Running A Business

Tips Online Marketing dengan Budget Minimal

 
  • 5
    Shares

   

Bila Anda sudah memiliki toko online, atau baru saja membuat toko online, kesulitan pertama pastinya adalah memasarkan website toko online anda. Nah, saya akan membagi tips yang saya terapkan di HaiLadies.com untuk maksimalkan income dengan budget yang minim. Boleh dicoba ;-)

1. Pasarkan di Website Iklan Baris

Website khusus iklan baris seringkali disepelekan oleh banyak pengguna internet. Tapi bila anda search google.co.id tentang sebuah produk, bisa saja anda menemukan hampir 3 / lebih, situs iklan baris yang bercokol di halaman pertama. Sebesar itulah saya pikir kekuatan iklan baris bisa berpengaruh.

2. Be Part of Forum

Ada banyak sekali forum-forum dan komunitas-komunitas khusus di Indonesia. Mulai dari komunitas hobi sampai yang berbau porno. Dan hebatnya, semua forum ini punyai member aktif yang tidak sedikit. Asal sesuai dengan pasar anda, maka saya pikir berlaku rumus “member aktif = calon customer”. Triknya adalah jadi bagian dari komunitas-komunitas ini, misalnya aktif posting artikel yang secara tidak langsung bisa dikaitkan dengan produk jualan anda. Tetapi tentunya tidak boleh berlebihan dan tetap sesuai dengan rule yang berlaku.

3. Maksimalkan Sosial Media

Asal tepat, punya akun sosial media seperti Twitter dan facebook bisa sangat membantu penjualan produk kita. Untuk menggaet follower dan simpatisan, anda harus “Be part of the community”, yaitu posting tentang hal-hal yang menarik dan tepat guna, bukan sekedar promosi produk anda. Tips berikutnya adalah posting pada jam-jam yang kemungkinan besar akan dilihat target market Anda. Misalnya bila target market Anda anak-anak SMP-SMU, maka jangan posting promo produk Anda pada jam pelajaran / masuk sekolah.

4. Manfaatkan Marketplace

Marketplace adalah sebuah situs yang mewadahi sejumlah penjual yang ingin menjual produknya di sana. Di Indonesia ada banyak sekali marketplace gratis yang bisa anda masuki. Seperti tokobagus.com, FJB kaskus.co.id, tokopedia.com, blibli.com, berniaga.com, rakuten.com, dlsb. Karena di marketplace anda akan bersaing dengan ribuan seller lain, maka anda harus rajin update produk. Sebab bila Anda tidak punya jadwal yang pasti untuk update produk, lapak Anda akan ditindas oleh saingan Anda, sehingga produk Anda akan berada di urutan terbawah dan tidak terlihat oleh pengunjung.

5. Miliki Blog

Bagi beberapa kalangan yang belum tahu manfaatnya, blog memang sepertinya kurang begitu diminati. Tapi tahukan anda bila pada dasarnya Google memfavoritkan blog dibandingkan website biasa? Artinya SEO dari BLOG sangat bagus. Anda mungkin juga bisa simak sejenak artikel kami mengenai Bagaimana Blog Bisa Membantu Bisnis Anda berikut.

Nah, satu hal yang mesti diingat di sini adalah meski kegiatan-kegiatan di atas akan anda rasa menjemukan, namun anda harus terus berpegangan pada prinsip bahwa “nothing GREAT comes EASILY”. Jadi saya sarankan tetap bertahan, dan saya sampaikan selamat atas meningkatnya income toko online Anda. :-)

           
  • 5
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 13 September 2012 - pukul 18:56

    Terimakasih buat 5 tips online marketing budget minimal yang sudah dishare, memberi pelajaran berharga buat para pemula dan sang pembelajar. Sukses pak buat bisnis online atau online marketingnya.

    • 13 September 2012 - pukul 20:05

      Sama-sama Pak, semoga sukses juga buat Bapak.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *