Character Building Leadership

Tips Pandai Public Speaking bagi Pebisnis UKM

 

Loading...

Tips pebisnis UKM – Wajar, jika tak semua orang merasa nyaman saat berbicara di depan umum. Namun, apakah sebagai pebisnis Anda mau terus-menerus terjebak dalam rasa tidak nyaman tersebut? Mengingat peran Anda sebagai pebisnis yang cenderung lebih banyak bertemu secara langsung dengan customer, klien, atau bahkan investor. Tak ada salahya jika Anda mengenal beberapa tips public speaking dalam menjalani peran sebagai pebisnis UKM.

Sebagai pebisnis UKM, materi yang matang menjadi tips penentu

Momen saat Anda tampil dan berbicara di depan umum merupakan puncak dari proses persiapan dan latihan presentasi yang telah dilakukan sebelumnya. Semakin Anda siap, semakin kecil risiko Anda merasa khawatir akan terlihat gugup, lupa dialog, atau tidak lancar berbicara.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk mematangkan terlebih dulu materi apa yang akan Anda sampaikan di depan umum.

Jika waktu memungkinkan, Anda bisa memastikan terlebih dulu siapa sajakah orang-orang yang akan menjadi lawan bicara atau audiens, serta bagaimana latar belakangnya secara umum. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah menggunakan gaya bahasa yang tidak sesuai dengan cara berpikir orang-orang yang melihat Anda berbicara.

Terapkan postur tubuh yang baik

Rasa takut Anda saat berbicara di depan umum bisa dikurangi dengan belajar mengatur tubuh agar lebih rileks. Mulailah dengan atur napas sambil duduk santai. Regangkan tubuh agar tidak terlalu tegang.

Selain itu, ambil waktu sejenak untuk bersantai sembari memikirkan dan mempersiapkan materi presentasi yang akan Anda lakukan. Coba lakukan ini setiap kali kamu akan berbicara di depan umum. Niscaya, Anda akan lebih tenang dan tidak gugup

Tips public speaking bagi pebisnis UKM yang tak kalah penting adalah memperbanyak pengalaman

perbanyak pengalaman public speaking
Sumber: Austin Distel di Unsplash

Setelah Anda berhasil menaklukkan rasa takut dengan berani berbicara di depan umum, tak ada salahnya untuk kembali mencoba melakukannya di tempat yang lebih banyak dan variatif. Anda dapat melakukannya secara bertahap dengan meningkatkan skala acara, dari yang paling kecil hingga terbesar.

Ini adalah kesempatan Anda untuk melatih keterampilan berbicara di depan umum dengan membenahi kesalahan yang sebelumnya sempat dilakukan. Dengan banyak belajar dari pengalaman, Anda akan sadar bahwa semua hal yang awalnya menakutkan, bisa diatasi dengan keyakinan atas sebuah proses.

Ubah pola pikir menjadi lebih positif!

Ubahlah pola pikir Anda dengan menanamkan keyakinan baru. Keyakinan Anda sebelumnya yang meragukan kemampuan diri sendiri harus perlahan dibuang.

Sebab, dengan mengurangi pola pikir negatif ini dapat membantu Anda melawan pernyataan dan keyakinan negatif dan mengubahnya menjdi lebih positif. Ini akan melatih Anda lebih berani menghadapi situasi berbicara di depan umum.

Tenang, Anda tidak perlu merasa panik dan terburu-buru menjadi public speaker handal dalam waktu sekejap. Sebab, semuanya pasti membutuhkan proses. Namun, selagi Anda mulai mencoba memberanikan diri bericara di depan umum, tetap telaten melakukan tips di atas, ya! (dok. Unsplash)

Baca juga:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *