Tips Bisnis

Tips Atasi Kantuk dan Gagal Fokus saat Berjualan

 

Tips Berjualan – Menghadapi kenyataan bahwa hari ini Anda masih harus kembali bekerja dan menjalankan bisnis, seringkali justru membuat Anda merasa malas dan mengantuk saat berjualan. Eits, tenang, ada beberapa cara supaya hal ini tak terus menerus mengganggu Anda, kok. Berikut ini ada beberapa tips yang patut dicoba agar tetap fokus dan tidak gampang mengantuk saat berjualan!

Tips berjualan anti kantuk diawali dengan teknik mengatur napas

Menarik napas yang dalam sangat berguna untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan energi di dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan rasa kantuk.

Awali dengan posisi duduk yang tegak dan letakkan tangan pada perut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan Anda. Lalu hembuskan napas melalui mulut. Cobalah mengulangi teknik ini sebanyak 10 kali. Niscaya, rasa kantuk Anda akan semakin berkurang.

Lakukan tips atasi kantuk saat berjualan dengan mengobrol

Cobalah untuk menyempatkan berbincang dengan rekan kerja Anda ketika rasa kantuk mulai datang. Pilihlah topik pembicaraan yang seru dan tidak menyangkut soal pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Sehingga, dengan begitu rasa kantuk akan terasa mulai berkurang.

Nyatanya, wewangian juga jadi tips ampuh atasi kantuk saat berjualan

Menghadirkan aroma atau wewangian tertentu di ruang kerja, sangat ampuh untuk meningkatkan mood kerja, karena indera penciuman termasuk indera yang tajam dan bisa memengaruhi aktivitas otak serta meningkatkan produktivitas atau aktivitas Anda. Salah satunya, aroma peppermint.

Aroma ini akan meningkatkan semangat Anda untuk beraktivitas, sehingga terhindar dari rasa kantuk dan gagal fokus saat menghadapi pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba wewangian citrus yang tak kalah menambah semangat.

Perbanyak gerak ketika berjualan, yuk!

aktivitas saat berjualan
Kampus Production di Pexels

Adapun cara lain untuk menghilangkan kantuk ketika berjualan yakni dengan bergerak atau berjalan kaki. Anda bisa memanfaatkan kegiatan menawarkan produk atau melayani pelanggan sebagai trik menghilangkan kantuk.

Sebab, kegiatan bergerak atau berjalan kaki ini bisa meningkatkan energi dan memompa oksigen menuju seluruh tubuh. Dengan demikian rasa ngantuk akibat kekurangan suplai oksigen bisa dihindari.

Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan Anda!

Faktanya, rasa kantuk bisa disebabkan oleh tubuh yang sedang kekurangan asupan cairan. Tubuh yang kekurangan cairan cenderung mengalami penurunan kadar oksigen, sehingga menyebabkan rasa kantuk.

Oleh sebab itu, minumlah air putih lebih banyak agar tubuh tidak dehidrasi dan semakin lemas. Selalu sediakan air mineral di meja kerja atau di dalam tas pinggang saat melayani pelanggan.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda semakin terhindar dari kebiasaan mengantuk saat berjualan ya. Tetap semangat beraktivitas!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *