Interviews

Tips Social Media Marketing ala @nukman

 

   

Bagi kita, social media adalah tempat curhat. Tapi bagi Nukman Luthfie (sudutpandang.com, Penggiat Online Marketing di Indonesia), social media punya nilai lebih dari itu. Melalui engagement yang tepat, social media bisa jadi sarana terbaik untuk memasarkan bisnis ke jangkauan yang lebih luas. Nah, untuk mencapai tujuan ini, Nukman berbagi 9 tips Social Engagement. Berikut di antaranya:

1. Kita harus punya akun di sosial media, sekarang juga. Karena kini, username unik sudah sangat susah didapatkan di social media seperti Facebook dan Twitter. Kita berlomba-lomba dengan berjuta-juta user lain.

2. Kita harus punya website yang integrasi ke sosial media. Bahkan yang sederhana sekalipun tidak apa-apa, selama sesuai fungsinya.

3. Setiap pagi aktivitas berinternet anda pertama kali adalah Search bisnis anda di social media, kemudian dengarkan apa yang mereka katakan tentang bisnis anda.

4. Selepas mendengarkan, berikutnya adalah berkomunikasi. Contoh nyata dari kasus ini adalah Soto Gading di Kalibata. Begitu mereka kena penggusuran akibat perda baru stasiun kereta api, Soto Gading membuat Twitter, dan rutin mendengar dan berkomunikasi melalui Twitter. Dia mendengarkan apa yang disebutkan orang lain tentangnya, bahkan obrolan2 ringan mengenai soto sekalipun, kemudian berkomunikasi untuk memberitakan perpindahan mereka.

5. Telling your stories. Apabila 140 karakter tidak cukup untuk menggambarkan pengalaman anda, maka sudah saatnya anda membuat blog yang khusus menampung cerita anda. Lagipula, blog dapat dengan mudah diterima oleh pencarian Google.

6. Jika anda telah menulis sesuatu yang bermanfaat bagi mereka, maka orang-orang akan mulai berdatangan untuk menyampaikan cerita anda. Let them talking about your story and your works.

7. Give up control. Jika ada yang menjelek-jelekkan anda sekalipun, acuhkan saja. Jika anda tidak bisa bersikap baik, maka cara terbaik adalah tidak meladeninya. Kebencian dapat menyebar dengan mudah di social media.

8. Berbicara jujur. Karena kebohongan akan jadi track record yang buruk di Internet.

9. Berpikiranlah jangka panjang. Jangan mengharapkan sesuatu yang instan. Karena engage melalui social media perlu melalui proses trial and error.

Bagaimana menurut anda? Sosial media adalah investasi terbaik untuk menggapai ranah yang lebih luas. Maka sudah waktunya bisnis anda serius di sosial media.

Nah, khusus bagi anda orang tua yang enggan mempelajari teknologi terbaru, Nukman punya satu tips terakhir. Yaitu berdayakan anak anda untuk membantu mengurus sosial media bisnis anda. Triknya, beri iming-iming hadiah bila perlu.

Jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi bisnis anda untuk tidak eksis di sosial media bukan?

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *