Technology

Tips SEO untuk Desain Website Anda

 
  • 34
    Shares

Loading...

Satu dari sekian tantangan yang harus dihadapi pebisnis online adalah bagaimana memadukan faktor desain yang berkualitas tanpa mengabaikan SEO (Search Engine Optimization) dari website tersebut. Sebab kaitan keduanya untuk keberhasilan pebisnis online sangatlah besar.

Katakanlah desain yang bagus akan menaikkan tingkat user experience untuk betah di website anda (bahkan menjadi customer). Maka SEO yang bagus akan meningkatkan kemungkinan user untuk mengklik bisnis anda melalui halaman hasil pencarian Google.

Berikut 9 hal umum yang perlu diperhatikan untuk tingkatkan kualitas SEO pada setiap website yang anda desain:

1. Tambahkan sebuah blog

Tidak banyak update yang bisa dilakukan pada sebuah website sejenis company profile atau brosur online. Sedangkan mesin pencari biasanya memprioritaskan website yang rutin diupdate. Maka, menambahkan sebuah blog merupakan solusi paling pas untuk menyatakan pada mesin pencari bahwa website kita ‘hidup’ dan ‘berpenghuni’. Lewat blog, anda bisa rutin mengupdate konten segar untuk website anda.

Di samping untuk memuaskan mesin pencari, memiliki blog juga meningkatkan potensi bagi pembaca untuk melakukan bookmarking dan share di akun sosial media mereka masing-masing.

2. Jadikan halaman anda unik

Google mengurutkan ranking bukan berdasarkan konten website saja, namun juga melihat keunikan konten tersebut. Jika Google menemukan di halaman anda ada konten yang sama dengan website lain, resikonya website anda akan dianggap melakukan duplikasi konten dan ditolak oleh spider Google. Maka, hindari untuk melakukan duplikat konten (copy-paste artikel) dan proteksi artikel anda agar tidak bisa diduplikasi orang lain.

Website juga dianggap melakukan duplikasi konten jika halaman www dan non-www pada website tersebut dibaca sebagai dua halaman yang berbeda. Gunakan .htaccess pada website anda untuk melakukan redirection antara www ke non-www atau sebaliknya.

3. Batasi penggunaan keyword dalam suatu halaman

Memasang sebanyak mungkin keyword ke halaman website memang penting. Namun jika dilakukan secara berlebihan, mesin pencari justru menganggap website anda sebagai spam. Maka batasi penggunaan keyword anda dengan hanya menggunakan 3% dari total kata suatu halaman. Artinya, anda hanya boleh mengulang 3 keyword yang sama dari 100 kata-kata yang terdapat pada satu halaman website anda.

4. Hindari code bloat

Mesin pencari tidak bisa begitu saja menemukan artikel yang harus dicrawl. Dia harus mengubah dulu kode HTML ke dalam bentuk konten. Itulah sebabnya “code bloat” sangat dibenci oleh mesin pencari. Code bloat terjadi jika anda menulis JavaScript dan CSS jadi satu dengan file HTML anda. Hal ini akan melambatkan rasio konversi kode-ke-konten dari spider mesin pencari.

Code bloat juga bisa melambatkan waktu loading halaman anda, dan meningkatkan kemungkinan munculnya error pada halaman anda. Maka, biasakan untuk menulis semua kode JavaScript dan CSS anda pada file yang terpisah.

5. Isi tags <title> dengan keyword

Tags <title> adalah tulisan yang akan ditampilkan pada title bar browser anda. Di tag <title>, biasanya orang akan cenderung menulis nama perusahaannya. Namun anda bisa memanfaatkannya dengan lebih baik. Yaitu mengisinya dengan keyword yang anda target untuk mendapat ranking lebih tinggi pada mesin pencari.

Batas panjang karakter, termasuk spasi, yang boleh dituliskan dalam tags <title> adalah 60 karakter. Selebihnya akan dipotong secara otomatis oleh Google untuk (kadang) ditampilkan pada halaman hasil pencariannya sebagai judul konten anda.

6. Manfaatkan tags <meta description>

Tags <meta description> adalah tulisan yang (kadang) akan ditampilkan pada bagian konten di halaman hasil pencarian Google. Maka, tulis deskripsi yang meyakinkan agar pengguna Google mau mengklik halaman anda.

Batas panjang karakter, termasuk spasi, yang boleh dituliskan dalam tags <meta description> adalah 160 karakter.

7. Buat halaman yang berbeda untuk masing-masing frase keyword

Cara terampuh agar sebuah website mendapat ranking tinggi untuk setiap frase keyword yang ditarget adalah dengan membuatkan sebuah halaman khusus untuk masing-masing frase keyword yang ditarget. Misalnya satu halaman untuk setiap produk atau layanan yang anda jual.

Selain mendongkrak SEO, halaman-halaman ini akan membuat user mendarat pada landing page yang tepat dari kata kunci yang dicarinya. Sehingga, setelah mengklik website anda dari daftar hasil pencarian Google, user sudah langsung menemukan apa yang dicarinya.

8. Tambahkan inbound link ke semua halaman — pada bagian Footer

Menambah link pada anchor text (keyword yang ditarget), bisa memberikan peningkatan signifikan untuk upaya SEO anda. Masalahnya, kebanyakan desain website yang bagus biasanya menggunakan media grafis seperti JavaScript, dan Flash yang tidak memiliki anchor text. Nah, untuk website semacam inilah anda bisa menambahkan footer yang isinya inbound-inbound link yang saling terhubung pada halaman website anda. Pada inbound link tersebut, anda bisa mengatur anchor textnya sesuai keyword yang anda target.

9. Registrasi Google Analytics

Google Analytics (http://www.google.com/analytics) merupakan sebuah paket software analytic yang bisa mensupply anda dengan sejumlah data penting mengenai kegiatan user di dalam website anda. Dengan fungsi-fungsinya seperti Goal Tracking, Event Tracking, dan Bounce Rates, anda bisa mengumpulkan berbagai informasi berharga yang bisa digunakan untuk menentukan rencana bisnis anda di tahun 2012.

Sebagai pendamping Google Analytics, daftarkan juga akun Google Webmaster untuk website anda pada http://www.google.com/webmasters. Tidak perlu diragukan lagi bagaimana perpaduan kedua tools ini bisa meningkatkan leverage bisnis online anda. Terutama bagi anda yang menguasainya.

Dengan mengintegrasikan semua tips di atas ke dalam setiap proyek desain website anda, maka kami harap anda bisa mendapat peningkatan rate sales dan income berkat mesin pencari.

Salah satu CMS yang menerapkan tips di atas adalah Jagoan Store. Cek keunggulannya melalui jagoanstore.com.

Loading...

  • 34
    Shares

20 komentar

  • 18 Januari 2012 - pukul 21:10

    Sangat komplit dan bermanfaat, jadi tambah ilmu nih,, cuma beberapa aja diprakteken… Baru posting, 10 menit langsung terindex ma mbah Gugel….

    • 20 Januari 2012 - pukul 14:44

      wah, terimakasih sudah dipraktekkan pak.. alhamdulillah bisa bermanfaat

  • 20 Januari 2012 - pukul 12:11

    mantep nih infonya…
    coba dulu kang :D

    • 20 Januari 2012 - pukul 14:42

      selamat mencoba pak :-)

  • 27 Januari 2012 - pukul 5:09

    Maaf mau nanya gan. Kalo meta keyword dalam satu web ada batas maksimalnya? ditinggu jawabannya ya gan n thanks :)

    • 27 Januari 2012 - pukul 15:56

      Sepertinya untuk meta keyword tidak dibatasi pak. Namun dihitung jadi satu dengan poin (3. Batasi penggunaan keyword dalam suatu halaman) :-)

  • 3 Februari 2012 - pukul 21:48

    mantap,, tak coba aja…

  • 14 Februari 2012 - pukul 19:37

    menemukan artikel yang bermanfaat disini.
    Aku baru buat website dan akan aku praktekan.
    Thanks yah..

  • 19 Februari 2012 - pukul 9:04

    Thnks bgt gan infonya, saya coba ya gan….

  • 5 Maret 2012 - pukul 11:01

    mas mau nanya ni, klo msalkan di 3 halaman terdapat keyword yang sama, apakah hal tersebut efektif ?
    atau adakah larangan dalam hal tersebut ?
    mohon pencerahannya

    • 5 Maret 2012 - pukul 11:09

      tidak ada larangan :-)
      mungkin kalau soal pembatasannya lebih ke poin 3 dari artikel di atas.
      di masing-masing halaman tidak boleh ada lebih dari 3% keyword yg sama

      • 5 Maret 2012 - pukul 11:14

        berarti gpp ya klo kita menggunakan keyword yang sama pada halaman yang berbeda. hanya tinggal penggunaan keyword density nya saja ya?

        • 5 Maret 2012 - pukul 12:41

          benar pak :-)

  • 30 April 2012 - pukul 17:33

    nice info mas, coba dulu ya.

  • 8 Mei 2012 - pukul 15:38

    webku kan br pake satu keyword,
    gimana sih caranya aku bisa tambah 2 keyword lagi…..tolong bantu aku ya…tengkyu…

    • 11 Mei 2012 - pukul 13:17

      Pada dasarnya semua konten / tulisan yang anda masukkan di halaman web sudah merupakan keyword pak
      Tinggal sering-sering saja disebutkan keyword tersebut pada halaman2 di website anda.
      Semoga bisa membantu :-)

  • 15 Mei 2012 - pukul 14:54

    benar juga kata mas taufik….
    Udah aku buktiin,emang semua bisa jd keyword…
    Makasih sang Jagoan………..hahahay
    met sukses selalu

  • 10 Agustus 2012 - pukul 18:23

    Klo menambah categori itu apa sama dengan halaman?
    Mohon pencerahannya :)

    • 13 Agustus 2012 - pukul 14:18

      Sama pak, sebab categories sendiri pada dasarnya querynya memanggil halaman :-)

  • 14 April 2013 - pukul 5:11

    Layak dicoba nih untuk web saya. terimakasih.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *