain dalam melakukan pekerjaan. Untuk beberapa pekerjaan seperti kesekretariatan, Anda bisa saja menggunakan layanan jasa. Tanyakan rekan sesama konsultan agar Anda mendapatkan referensi terpercaya.

Memiliki karyawan ketimbang menggunakan jasa bantuan bisa jadi pilihan yang tepat. Ada beberapa keuntungannya.

Pertama, Anda bisa menghemat waktu dan uang karena Anda bisa fokus melakukan pekerjaan utama, sedangkan karyawan melakukan pekerjaan lainnya. Anda juga akan terbebas dari membayar jasa layanan, apalagi ternyata jasa tersebut tidak worth it!

Kedua, Anda tidak perlu resah ketika harus meninggalkan kantor untuk beberapa saat, karena ada karyawan yang siap meng-handle kantor. Ketiga, karyawan Anda dapat memberikan perspektif lain, yang tentunya sangat berguna ketika Anda perlu mengambil keputusan.

Menentukan tarif dengan tepat

Apakah Anda akan menerapkan tarif per jam, per proyek, atau bahkan per bulan (retainer fee)? Apapun macam tarif yang Anda tentukan, jangan sampai terlalu murah juga terlalu mahal! Anda bisa melakukan riset tarif lembaga konsultan lain untuk membuat perbandingan harga.

Tips menjalankan bisnis konsultan terakhir: Menyusun strategi marketing yang jitu

Sama seperti bisnis lainnya, Anda pun perlu memasarkan bisnis agar klien terus berdatangan. Perhatikanlah metode marketing yang Anda lakukan. Kreativitas sangat diperlukan dalam memasarkan bisnis Anda.

Selalu perkaya wawasan Anda!

Hal yang paling penting, selalu perkaya wawasan Anda! Menjalankan bisnis bisa menjadi sangat dinamis, tentunya Anda harus selalu siap. Anda bisa lho, membaca berbagai artikel menarik dari Mebiso sebagai referensi menjalankan bisnis.

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/41384

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *