Inspirasi

4 Tips Networking Untuk Introvert di Dunia Kerja

 

Tips networking untuk introvert – Bagi seorang introvert, acara networking bisa menjadi momok yang menyeramkan. Bayangan untuk bertemu dengan orang baru seringkali membuat introvert lebih memilih tidur di kasur daripada harus keluar rumah.

Tapi terkadang, kewajiban kerja atau tuntutan bisnis yang Anda jalankan mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan orang baru, alias networking.

Jika Anda seorang introvert, networking bisa menjadi pengalaman yang mencemaskan bagi Anda. Tapi tenang, lewat artikel ini, Mebiso akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk melakukan networking.

Simak 4 tips networking untuk introvert yang terjamin ampuh ini.

1. Jangan ragu-ragu membuka obrolan

tips networking untuk introvert
Sumber gambar: pexels.com/@rawpixel

Seorang introvert itu berbeda dengan pemalu. Introvert adalah pribadi yang cenderung enggan membuka diri. Sementara pemalu ragu untuk mulai percakapan – meski kadang ingin. Selain itu, pemalu cenderung ragu-ragu akan hal yang mau disampaikannya sehingga membuat percakapan berujung kikuk.

Tips networking untuk introvert pertama ini mengharuskan Anda untuk membuang jauh-jauh label negatif yang Anda sematkan ke diri Anda. Sematkan afirmasi positif pada diri Anda, seperti “saya memiliki kemampuan untuk bercakap dengan baik dan menyenangkan.”

Ketika hendak membuka obrolan dengan orang baru, tenangkan diri Anda terlebih dahulu dan anggaplah Anda sedang berbincang santai. Dengan begitu obrolan Anda dengan lawan bicara akan mudah mengalir.

2. Bayangkan hal baik yang akan terjadi

hal baik yang terjadi saat networking
Sumber gambar: pexels.com/@rawpixel

Seorang introvert cenderung memikirkan hal-hal negatif ketika akan berinteraksi dengan lawan bicara. Contoh hal yang ditakutkan, misalnya takut apa yang dikatakan menyinggung, bahasa tubuh yang kaku, atau justru terlihat tak ramah.

Pikiran-pikiran negatif tersebut justru menghambat Anda untuk membuat kemajuan dalam berinteraksi.

Alih alih berpikir seperti itu, mulai sekarang cobalah berpikir positif. Coba pikirkan hal baik yang bisa terjadi jika Anda memberanikan diri berinteraksi dengan orang lain. Salah satu hal baik yang bisa terjadi adalah Anda mendapatkan pekerjaan atau mungkin peluang bisnis baru.

3. Menjadi pendengar yang baik membuat Anda disenangi banyak orang

tips networking untuk introvert
Sumber gambar: unsplash.com/@amyhirschi

Dalam banyak percakapan, seringkali terjadi komunikasi yang tidak efektif. Hal tersebut terjadi karena orang mendengarkan apa yang dibicarakan lawan bicara hanya untuk menimpali apa yang lawan bicaranya ucapkan, bukan untuk memahaminya.

Jadi, masing-masing memiliki kecenderungan untuk menang sendiri dalam percakapan.

Berbeda dengan Anda yang memiliki kepribadian introvert. Orang introvert seperti Anda biasanya cenderung mendengarkan omongan orang lain dengan sungguh-sungguh. Jadikanlah ini modal utama Anda untuk networking.

Cobalah mendengarkan lawan bicara Anda tanpa memotong pembicaraan, tidak mengecek telepon genggam, ataupun kehilangan fokus saat mendengarkannya.

Sangat jarang ada orang yang benar-benar hadir untuk mendengarkan lawan bicara. Namun, Anda bisa menjadi salah satunya dan itu sangat efektif untuk menjalin hubungan dengan rekan Anda.

Menjadi pendengar yang baik inilah yang bisa membuat orang lain tertarik berbincang dengan Anda.

4. Memiliki opini yang kuat membuat Anda menonjol

tips networking untuk introvert
Sumber gambar: pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Tak bisa dipungkiri bahwa introvert memiliki wawasan yang luas. Mereka terkenal sebagai pribadi yang gemar mempelajari hal-hal baru. Mereka lah yang saat sekolah dulu suka menghabiskan waktu membaca buku-buku di perpustakaan. Hasil dari belajar tersebut membuat wawasan seorang introvert menjadi luas.

Tak hanya itu, wawasan yang luas ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membentuk suatu opini. Jika Anda seorang introvert, kemungkinan Anda memiliki opini yang berbeda akan suatu isu dari orang kebanyakan.

Anda bisa membentuk opini unik karena bacaan Anda lebih banyak dan wawasan Anda lebih luas sehingga opini Anda lebih berbobot.

Hal ini sebenarnya bisa anda manfaatkan. Memiliki opini yang berbobot membuat Anda lebih menonjol dibanding orang lain yang sekedar menyambut omongan orang lain.

Anda jadi punya ciri khas dan lebih mudah diingat oleh orang.

Penutup

Menjadi seorang introvert seharusnya tidak menjadikan Anda cemas untuk berinteraksi dengan orang baru. Hal tersebut hanya salah kaprah semata. Berbekal 4 tips di atas, Mebiso yakin Anda bisa melakukan networking dengan maksimal.

Selamat mencoba.

Baca juga artikel menarik lainnya:

4 Manfaat LinkedIn Bagi Perusahaan yang Langsung Bisa Dirasakan

Wajah Baru Facebook Segera Hadir – Strategi Ampuh Kah?

5 Langkah Mudah Memulai Email Marketing Untuk Pemula


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *